Pengalaman Membeli Kamera Di Perancis

Aku mengenal kamera DSLR ketika melihat hasil foto-foto om Riza di FB. Hasilnya yang terlihat bagus dan keren di mataku, hal itu yang membuat aku tertarik untuk memiliki kamera berjenis DSLR. Akhirnya browsing sana-sini mencari info tentang kamera DSLR, mulai dari merk, tipe dan jenis serta aneka macam-macam lensa dan fungsinya. Kemudian ngobrol dengan mas Adrian soal kamera Nikon dan Canon. Apa bedanya dan kelebihan dari dua merk kamera itu? Dijelasinlah panjang lebar kala itu.

Sekitar akhir tahun 2010, aku niatkan membeli membeli kamera Nikon D3100 di Fnac, Grenoble, Perancis. Kamera itu aku pergunakan untuk mengabadikan semua tempat ketika aku jalan-jalan di Eropa. Mulai dari Italy, German, Belgia sampai Belanda. Namun sayangnya ketika sampai di Belanda, kameraku rusak dan tidak bisa dipakai. Entah kenapa tiba-tiba tidak berfungsi. Aku binggung bagaimana ini memperbaikinya sedangkan saat itu aku berencana pulang ke Indonesia. Jadi selama di Belanda kamera Nikonku tak pernah aku gunakan. Setiba di Paris,ke Fnac Paris menanyakan tempat reparasi kamera. Aku ceritakan juga kerusakan yang terjadi di kameraku dan rencana kepulanganku ke Indonesia dalam waktu dekat ini. “Apakah bisa diperbaiki secepatnya atau bisa aku perbaiki di Indonesia?” tanyaku pada mbak-mbak di Fnac Paris. Mbaknya mencoba menganalisa apa yang rusak dari kameraku. Ternyata yang rusak adalah bodynya, kemudian mbaknya dengan senyum dan ramahnya menjelaskan padaku bahwa aku tidak perlu menunggu body kamera untuk diperbaiki karena kameraku akan diganti dengan body kamera yang baru. Jujur kaget aku saat itu, aku tak pernah punya pengalaman dimana barang yang aku beli rusak, aku akan diganti dengan barang yang baru. Aku menunggu sekitar 10 menitan, saat mbak penjaga toko itu mengambilkan body kamera baru dari gudang toko. Mbak itu membuka kotak sebuah kamera yang berjenis sama dengan kamera yang aku punyai. Dan kemudian memberikan body kamera yang baru kepadaku. Ketika aku menanyakan apakah aku perlu menambah biaya, mbaknya menjelaskan padaku bahwa aku tidak perlu menambah biaya. Wah senangnya diriku, body kameraku baru lagi dan aku bisa memotret kembali. Terima Kasih Fnac.

One thought on “Pengalaman Membeli Kamera Di Perancis

  1. salam kenal🙂

    waahh keren ya, bias diganti sama yang baru, berbeda jauh dg yang di Indonesia, rata2 tdk akan diganti dengan yang baru😦
    btw, harga kamera di prancis lebih murah atau mahal ya drpd harga di Indonesia?
    tahun depan aku mau ke prancis tp bingung mau beli kamera di sana atau di sini ;(
    plis, tolong beri infonya ya

    terima kasih

Leave a Reply

