Bersyukur

Siang tadi tanpa sengaja kutemukan sebuah buku menceritakan tentang sebuah perjalanan seorang gadis keliling pulau Jawa sendirian. Di sampul buku itu aku menemukan sebuah kalimat yang mampu mengingatkanku pada sebuah keluarga di pinggiran Jakarta. Kalimat yang singkat namun mampu membuatku terdiam dan menerawang jauh kebelakang.

“Sesekali kau perlu pergi ke tempat baru dan bertemu dengan orang asing untuk tahu dirimu beruntung”

Ingatanku mulai menerawang, sudah berapa tempat yang aku kunjungi dan sudah berapa banyak orang asing yang aku temui hingga membuatku merasa beruntung di hidup ini. Entahlah, selama ini setiap kali aku pergi, yang membuatku tertarik adalah situs-situs bersejarah, museum ataupun bangunan. Walaupun sesekali aku menyempatkan street hunting, untuk melihat secara dekat dan bercengkeraman dengan orang-orang yang aku temui, sekedar untuk mengulik rasa perhatianku terhadap lingkungan.

Ingatanku kembali ke kejadian beberapa hari yang lalu, ketika seorang rekan kerja menceritakan sebuah kisah yang membuatku bersyukur dengan apa yang aku alami. Bagaimana mungkin disebuah perumahan dipinggiran Jakarta, masih ada sebuah keluarga yang kadang makan kadang malah puasa. Bahkan terkadang mereka hanya makan ketika makanan itu ada, kalau tidak ada ya mereka puasa.

Kembali aku mengoreksi diriku, betapa seringnya aku membuang makanan. Memasak nasi secara berlebihan hingga akhirnya tidak termakan dan aku harus membuangnya. Menimbun makanan di lemari es, sampai aku lupa kapan makanan itu aku masak. Sedangkan di tempat lain, masih ada orang-orang yang memerlukannya.

Mulai saat ini aku berjanji tidak akan membuang makanan lagi, selalu menghabiskan semua makanan yang aku makan dan jika berlebihan, akan kubagi makanan itu dengan yang lain.

Cibinong, 21 Oktober 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s