Apa itu Daylight Saving Time atau Summer Time??

Hari ini waktu terasa lambat buatku, entah kenapa rasanya waktu tidak bergerak seperti biasanya. Apa karena Daylight Saving Time yang sudah berakhir atau hanya perasaanku saja? Entahlah, baru merasakan sekali ini sih. Beda rasanya saat kita berada di waktu Indonesia bagian Tengah terus pindah ke waktu Indonesia bagian barat, rasanya ya biasa saja malah seperti ga ada bedanya. Apa karena kita berpindah tempat jadi ya perbedaan waktu itu tidak terasa. Namun yang aku alami saat ini adalah waktu yang dimundurin 1 jam dari biasanya dan aku masih berada di tempat yang sama. Jadi ya kerasa banget bedanya dan seolah-olah waktu berhenti satu jam kemudian baru berjalan lagi.

Dulu sebelum berangkat ke Perancis, sudah dikasih tahu kalau nanti mau masuk musim dingin waktu akan mundur satu jam dan saat masuk musim panas waktu akan dimajuin satu jam. Awalnya sih ga ngeh, apa sih waktu ko diatur-atur gini. Kemudian salah satu sahabat yang lagi kuliah di Australia, ngasih tahu juga tentang adanya Daylight Saving Time di eropa. Akhirnya jadi penasaran, coba nanya sama om Google plus nanya juga sama teman-teman disini.

Jadi apa itu Daylight Saving Time? Secara di Indonesia tidak pernah ada istilah itu. Ya iyalah Indonesia kan di siang dan malamnya hampir sama waktunya hehe.. Kalau saja ada, bagaimana mengubahnya waktunya di jam Gadang Padang itu ya??

Menurut Wikipedia, Daylight Saving Time (DST) atau Waktu Musim Panas adalah sistem yang dimaksudkan untuk menyimpan cahaya di siang hari di musim panas. Biasanya waktu resmi di daerah tersebut dimajukan 1 jam lebih awal dari zona waktu yang resmi dan diberlakukan selama musim semi dan musim panas. Hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan jam ketika hari masih terang dengan jam kegiatan kerja dan sekolah. DST biasanya digunakan yang suhunya sedang, karena perbedaan yang cukup besar antara siang dan malam sepanjang musim di daerah tersebut. Ide waktu musim panas pertama kali dicoba oleh Pemerintah Jerman pada Perang Dunia I pada 30 April dan 1 Oktober 1916.

Daylight Saving Time (DST di Amerika) atau Summer Time (di Eropa), diberlakukan karena adanya perubahan waktu akibat berkurangnya waktu siang hari ketika memasuki musim dingin dan jika di musim panas, waktu siangnya jauh lebih lama dibandingkan malam hari. Untuk menyesuaikan dengan perubahan cuaca tersebuat, maka para ahli perwaktuan menyepakati melakukan perubahan jam sebanyak dua kali dalam setahun yaitu saat memasuki musim panas dan ketika memasuki musim dingin. Menjelang musim panas (pada saat musim semi tiba), di hari Minggu terakhir bulan Maret, jam dipercepat 1 jam. Sebaliknya ketika memasuki musim dingin, pada hari Minggu terakhir di bulan Oktober, jam diperlambat 1 jam.

Pada tahun 2010 Daylight Saving Time atau Summer Time di Perancis mulai pada hari Minggu tanggal 28 Maret dan berakhir pada hari Minggu tanggal 31 Oktober pukul 03h00. Jadi tadi pagi saat penunjuk waktu di laptop dan Ipodku menunjukkan jam 2h59 sedetik kemudian berubah ke 2h00 alias mundur 1 jam dari waktu biasanya. Untung langsung otomatis, kebayang kalau harus manual ya hehe..

Tahun ini karena aku tinggal di Grenoble Perancis selama setahun, aku mempunyai kesempatan mengalami perubahan waktu yang telah disepakati tersebut. Dan tadi pagi jam 3h00 aku memundurkan jam dinding dan jam di HP ku ke jam 2h00. Perubahan ini perlu aku lakukan agar aku tidak tergesa-gesa untuk berangkat kuliah hari selasa besuk ataupun saat aku berjanji untuk bertemu dengan temanku kelak. Dan yang paling penting adalah, mengingatkanku pada perbedaan waktu antara Grenoble dan Jakarta. Yang dulunya hanya 5 jam beda waktunya sekarang beda waktu itu adalah 6 jam.

 

Grenoble, 31 October 2010

18 thoughts on “Apa itu Daylight Saving Time atau Summer Time??

  1. penjelasan yg sangat berguna, sudah lama mencari maksud DST tp lupa mulu thanks yaa, skarang sudah di indo atau masih di grenoble..? jadi inget dulu maen2x di grenoble 😛

  2. akhirnya setelah lama penasaran ngerti juga soal DST, biasanya kalo DST muncul diform registrasi web langsung aku skip, tapi mulai sekarang ya bakal tetep di-skip, nggak ngefek juga. haha.

  3. KAYAKNYA KALAU DI INDON NGGA BERLAKU DAYLIGHT SAVING YA??
    PDHAL JAM 6 PAGI SDH TERANG!!

    1. pak, kalo komen, lebih baik bilang Indonesia, itu lebih baik daripada kata-kata “Indon”. kata-kata “Indon” agak kurang baik didengar.

      Sekian, Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s