Guruku

Kapan terakhir kali kita bertemu dengan guru-guru kita? Entah itu guru SD, SMP, SMU ataupun saat kita kuliah. Ehm kalau ketemu dosen saat kuliah, sih sering ya. Kadang-kadang kita bertemu di suatu seminar atau conference yang sedang kita ikuti. Tapi kalau guru SD, SMP sampai SMU mungkin akan sangat jarang bahkan mungkin hampir tidak pernah.

Bertemu dengan guru SD ku saja, aku jarang sekali. Bahkan aku sampai tidak mendengar atau mengetahui kabar terakhir dari mereka. Beberapa guru SD ku sudah ada yang meninggal, seperti guru kelas 3. Ketika aku kembali ke SD ku yang dulu di Jogja, tidak aku temui guru-guruku dulu. Beberapa sudah pindah dan tidak mengajar lagi. Entah bagaimana kabar mereka sekarang. Rasanya aku ingin berrtemu mereka. Mengucapkan terima kasih telah mendidikku dengan sabar dan meminta maaf akan kebandelanku saat SD dulu. Beberapa hari yang lalu ibuku cerita kalau beliau bertemu dengan guru-guru SMP ku. Seorang guru SMP-ku yang terkenal galak bertanya tentang keberadaan kakakku dan aku. Beliau menanyakan kabar kami dan sekarang tinggal dimana. Ketika ibuku bercerita mengenai kami, guruku sempat menetaskan air mata. Ya airmata kebahagiaan ketika beliau mendengar kabar anak didiknya sudah bisa menjadi orang yang berguna. Beliau menitipkan pesan buat kami, agar selalu menjadi manusia yang sederhana dan selalu ingat sama Tuhan. Sudah lebih dari dasa warsa aku meninggalkan bangku SMP, tapi beliau masih ingat dengan anak didiknya bahkan selalu gembira ketika mengetahui anak didiknya sudah berhasil. Terima kasih Bapak dan ibu guru atas jasa-jasa kalian. Pengabdian kalian akan kami kenang sepanjang masa

Leave a Reply

