Program beasiswa pemerintah Perancis 2011 : hasil akhir seleksi

Peserta yang lolos untuk tingkat Master, mulai September 2011 :

- Aishah R. Prastowo

- Ibnu Swantoro

- Maria AG Ayudya

- Vidya Novita Indriani

Peserta yang lolos untuk tingkat Doktorat, waktu keberangkatan dipastikan kemudian (kami akan mengirimkan surel kepada masing-masing nama di bawah ini)

- Fiddy Semba Prasetiya

- James J. Oetomo

- Luli Gustiantini

- Muhammad Al-Fayyadl

- Ismayanti

Peserta yang lolos untuk tingkat Master, mulai September 2012 :

- Hari Solagratia

- Dian Kuswandini

- Muhammad Hanri

http://www.ambafrance-id.org/spip.php?article684

Selamat ya… Welcome to France my friend..

34 thoughts on “Program beasiswa pemerintah Perancis 2011 : hasil akhir seleksi

  1. Halo mbak,
    Aku yg dulu pnh komen di salah satu posts mbak Threeas🙂
    Alhamdulillah namaku masuk ke dalam list. Meski sebeenarnya acceptance letterku untuk Sept 2011 (aku ambil program dgn pengantar Bhs. Inggris), tp keputusan embassy memberangkat thn depan, apa boleh buat. Tp tetap bersyukur, hehee. Skrg mulai sibuk deal dgn pihak uni deh utk bisa mempostpone enrollment aku. Moga2 berhasil ya mbak. Oh iya, aku di Univ Paris-Est Creteil. Salam kenal, mba🙂

    1. Halo Dian

      Salam kenal juga… bisa ko dipostpone.. aku dulu juga gt… coba tanyakan aja LOA mu berlaku berapa lama… bisa jadi buat tahun depan masih bisa… good luck ya… sekali lagi selamat..

  2. Assalamualaikum wr wb
    salam kenal Trias. Saya ibunya Aishah R Prastowo salah satu yang dapat beasiswa BGF . Dengan beaaiswa sejumlah €604 cukup tidak untuk hidup di Paris? Apa yang sebaiknya dilakukan untuk menutupi kekurangan itu mengingat kami tidak mampu nomboki.
    Terimakasih.

    1. Wa’alaikum salam Bu eva

      Selamat ya bu atas keberhasilan putra/i ibu mendapatkan beasiswa ini. Saya kira cukup ibu, buktinya teman-teman saya yang kuliah di Paris sampai saat ini masih hidup dan bisa bersenang-senang🙂 tapi saya tidak tahu pasti bagaimana pengaturan keuangannya.. Saya mempunyai beberapa teman2 BGF yang tinggal di Paris, kalau ibu mau, saya bisa kenalkan ke ibu lewat email. mungkin ibu bisa nanya-nanya lebih lanjut ke mereka.

      1. Kalau menurut direktur program master AIV (dimana anak saya nanti disana) Ariel Lindnen beasiswa segitu tidak cukup. Makanya saya agak kaget, ‘njuk piye’?

        Dengan senang hati, kalau Trias bisa memperkenalkan saya kepada teman2 yang ada di Paris.
        Saya tunggu ya. Terimakasih banyak

  3. @ Bu Eva

    trias kurang tahu ya bu kalau di Paris. Tapi buat trias yang hidup di Grenoble, sudah lebih dari cukup . Hanya saja di awal2 bulan pertama memang agak susah, soalnya saya harus bayar kamar 300 euros, tapi setelah mendapat potongan CAF, jadi hanya bayar setengahnya saja. dan sekitar 3 bulanan tidak bayar kamar karena pada awal2 bulan bayarnya berlebih🙂 mungkin kalau di paris perlu juga di perhitungkan biaya transportasinya. soalnya biasanya ni anak BGF dapat residence crous yang agak jauh dari kampus.

    o iya, trias sudah kirim email ke email ibu.. semoga bisa membantu. Btw, ibu kerja di UGM? trias dulu alumnus UGM juga lho bu hehehe..

