HOBI

Menulis buatku adalah sebuah hobi, tak peduli ada yang baca ataupun tidak. Mengikuti sebuah lomba menulis adalah sebuah tantangan buatku, tak peduli mendapat hadiah ataupun tidak. Membuat buku adalah sebagian mimpi dariku yang ingin aku wujudkan kelak, entah buku ilmiah atupun hanya sekedar novel. Memotret adalah hobi baruku. Cekrak cekrek sana sini untuk dijadikan sebuah kenangan suatu hari nanti. Ataupun menjadikan sebuah foto yang mampu bercerita. Travelling adalah hobi yang kutemukan saat aku di Perancis. Yang awalnya ga berani travelling sendirian, kini malah sering melakukan travelling sendirian.  Ya itulah beberapa hobi yang aku tekuni saat ini selain membaca. Hobi yang menuntutku untuk memiliki modal yang banyak hehe. Namun ternyata dibalik semua hobiku itu, mampu membuatku peduli akan sekelilingku, tidak egois dan mampu memberiku banyak pelajaran kehidupan.

Pertama kali mendapat pelajaran adalah ketika aku berhasil masuk ke dua puluh besar dalam lomba menulis setahun yang lalu. Rasa bahagia ketika tahu tulisanku ternyata mampu menarik perhatian sang juri, tulisan pertama yang aku kirimkan untuk mengikuti lomba. Tulisan yang menurutku masih jauh dari sempurna, ternyata mampu mengalahkan tulisan seorang teman yang sudah aku anggap sebagai guru dalam menulis. Namun ternyata kebahagianku itu tidak sempurna, di saat aku bahagia ada sepotong hati yang kecewa. Deg, aku langsung meminta maaf ketika aku mengetahui perasaan seseorang yang terluka itu. Pelajaran yang aku dapatkan adalah boleh kita bahagia namun ingatlah bahwa pasti diseberang sana ada orang yang kecewa. Jadi lebih baik biasa-biasa saja, cukup mengucapkan alhamdulilah sebagai bentuk syukur kita kepada Allah yang sudah mengijinkan kita untuk bisa mendapatkan kebahagian ini.

Kedua kalinya adalah ketika aku travelling di benua Eropa setahun kemarin. Tanpa ada saudara di Italy, akhirnya aku beranikan travelling di negara yang terkenal dengan sepak bolanya. Di jalan kenal sama orang asing yang akhirnya bersedia membantuku mengirimkan sms ke seorang teman di sana gara-gara aku lupa ga minta bukain international roaming hehe. Bertemu pertama kali dengan seorang teman yang awalnya hanya aku kenal di facebook. Setelah ngobrol sana sini ealah ternyata orang Jogja hehehe. Jadilah akrab, sering kirim lagu-lagu di wall fb, saling menyemangati dan akhir-akhir ini aku sering banget mengetag dirinya dalam foto makanan Indonesia yang mampu membuatnya ngiler pengen cepat pulang hehehe. Ya seorang ibu muda yang mampu menarik hatiku untuk dekat dengannya. Bahkan rasanya seperti kakak sendiri. Setiap kali makan makanan pedas, ingatanku langsung tertuju kepadanya. Hanya sebuah corat-coretan di dinding facebooknya lah yang sanggup aku lakukan untuk memberitahukan makanan-makanan pedas yang sedang aku makan.

Travelling membuatku menemukan orang-orang baru, menjadikan orang-orang yang awalnya tak aku kenal, kini menjadi bagian terindah dalam hidupku.  Bahkan terkadang menjadi bagian dalam keluargaku. Seandainya saja aku tidak melakukan travelling, mungkin aku tidak akan memiliki dan menemukan orang yang kini jadi bagian dalam hidupku. Travelling memang membutuhkan biaya yang sangat banyak, namun apakah menemukan keluarga yang baru itu dapat tergantikan dengan uang? Buatku tidak, kebahagian yang aku dapatkan ketika aku menemukan keluarga baru dalam perjalanan kehidupanku tak dapat tergantikan dengan apapun.

Mengenal fotografi untuk pertama kalinya adalah ketika melihat beberapa foto keren bidikan guruku. Lalu tanya sana-sini tentang kamera DSLR, akhirnya kebeli juga kamera itu. Nikon D3100 adalah kamera DSLR pertamaku. Kamera yang cukup buatku latihan memotret objek. Setiap liburan tangan ini selalu gatal untuk memotret. Berawal dari belajar teknik memotret hingga mencoba memotret semua objek di semua tempat. Setelah berpetualang ke sana ke mari akhirnya aku menemukan minatku. Minat terhadap detail bangunan tua, candid camera dan landscape. Dengan kamera inilah aku belajar peduli dengan sekelilingku. Menangkap objek dan kemudian memotretnya hingga foto yang dihasilkan mampu bercerita. Beberapa kali aku menemukan objek foto yang menarik untuk diceritakan.

Kamera DSLR pertama yang kumiliki🙂

Semisal sebuah foto yang kutemukan di Bandung, weekend kemarin. Saat itu aku memotret di dalam bus. Ketika aku memandang keluar, terlihatlah 4 orang anak kecil yang sedang bermain Voli. Memang terlihat biasa saja, namun ketika diperhatikan ada yang ganjil dari permainan tersebut. Mereka bermain Voli bukan di lapangan Voli yang ada net nya juga. Mereka menganti pagar menjadi sebuah net untuk memisahkan kedua kelompok anak kecil tersebut. Buat orang lain foto ini tidak menarik, namun buatku cukup menarik perhatian. Di dalam sebuah keterbatasan mereka tetap berusaha untuk bermain permainan yang mereka sukai walaupun tidak memiliki lapangan Voli.

Bermain Voli

Atau ketika aku jalan-jalan ke curug Nangka, kembali aku menemukan dua orang nenek yang sudah tua renta yang tetap berjualan. Padahal untuk mencapai curug tersebut, kita harus berjalan sangat jauh, namun entah kenapa nenek tua itu kuat berjalan sampai curug itu. Aku pikir bukan hanya sekali kedua nenek itu berjualan di curug tersebut, namun pastinya berkali-kali.

Dua orang nenek tua

Foto-foto inilah yang selalu mengingatkanku setiap kali aku tertimpa cobaan. Orang-orang inilah yang menjadi penyemangatku untuk bisa kembali bangkit disaat aku lelah berjalan.

Di titik ini aku bersyukur sekali memiliki hobi yang mampu mengingatkanku akan sebuah kehidupan lain selain kehidupan yang aku jalani serta kepedulianku akan sekeliling yang mulai meningkat. Terakhir, teruntuk sahabat-sahabatku di luar sana : terimakasih sudah memperkenalkan hobi ini padaku.

Lalu bagaimana dengan kalian? Apakah hobi kalian juga bermanfaat buat diri sendiri?

Bogor, 15 February 2012

2 thoughts on “HOBI

  1. keren mbak..
    aku juga hobi nulis,,, di samping aktfits ku sebagai mahasiswa arsitek..
    saat membaca tulisan ini.. aku jadi lebih smangat untuk mempertajam hobi menulisku….
    wah… semoga saja bisa sama seperti mbak…….dapat pengalaman berharga dan, dapat mengerti akan sesama….
    thx… ya ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s