Info Beasiswa BGF 2011

Berdasarkan pengumuman dari website kedutaan Perancis (http://www.ambafrance-id.org/spip.php?article504), beasiswa BGF 2011 telah dibuka. Beasiswa ini ditawarkan untuk mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliahnya di tingkat Master ataupun Doktor di Perancis.

Beasiswa ini diberikan untuk pegawai pemerintah (PNS), dosen, ataupun mahasiswa dengan memberikan prioritas kepada mereka yang mempunyai program kerjasama antara Perancis dan Indonesia untuk kuliah di tingkat Master (maksimum durasinya 2 tahun) dan tingkat doctoral ( maksimum durasi 18 bulan dan ada dana pendamping untuk 18 bulan kemudian).

Persyaratan dari beasiswa ini adalah :

  1. Minimum lulus sarjana S1
  2. Nilai TOEFL international 550 atau IELTS 6
  3. Usia kurang dari 35 tahun
  4. Minimum IPK 3,2

Beasiswa ini menanggung :

  1. Kursus bahasa perancis di CCF Jakarta (kecuali untuk kandidat yang sudah mempunyai sertifikat DELF B2 dan kandidat yang diterima dalam program bahasa Inggris)
  2. Biaya hidup di Perancis
  3. Satu tiket balik
  4. Tuition fee (ada batasannya)
  5. Asuransi kesehatan

Prosedur aplikasi

  1. Donwload form aplikasi di

             a. untuk program master form aplikasi dapat di download

                di   http://www.ambafrance-id.org/IMG/pdf/Application_form_Master2011.pdf

             b. untuk program doktor, form aplikasi dapat di download di http://www.ambafrance-id.org/IMG/pdf/application_form_Doctorat2011.pdf

2.  Kirimkan form aplikasi tersebut dengan semua dokumen yang ditentukan dengan pos atau di serahkan langsung ke :

              Ambassade de France en Indonésie

              SCAC – Service de cooperation et d’action culturelle

             Jl. Panarukan no 35

            Menteng – Jakarta 10310

            Dikirim sebelum tanggal 31 Maret 2011.

Prosedur seleksi ada 2 tahap, yaitu tahap I ( seleksi berdasarkan berkas) dan tahap II (wawancara dalam bahasa Inggris atau Perancis di Jakarta).

81 thoughts on “Info Beasiswa BGF 2011

  1. Asw. Wr. Wb.
    Hai salam kenal.
    Aku tertarik ma beasiswa ini.
    Tp msh bingung dg “cara korespondensi dg dosen di Prancis”.
    Apa sih yg harus aku bilang nanti??
    Ada dokumen yang harus aku sertain atw ngga??
    Tell me ya Trias.
    Aq tggu pjelasannya.
    Thx a lot.

    1. Wa’alaikum salam

      isi suratnya sederhana saja ko.. salam perkenalan, jelaskan siapa dirimu, alasan kamu interest terhadap prof itu apa, maksud kamu nulis email itu dan jelaskan bahwa dirimu sedang apply beasiswa ini. itu saja ko.. aku biasanya attach dokumenku kalau prof tsb meminta.. kalau ga ya, aku ga attach dokumenku, takutnya masuk spam kalau kita attach dokumen kita di email pertama.

      Good luck ya

  2. Makasi byk mba Trias..
    Your info really means to me.🙂
    Btw, kmrn jalan2 ke situs Grenoble. Jurusan yang aku pengen ternyata ada disana. Mudah-mudahn bisa ketemu dsana y mba.
    Amiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnn.

  3. Di Univ Stendhal mba.
    Amiiinn.
    Mudah-mudahn jodoh y.
    Jd bisa ktemu deh.
    hehe
    Walopun ga sepenuhnya yakin bisa dpt beasiswanya, tapi bakal berusaha sekuat mgkn lah mba. Ini kali pertama apply beasiswa.
    Btw, aku ada ngirim email ke mba.
    Kok ga dibalas? Apa ga nyampe ya.🙂

    1. O mau ke Stendal ya.. tu kampus satu kompleks ma kampusku.. Letaknya di Domaine Universitaire, Saint Martin D’heres alias di pinggiran kota Grenoble hehehe.. Kotanya sepi bin dingin, kalau mau ke sini siap2 saja kedinginan ya hehe.. tapi asyik ko buat belajar, bisa fokus belajarnya disini.. Godaannya sedikit bok hehehe..

      Maaf emailmu masuk spam, jadi ga kebaca ma aku.. ntar aku bales ko.. Good luck ya..