    1. Terimakasih Trias, saya sudah terima emailnya.
      Untuk sementara sambil nunggu kepastian dari teman2 yg tinggal di Paris, anak saya memcoba mengirim proposal ke diknas . Siapa tahu dapat tambahan secukupnya.

      Oh ya, selain alumnus UGM apa Trias juga berasal dari Yogya?
      Saya juga alumnus UGM, tapi saya ibu rumah tangga biasa. Suami saya yg di UGM, staf pengajar di MIPA.

      1. Sama-sama ibu.. trias hanya bisa membantu segitu saja, semoga bisa bermanfaat. Iya bu, saya asli Jogja, orang tua saya tinggal di Jogja, tepatnya di kalasan dekat Prambanan🙂

  4. hi mbak Trias,
    wah gitu ya, baiklah semoga bisa berhasil dipostpone LOA nya, 2 hari lalu udah kirim email ke uni-nya tapi blm ada balasan. apa skrg di France lagi summer ya jadi lagi pada liburan? hehehee…
    oh iya mbak, membaca komen mbak Tri di atas, apa maksudnya ya “awal2 bulan bayarnya berlebih”? apa mksdnya pengeluaran banyak ya di awal bulan? hehehe…

    lalu, kebetulan ada ibu Eva di sini, ya. Sekalian aja ya komentarnya… saya juga di Paris, bu, tapi di pinggirannya, di Timur. Saya juga masih blank apakan 615euro bisa mencukupi biaya hidup sebulan di sana, nanti saya juga mau tanya2 temen2 saudara yg di Paris. Nanti kita saling berbagi info ya bu, juga dengan Aishah.
    Tapi, saya kira 615 euro insyaAllah cukup asal dpt tempat tinggal yg murah. Kalau makan sptnya bisa masak sendiri+ngirit. Kalau buku2 kalo ga salah ada alokasi dana terpisah dari CROUS (iya kan mba Trias?)

    Segitu dulu ya, semoga bisa saling info lagi di sini, hehee… thnx mbak tri…

    1. belum libur summer ko. sepertinya liburan mulai di akhir bulan ini sekitar tanggal 29 Juni tapi itu untuk Zone A, aku kurang tahu kalau untuk paris, soalnya sebagian juga sudah pada libur hehehe…;

      iya, pengeluaran akan banyak di awal2 bulan, karena kita belum dapat caf. jadi bayar sewanya penuh. kalau sudah dapat caf mah enak, bayarnya hanya setengah hehehehe

      yup, buku ada alokasi sendiri ko. 615 euros itu hanya untuk makan, tempat tinggal, transportasi dan senang2. nanti ada briefing oleh campus france sebelum keberangkatan. ada juga sesi tanya jawab sama alumni bgf.

      oiya sampai lupa, mungkin sebaiknya bu Eva tanya campus france Salemba saja untuk jelasnya. ada Mlle Veroniqu, mas Anton dan mbak mini yang akan menjelaskan semuanya. mereka sudah berpengalaman dan sering bantuin siswa-siswi yang mau berangkat ke perancis.

      Ibu bisa tanya lewat email atau telphon. sebaiknya sih telphon saja bu. Ini alamatnya

      CampusFrance Indonesia
      Pusat Kebudayaan Prancis (CCF)
      Jl.Salemba Raya No.25 Jakarta 10440

      Senin-Sabtu : 9.00 – 16.30

      Tlp : (+62)21 310 18 84 – Fax : (+62)21 310 13 17

      email : campusfrance@ccfjakarta.or.id

  5. thanks mbak trias utk info-nya. terutama soal CAF, itu agak bikin lega ha3x (meski gatau nih apakah aplikasi utk CAF pasti diterima atau engga)…
    iya nih, kebetulan aku sdh kenal jg dgn penerima beasiswa lainnya, mas Ibnu (dia nanti di Toulouse), dan kami udah menanti2 briefing dr campusfrance hehee.
    maklum, orang kantoran kan kudu cepet2 ngurus resignation, trus budgeting juga (namanya setaun bakal ga kerja krn ambil kelas intensif kan) eheheee…
    thx again mbak!

