Lulusan X vs lulusan Y vs Lulusan Z

Hari ini aku seperti dejavu, pertanyaan sekitar 3 tahun yang lalu kembali aku dengar. Pertanyaan yang sinis dan sedikit memojokkan. Ingin rasanya aku memberontak dan menjelaskan panjang lebar, namun percuma saja. Karena yang didepanku adalah orang yang tidak banyak mempunyai teman ataupun kenalan yang pernah sekolah disana.

Kepala dan hati ini langsung terdiam saat mendengar pernyataan yang keluar dari seseorang yang bisa dibilang intelek dan pintar. Kenapa hanya karena segelintir orang, jadinya orang mengenaralisirkan semuanya? Kenapa tidak dinilai perseorangan saja? Apakah kita berhak menilai kepintaran seseorang? Pintar itu apa? Cerdas itu apa? Takaran pintar seperti apa?

Seharian ini aku bertanya-tanya. Kenapa lulusan dari negara X dikatakan tidak pandai? Kenapa lulusan negara Y lebih pandai dari negara X? Dari segi mana penilaian tersebut?

Aku hidup dikelilingi orang-orang hebat yang notabene lulusan dari negara Z.  Mempunyai senior peneliti lulusan negara Z dan sering diundang di berbagai stasiun televisi untuk dimintai pendapatnya. Mempunyai seorang teman blogger yang berhasil meraih juara umum lomba karya ilmiah international. Dan beliau ini adalah lulusan dari negara Z dan saat ini baru kuliah di negara Z untuk S3nya. Mempunyai sahabat yang meraih penghargaan sebagai mahasiswa international yang berprestasi di universitasnya dan sekarang berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan lagi sekolahnya di negara Z. Mempunyai seorang kakak yang hebat yang juga lulusan dari negara Z.

Lalu, apakah bisa dikatakan bahwa mutu pendidikan di negara Z kalah dengan negara Y hanya karena pernah melihat seseorang lulusan dari negara Z tidak bisa menyelesaikan sebuah permasalahan sedangkan dia berhasil menyelesaikan kasus tersebut? Adilkah itu? Sedangkan aku merupakan saksi hidup perjalanan orang-orang hebat lulusan negara Z tersebut yang berhasil meraih penghargaan yang aku sendiri tidak bisa menyamainya.

Buatku, dimanapun kita sekolah baik di luar negeri maupun di dalam negeri adalah sama saja. Sama-sama mencari ilmu. Yang membedakan hanya fasilitasnya saja. Hasil maupun kualitas lulusan tidak tergantung di negara mana kita belajar. Namun tergantung kualitas pribadi masing-masing, apakah mau maju atau tidak. Bersekolah di tempat yang fasilitasnya minim, namun jika ada niat untuk maju dan memperbanyak wawasan aku yakin, kita akan menjadi lulusan yang baik.

Jadi ingat perkataan ibuku dulu “Yang namanya Intan akan selalu bersinar terang walaupun dia di lumpur yang becek. Dan yang namanya batu akan tetap jadi batu walaupun dia berada di tempat yang bagus sekalipun. Jadilah Intan dimanapun kamu berada, karena kamu akan tetap bersinar di tempat yang jelek sekalipun”

Grenoble, 9 Mei 2011

*ambil dan resapi ilmu dimanapun kalian bersekolah*

7 thoughts on “Lulusan X vs lulusan Y vs Lulusan Z

  1. ya itu benar sekali,..
    dimana pun kita menuntut ilmu yang penting dikerjakan dengan sungguh-sungguh karena, dengan kesungguhan orang akan berhasil tidak lupa disertai kesabaran karena, dengan kesabaran orang akan beruntung.
    Gapailah cita-citamu setinggi langit, jangan takut bermimpi karena tuhan akan mendengar dan memeluk mimpi kita…
    asaaaaal,, disertai usaha dan doa tentunya..
    Berkelilinglah dunia untuk mencari ilmu karena ilmu takkan pernah kering….

  2. kenapa nasihatny sama ya.. ibuku pun selalu bilang seperti dari jaman aq sd gara2 aq pengen sekolah di sekolah favorit yg jauh dari rumah and beliau gak ngijinin.. he he he
    salam kenal sista

  3. Ibarat lahan pertanian dan petani, lahan pertanian di jawa ada yang subur ada yang tidak subur. Tetapi yang terjadi, petani-petani di jawa mampu menghasilkan panenan yang luar biasa. Kenapa ? Karena petani-petani di lahan tidak subur mampu memperoleh informasi cukup untuk mengolah tanahnya yang tidak subur. Di tempat lain banyak tanah subur tetapi petani-petaninya malas mencari informasi dan enggan mengolahnya……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s