Ini Cita-citaku, Apa Cita-citamu ?

Cita-cita, apa itu cita-cita ? Masih perlukah aku bertanya akan cita-citaku ? Atau pertanyaan itu hanya cukup dilontarkan untuk anak-anak kecil yang sedang beranjak dewasa ?

Terinspirasi ketika mengikuti kegiatan kelas Inspirasi, membuatku bertanya-tanya akan cita-citaku. Ehm, cita-citaku saat kecil dulu hanya ingin menjadi dokter, lalu berubah ingin menjadi insinyur. Namun ketika aku dewasa, tak satupun cita-citaku masa kecil yang terwujud. Tak pernah aku menjadi dokter ataupun insinyur. Ya iyalah, kan waktu lulus sarjana, gelarku bukan insinyur hehehe.

Menjadi seorang fotografer ternyata bisa memberikan cerita lebih banyak dari sekedar kata-kata. Peran ini baru aku sadari akhir-akhir ini. Selama ini aku berfikir bahwa akan lebih indah jika kita berbagi dengan tulisan ataupun cerita. Namun sayangnya di negeriku, minat membaca sedikit sekali. Sehingga terkadang pesan yang ingin kita sampaikan akan lebih terasa saat kita melihat sebuah foto.

Buatku kini foto tidak hanya sekedar kenangan indah saat-saat bersama seseorang ataupun melewati momen-momen indah. Namun sudah menjadi bagian dalam diriku. Foto yang menarik yang mampu memberikan cerita kepada seseorang. Bukan lagi sebagai bagian dari kenarsisan diriku.

Tak pernah terbayangkan di benakku, bahwa fotografer adalah bagian dari cita-citaku saat ini selain menjadi penulis.  Mungkin terbilang aneh, jika aku menjawab bahwa aku ingin menjadi fotografer. Sedangkan saat ini aku punya pekerjaan yang bisa dibilang pekerjaan yang diimpikan orang-orang. Namun entah kenapa, sekarang aku lebih tertarik dengan fotografi dan menulis. Walaupun hal tersebut belum membuatku menjadi seseorang yang handal di kedua bidang tersebut.

Aku memperoleh banyak sekali pengalaman ketika aku menjadi seorang fotografer dan penulis. Menjadi fotografer memberiku kesempatan bertemu dengan banyak orang dan berdialog dengan orang-orang yang aku temui di setiap perjalanan kehidupanku. Sedangkan menjadi penulis, membuatku berfikir keras untuk menuangkan semua ide dan pengalamanku ke dalam bentuk tulisan sehingga orang bisa terbawa kedalam sebuah alur cerita yang aku buat.

Selama ini aku tak pernah sedikitku bermimpi mempunyai cita-cita sebagai seorang fotografer ataupun penulis setelah aku bekerja di sebuah lembaga penelitian di Indonesia. Awalnya aku berfikir bahwa seumur hidupku nanti aku akan menjadi seorang peneliti dan tidak akan pernah berganti pekerjaan. Tapi ko sekarang di otakku mulai beralih keinginan tersebut ya. Tidak lagi menginginkan menjadi seorang professor riset (jabatan tertinggi di pekerjaanku).

Ah kenapa perubahan cita-citaku ini datang tiba-tiba? Bukannya dulu menjadi penulis ataupun fotografer hanyalah sebuah hobi? Kenapa sekarang ini menjadi tujuan hidupku ya? Mungkin ini sebuah proses kehidupan yang harus aku lalui. Atau mungkin saja aku bahagia dengan pekerjaan ini. Entahlah…

Jika ini cita-citaku saat ini, lalu apa cita-citamu?

Bogor, 29 April 2012

7 thoughts on “Ini Cita-citaku, Apa Cita-citamu ?

  1. sya jg memiliki keinginan seperti itu mnjadi fotografer dan penulis, tpi saat ini msih kurang motivasi sya untuk mewujudkan keinginan itu..😦

Leave a Reply