    1. hi Dian..

      tenang aja CAF nya pasti dapat ko… cuma ya agak ribet sih ngurusnya hehehe…apalagi anak BGF, dapat CAFnya paling banyak🙂

      tunggu saja email dari campusfrance, mereka yang akan mengorganisir acara tsb.. sip deh, selamat kursus ya..semoga berhasil lulus B2, syukur2 C1 heheeh…

  6. Hi semuanya..

    Perkenallan dulu saya Wisnu teman 1 angkatan BGF nya Trias tapi saya tinggal di Marseille. Sekedar membantu saja, memang dari semua kota di Perancis, Parislah yang paling mahal untuk urusan segala-galanya. Untuk gambaran saja, minimal logement di Paris itu berkisar 400an€. Ada teman kami yang 1 angkatan BGF sangat beruntung, dia dapat studio agak tengah Paris dengan harga 400an€ itu (Arianne Haris), teman2 saya yang lain ditempatkan di logement CROUS yang terletak di pinggir Paris dan berada di zona 3-6, agak memakan waktu memang untuk pergi ke kampus karena harus naik kereta TER dulu setelah sampai Paris biasanya naik metro atau bis atau kalau mau irit bisa jalan kaki.
    Untuk tiket metro/bis per sekali jalan 1,6€ tapi tenang aja kalau teman2 berumur 25 tahun ke bawah akan ada discount untuk beli tiket mingguan atau bulanan.
    Memang bulan2 pertama (menurut saya) cukup berat, seperti kata Trias tadi, semuanya harus dibayar full. En bref, untuk penerima beasiswa BGF tenang aja karena semua yang sudah ada embel-embel nama BGF nya insya allah pengurusan akan diutamakan oleh pihak manapun🙂

  7. Mas Wisnu,
    Wah makasih bgt sharing-nya!
    Saya kalau cek di website universitas ditulis di Creteil butuh setidaknya 1000euro sebulan. Tp saya optimis sih ga sampe segitu hehee.
    Makasih juga kalimat2 terakhirnya, lumayan bikin lega, amiiinn🙂

  8. Iya sama-sama tapi memang sebaiknya waspada kalau mau tinggal di Paris karena hampir semua logement sangat mahal..ini bukannya menakuti-nakuti ya tapi fakta yang berbicara🙂 Banyak mahasiswa Indonesia yang sangat bersusah payah dan bersabar untuk mendapatkan logement yang murah dan nyaman tapi kalau BGF memang nanti CROUS semua yang akan mengatur, saya rasa pasti akan ditempatkan di pinggiran Paris..tapi gpp kok semua itu ada seninya..yang penting nikmati aja..kalau sudah stress dari jauh2 hari malah kuliah gak konsen sama sekali.

  9. maaf mba trhias perkenalakan nama saya reza saya mau tnya syarat2 dpet beasiswa ke perancis gmn?? ,, saya awam jdi ga ngerti harus mulai dari mana tolong banget,, mohon bantuannya.. makasih

  10. halo mba trias & mas wisnu,
    maap lama ga maen ke sini, hehehe… ngurus pengunduran LOA soalnya.
    btw, makasih banyak ya utk semua informasi berharganya…🙂
    sejujurnya saya salut dgn teman2 yg mau meluangkan waktunya utk memberi informasi sebisanya utk pencari beasiswa… mungkin di masa mendatang saya juga bisa berbagi (yg jelas sih belum skrg, karena msh minim info hehehe)…
    hope to see you guys in france next year yah…🙂

    1. hallo dian..

      gpp, aku juga sudah jarang update di blog hehehe… kebanyakan jalan2 nih🙂..amien.. see u in europe aja deh hehhe.. good luck ya buat kursusnya

