Kisah Perjalanan

situs gunung padang

Situs Gunung Padang , semua orang pasti sudah mendengarnya. Sebuah situs yang mulai terkenal pada awal tahun 2010. Situs arkeolog yang sampai sekarang masih diteliti mengenai fungsi bangunan tersebut. Aku si bukan peneliti sejarah, jadi tidak begitu paham sejarah dari bangunan di Situs Gunung Padang itu. Namun sebagai orang teknik sipil, rasa penasaranku ketika melihat bangunan tesebut sedikit terusik. Sebaran batu-batuan yang ada di sekitar Situs Gunung Padang membuatku berimajinasi mengenai bangunan di masa lampau. Bangunan yang sederhana yang pastinya akan terdiri dari pondasi, tiang/kolom, dinding dan tentu saja atapnya.

tangga 1Imajinasi liarku menghasilkan sedikit pola-pola bangunan tersebut di pikiranku. Beberapa aku lihat bentuk seperti tangga menuju ke suatu ruangan. Jejeran batu-batu yang membentuk ruangan segi empat sehingga terlihat seperti dinding dari sebuah ruangan. Namun imajinasiku agak sedikit terganggu ketika hasil imajinasiku membentuk sebuah ruangan kosong tanpa ada isinya. Lalu aku berfikir apakah bangunan jaman dulu itu memang tidak ada isinya ya? Tiba-tiba ingatan mengenai pelajaran sejarah melintas di otakku. Bangunan dijaman dulu yang difungsikan sebagai bangunan beribadah di dalamnya hanya ada sebuah meja batu untuk menaruh persembahan. Yup beberapa bentuk itu pernah aku lihat di candi-candi yang berada di Yogyakarta. Mungkinkah bangunan ini adalah bangunan tempat ibadah jaman dulu ya, seperti yang banyak orang bicarakan. Bangunan beribadah rata-rata memang berada di tempat yang tinggi atau perbukitan. Kenapa dibuat di tempat yang tinggi? Karena pada jaman dulu, orang-orang berfikir dengan beribadah di tempat yang tinggi, mereka merasa lebih dekat dengan penciptanya.

tangga situsJalan menuju ke Situs ini pun sangat terjal, ada 2 pilhan jalan sih. Pilihan pertama sebuah jalan terjal, tajam dan mendaki. Ini adalah jalan asli yang dibuat orang-orang jaman dulu untuk menuju ke situs tersebut. Pilihan kedua adalah jalan sedikit landai dan memutar. Keduanya sama-sama ada kelebihan dan kekurangannya. Jalur pertama lebih cepat sampai daripada jalur kedua. Karena jalur pertama jaraknya lebih pedek daripada jalur kedua. Tetapi energy yang dibutuhkan di jalur pertama lebih banyak darpada di jalur kedua. Jalur pertama sangat butuh stamina yang kuat, karena jalur ini sangat tajam tapi menantang untuk dicoba.

Kedua jalur itu memberiku sebuah pelajaran, dalam hidup selalu ada 2 pilihan. Dan kedua pilihan tersebut masing-masing mempunyai konsekwensi yang harus kita jalani. Tidak ada yang bisa membuat kita berbalik arah dan kembali ke awal, ketika kita salah memilih. Yang bisa kita lakukan adalah tetap berjalan ke depan dan menghadapi semua tantangan itu. Walaupun kedua jalur tersebut memberikan kita tantangan berbeda, sekali-kali kita perlu berhenti sebentar untuk beristirahat sambil melihat keadaan sekeliling. Mungkin kita sedang berpapasan dengan orang-orang yang akan kita temui di masa depan. Sedikit berbasa-basi, menanyakan nama ataupun asalnya sehingga dapat memecah kesunyian atau hanya sedikit memberikan senyuman saja, mungkin sudah sangat berarti bagi mereka.

Dalam sebuah perjalanan yang terkadang kita tidak tau berapa lamanya perjalanan tersebut, istirahat sekedar untuk mengatur nafas dan langkah, membuat otak kita akan terisi udara yang segar di pegunungan tersebut. Istirahat untuk memberikan kesempatan udara bersih masuk ke dalam otak kita yang sudah penat dengan segala aktifitas yang sudah kita jalani selama ini. Sedikit banyak akan membantu kita untuk bisa berfikir jernih untuk menghadapi tantangan yang ada di depan nanti.

Cibinong, 26 Januari 2015

Selamat hari Senin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s