Jembatanku Sayang Jembatanku Malang

Sabtu sore kemarin saat di jalan, tiba-tiba sebuah message masuk ke hpku. Seorang teman di seberang sana mengirimkan berita bahwa jembatan Kutai Kertanegara atau yang terkenal dengan jembatan Tenggarong runtuh. Deg, kaget saat dengar itu. Ko bisa runtuh ya ? Awalnya aku pikir mungkin karena ada gempa, tapi rasanya aneh di daerah Kalimantan kan tidak ada sesar gempa ya. Lalu karena apa ini bisa terjadi ?

Akhirnya setiba di kostan, ku buka laptop dan kunyalakan televisi. Memang ada berita tentang runtuhnya jembatan Tenggarong tersebut. Bahkan di youtube sudah ada video tentang runtuhnya jembatan tersebut. Saat melihat video tersebut, kaget bercampur sedih. Di situ terlihat ada beberapa mobil dan kendaraan yang terjebak dalam runtuhan jembatan tersebut. Selain itu gelagar jembatan pun sampai runtuh dan tenggelam ke dalam sungai. Di bayanganku lalu terlintas kengerian yang terjadi pada saat runtuhnya jembatan tersebut. Apalagi yang ku dengar, saat kejadian tersebut banyak kendaraan yang melintas di jembatan tersebut.

Sebagai seseorang yang pernah belajar mengenai struktur jembatan, kejadian ini menarik buatku. Ditambah pula aku pernah melewati dan melihat sendiri indahnya jembatan ini. Tahun 2005, aku pernah mengunjungi kota itu, kota yang pernah menyimpan kenangan di masa laluku. Kota pertama yang aku kunjungi di Pulau Kalimantan. Dan jembatan terindah yang pernah aku lihat, serta struktur jembatan yang asyik untuk dijadikan pelajaran buatku.

Namun jembatan itu sudah runtuh sebelum aku ke sana lagi, sebelum aku sempat mendokumentasikan setiap strukturnya. Struktur jembatan yang jarang ada di Indonesia. Struktur jembatan yang menurutku sangat kompleks namun ternyata ada di Indonesia. Jembatan yang mampu meningkatkan perekonomian warga Tenggarong dan memangkas waktu untuk pergi ke Samarinda.

Jembatan yang baru berumur 10 tahun itu kini sudah hancur, entahlah apakah nanti akan dibangun jembatan yang mirip atau akan diubah bentuknya. Semoga runtuhnya jembatan Tenggarong, membuat kita makin berhati-hati untuk merawat jembatan lainnya. Masih ada jembatan lainnya yang perlu diperhatikan, tidak hanya asal membangun saja namun tidak bisa merawatnya. Semoga saja kelak ada sebuah peringatan dini sebelum bangunan itu runtuh. Seharusnya sih ada, setiap bangunan pasti memperlihatkan kerusakan awal sebelum bangunan itu runtuh. Tapi entahlah ada apa dengan jembatan Tenggarong, hingga runtuhnya pun memakan korban.

Jika membaca status teman di FB beberapa hari yang lalu, aku sempat berfikir mungkin itu perbedaan antara arsitek dan teknik sipil. “Jika sebuah bangunan dikatakan bagus, maka yang ditanyain adalah siapakah arsiteknya. Namun jika ada sebuah bangunan rubuh, maka yang bakalan ditanyain adalah kontraktor mana yang membuat”. Padahal kesalahan belum tentu pada kontraktornya, namun bisa juga karena desainnya yang salah.

5 thoughts on “Jembatanku Sayang Jembatanku Malang

  1. masih bangun dek? tantangan nih dek, kalau bisa tulis juga pandangan dan analisa adik tentang struktur jembatan ini, misalnya penyebab kerusakannya (bisa dengan studi literatur jika tidak memungkinkan adik untuk ke sana). ayo tunjukkan analisa ketajaman diri lu dalam masalah perteknik sipilan🙂

    1. oh no… nambah kerjaan aja si mas yg satu ini hihihi.. lagi ngumpulin data nih mas, rencananya sih gitu.. habisnya penasaran banget nih, kenapa bisa gitu hehehe… tunggu tanggal mainnya saja lah

  2. Iya Mba, jujur saya juga penasaran dari segi struktur apa yang salah dengan jembatan itu. Karena waktu mendesain juga kan yang desain orang dari teknik sipil (bagian strukturnya) jadi mestinya kesalahan struktur juga dari segi teknik pembebanannya atau pada saat pelaksanaannya ada yang tidak sesuai dengan desain struktur yang dibuat.

    Kalo soal arsitekturnya, tidak diragukan jembatan itu indah sekali..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s