  11. halo mba trias, salam kenal, ini aishah.. ibu saya sudah pernah komentar di sini sepertinya, hehe..
    mba, begitu sampai di perancis kan kita langsung ke kantor CNOUS, di sana dapat apa saja, lalu apakah langsung sekalian mengurus tempat tinggal? masih bingung soalnya, takut sampai di sana nggak tahu harus tinggal di mana
    apakah mba ada kontak penerima BGF tahun lalu yg tinggal di paris?
    merci😉

    1. Hallo Aish

      Kemarin ikut seminar pra keberangkatan tidak? seingat trias sih pasti dijelasin semua di seminar pra keberangkatan tsb apa yang akan kita dapatkan di CNOUS. Begini saja, coba kontak ketua PPI Paris atau teman-teman yang masih ada di Paris. Nanti mereka akan menjelaskan bagaimana langkah selanjutnya. kalaupun tidak dapat langsung tempat tinggal di CROUS Paris setidaknya bisa numpang dulu di teman2 yang masih tinggal di PAris. Tanya ibunya Ais email ketua Paris, namanya Laras atau ketua PPI Perancis, kang Ade.

      Aish kapan berangkatnya ke Paris? masih di jogjakah? kalau masih di jogja dan merasa kurang jelas dengan penjelasan ini bisa ketemu sama trias di Jogja. tinggalkan saja no HP nya nanti trias hubungi Aish.

  12. kebetulan kemarin pas mau ikut seminar pra keberangkatan, agak telat confirmnya, jadi kehabisan tempat😦
    saya berangkat tanggal 25 mba, skrg masih di jogja. iya kayaknya butuh tanya2 mba, no saya 081578527038. terima kasih banyak ya mba..

  13. untuk tahun ini, kapan mulai pendaftarannya lagi? saya semester 7, background sastra eropa (inggris dan perancis), sekarang lagi skripsi dan pengen terusin master saya dengan beasiswa ini. persiapan yang sudah hanya (TOEFL ITP), apa boleh yah pake ITP? hehehe, rencananya mau ambil yang no research, apa boleh yah? selamat berpuasa dan salam hangat dari saya, Rifki Aris Sandi (ikbenjongen@yahoo.com)

  14. halo everyone here🙂
    saya mau nanya nih, apakah ada informasi beasiswa yang short program gtu untuk tahun depan. ^^ khususnya bagian bahasa, atau tidak memasak. dan kebetulan saya adalah mahasiswa bahasa prancis. kebetulan related banget kalo ada info beasiswa di prancis!! makasih banyak, merci en avance tlm!! ^^ salam kenal

  15. Selamat ya untuk para penerima beasiswa BGF! 🙂

    Salam kenal, nama saya Angel..
    Mau tanya dong, apakah kalian fresh grads atau sudah pernah bekerja sebelumnya? *sewaktu melamar beasiswa ini*
    Oh iya, apakah surat penerimaan dan bukti korespondensi dengan profesor dari universitas penting spy bisa diterima?

    Trims!🙂
    Sukses ya, Mbak Trias dan penerima beasiswa !🙂

  16. halo salam kenal,
    saya fitri,, mb trias sy mau tanya, klo saya punya ijazah d3 prancis apa perlu menambahkan sertifikat DeLF etc? saya S1nya perikanan. D3 dan S1 di UGM juga, mau ambil ,master melalui BGF.giman ya mb

  17. setelah kembali dari france,niat saya mengambil master disana sangat besar.mohon bantuannya untuk saya bagaimana agar di beri petunjuk.

  18. saya lulusan Si teknik industri,saya ingin memperdalam bidang saya ke S2 disana.terima kasih buat bantuannya.merci beacoup

  19. @ bu eva
    @ mbak Aish
    Boleh minta alamat e-mail? saya ingin sharing2 dengan mbak aish, kebetulan saya juga salah satu mahasiswa yang di terima di UPMC Paris 6. Hendak kuliah bulan September 2012 ini.
    Terimakasih

Leave a Reply

