My First Snow in Grenoble

Musim dingin kali ini datang lebih awal dari biasanya. Dulu, salju selalu turun di akhir Desember, saat menjelang Natal. Pada tahun ini di akhir November, kita sudah bisa melihat salju. Seminggu yang lalu, salju sudah turun di kota Grenoble, walau hanya tipis. Salju pertama yang aku lihat dan aku sentuh. Sebuah pengalaman yang indah buatku. Melihat, memegang dan merasakan jatuhnya butiran-butiran salju. Indah dan romantis sekali saat melihat hujan salju. Rasa dingin yang menyerang badanku seakan tergantikan dengan suasana tersebut.

Sore itu, di akhir bulan November, hujan salju menguyur kota ini. walau tidak deras, namun ternyata mampu membuat semua tempat di Grenoble tertutup salju keesokan harinya. Tidak pernah terlintas padaku kalau hari Rabu 1 Desember 2010, salju akan setinggi itu.

Pagi itu, saat aku buka jendela. Aku lihat sejauh mata memandang, semuanya putih dan putih. Indah banget, apalagi ada hujan salju. Hari itu aku ada kuliah jam 8 pagi waktu Perancis (kalau di Indonesia sekitar jam 2 siang), sehingga memaksaku untuk keluar dari ruangan hangat ini. Dengan memakai baju beberapa lapis, yang terdiri dari kaos, sweater, dan jaket tebal serta ditambah dengan syal, kaos tangan, dan sepatu boot, aku langkahkan kaki ini ke sebuah gedung dekat residenceku.

Dan tra la.. Saat aku buka pintu residenceku.. wow.. salju tebal banget. Jauh dari bayanganku. Melepaskan sarung tanganku dan menyentuh salju yang terasa lembut ditanganku (lebih lembut dari es serut hehehe). Tak ketinggalan pula, aku meraih kamera saku yang sudah aku siapkan buat membidik  beberapa obyek pesenan teman-temanku.

Pertama kali aku berjalan di atas tumpukan salju, sangat menyenangkan. Namun lama-kelamaan capek sendiri. Berat ternyata. Karena masih pagi, tidak banyak jalan yang terlihat. Sehingga aku harus berjalan dengan insting diatas tumpukan salju tebal itu. Sambil melihat kanan-kiri, membidik objek dengan kameraku untuk memperlihatkan keadaan sekitar kampus dan residenceku yang tertutup oleh salju. Sampai kampus, nafasku tersenggal-senggal karena kecapekan hehehe.

Berjalan selama 15 menit di atas salju, ternyata seperti berjalan di atas lumpur. Berat untuk melangkah, namun seru. Dingin pastinya. Walau sudah dibalut dengan semua. Namun udara dingin itu masih menyerang mukaku dan hidungku. Oh iya, wajib di kondisi seperti ini menutup kepala kita dengan kupluk atau topi atau selendang. Soalnya bisa bikin pusing kalau ga ditutupi hehehe..

Setibanya di kampus dan menunggu selama 30 menit, ternyata dosennya ga datang. Akhirnya kami putuskan main-main di samping gedung tempat kuliah kami. Dari mulai foto-foto, lempar-lemparan salju, sampai menuliskan nama-nama di atas salju (ku tuliskan nama Luna, Fitria, Teh Dini diatas salju itu, sangat berharap sekali kalian ada disini bersamaku. Menikmati salju ini hehe)

Sayangnya saat main lempar bola salju, aku belum professional membuat bola. Yang ada saat dilempar sudah berhamburan duluan. Seru habis main-main dengan salju. Seperti anak kecil sih, tapi menyenangkan rasanya bisa melihat salju dan bermain-main.

Sepulang kuliah, masih saja terjadi gerimis hujan salju. Kali ini aku berjalan ke residence tidak melewati jalan biasanya. Aku sedikit memutar, karena ingin membidik beberapa objek sekitar kampus dan residenceku dengan kameraku untuk aku tunjukkan pada teman-temanku di Indonesia.

Hari ini, salju tidak turun. Di beberapa tempat salju sudah mencair. Setelah indahnya salju, kini berganti becek. Ehm sudah becek ga ada ojek pula. Jadi kalau berjalan kita harus hati-hati. Kata om ku ni, kita harus berhati-hati berjalan saat salju mencair, kalau tidak ya bisa terpeleset. Aku memilih berjalan di atas salju daripada di jalan setapak yang becek namun bersih dari salju.

Menurut ramalan, besuk siang salju akan turun lagi. Namun apakah akan membuat kampus ini tertutup salju atau tidak, aku juga ga tahu.. Semoga saja lebat, sehingga aku bisa bikin snowman pesenan dari teteh dan Sita. Doakan ya, aku bisa berhasil membuat snowman nanti hehehe..

Grenoble, 2 Desember 2010..

Ditulis disela-sela belajar Selected Topic in Continuum Mechanic buat ujian besuk pagi hehehe..

5 thoughts on “My First Snow in Grenoble

    1. Hai Achan.. wah sayang fotonya ga bisa dipublish disini hehehe.. Salah satu fotonya, bisa kamu lihat diatas. Itu foto yang aku jadikan pict di cerita ini..

Leave a Reply