  4. bonjour…
    interesting bgt niy informasinya…
    mau tanya2 niy mbak,soalnya q belom pernah ikut beasiswa kaya gini,,,
    tolong dbantu yahh…

    u/nama sekolah sama program master yg dituju qt cari sendiri ?
    klo cari sendiri caranya gmana?
    aq interesting sama culture dan bahasa…

    trus cara hubungin dosen2 perancisnya gmn?..

    tolong jawab pertanyaan aq ya mbak…

    merci d’avance pour votre aide

    1. @ Dina : Yup, nama program dan sekolahnya kita yang nyari sendiri. . cari aja di websitenya campusfrance, ada katalog universitasnya ko disana. Jadi dina bisa cari disana. Cara hubungi prof, kirim aja email ke mereka dan tunggu balasannya.. Good luck ya

  5. halo mba threeas,, salam kenal, saya Gita. saya baru aja baca tentang program beasiswa pemerintah perancis, saya masih bingung banget mba, tentang prosedurnya tp saya tertarik banget ikutan program ini. saya masih awam dengan perancis. yang mau saya tanyain maksudnya surat rekomendasi dari dosen perancis itu seperti apa mba? dan d application formnya kita disuruh memilih universitas sendiri, nah saya sudah mencari-cari dan kebetulan saya tertarik dengan iae de nice. soalnya disana menawarkan program master management tp kayaknya saya gak bisa soalnya saya lulusan S1 Hubungan Internasional, kira-kira universitas apa y mba yang bagus dan murah di perancis sana? terima kasih infonya.

    1. Hallo Gita..

      suratnya ya minimal mengatakan beliau mengenalmu kali ya.. soalnya ga ada form resmi surat rekomendasi itu seperti apa..universitas yang bagus dan murah?? ehm saya kurang tahu, mungkin ada bisa tanyakan hal tsb ke campusfrance. mungkin mereka bisa membantu Anda.

  6. Dear mba Treeas…

    Salam kenal,
    mba, saya tertarik untuk melanjutkan kuliah di Perancis hanya saja saya lulusan D3 Pariwisata Jurusan Perjalanan Wisata. Apakah ada dalam program beasiswa untuk lulusan seperti saya? Jika tidak ada, apakah bisa saya kuliah dari awal lagi dengan mengambil jurusan lain di sana? IPK saya tidak sampai 3 loh mba, jadi apakan memungkinkan? Saat ini saya bekerja & ambil kursus bahasa Perancis di CCF setiap hari Sabtu dengan jam belajar full. O iya, usia saya bulan Mei nanti genap 29 tahun, apakah masih memungkinkan saya ikut program beasiswa ini? Mohon dijawab by email. Atau jika mba punya alamat FB boleh, mungkin kita bisa bicara by chat. Terima kasih (^_^)

    1. Hai Tika.

      Salam kenal ya.. jika Anda kursus di CCF, silakan Anda layangkan pertanyaan tsb ke campus france. mereka akan memberikan penjelasan yg sejelas-jelasnya. Saya kurang memahami pendidikan di perancis itu seperti apa, terutama jurusan Anda.

  7. hallo mb,
    perlu curhat n advice nih dr mb…sy mo apply BGF 2011 untuk S3.trus coba cari profesor di Prancis..dapat juga, ia bilangnya “your research project is interseting.i accpet. i send you my journal to discuss it and find idea for your research”…apakah email ini dpt jd LOA?ini sy lg pelajari bahan2 yg ia berikan..trus mb ada 1 prof lg yg interest (..jiahhh..ke-GR-an..he..he..),tp ia ragu2 dgn beasiswa BGF s3 yg cuma 18 bulan n 3000 euros utk biaya kuliah.apakah uang segitu gak cukup ya mbbuat sekolah di prancis?..help me,krn sy maunya dpt 2 prof ( 1 pasti, 1 cadangan..he..he..)merci beaucoup

    1. Hai Iis

      Itu bukan LOA, LOA adalah surat dari universitas yang menyatakan bahwa Anda diterima di universitas tsb. Biasanya LOA itu bisa kita dapatkan jika kita sudah mendaftar di universitas tsb. Pertanyaannya, apakah Anda sudah mendaftar di universitas tsb?

      Kalau prof Anda menulis hal tsb di emailnya, itu merupakan respon positif dari prof Anda.

      Setahu saya untuk S3 BGF hanya menyediakan beasiswa 1/2nya saja alias 18 bulan. Sisanya Anda bisa cari beasiswa lain atau menggunakan uang sendiri. Namun rata-rata teman2 saya disini yang melanjutkan S3, setengahnya ditanggung sama lab nya. Jadi ya ga masalah. Coba Anda diskusikan sama Prof Anda, apakah ada beasiswa lain yang bisa Anda apply untuk menanggung setengah biaya pendidikannya.

      Ehm cukup tidak cukupnya tergantung orangnya🙂 Kalau dapat beasiswa BGF, tution feenya dibayarin ko. uang beasiswa yg didapat hanya untuk biaya hidup, bayar residence/kamar dan transport. Jadi ya saya pikir cukup lah, mungkin malah bersisa kali ya hehehe..

      Good luck ya..

  8. hallo mb trias..
    mo tanya lagi nih…kalo itu bukan LOA, apakah itu berarti surat korespondensi/surat rekomendasi ya?terus yg dibutuhkan utk daftar BGF apakah LOA ato cukup surat rekomendasi aja utk meyakinkan BGF bhw saya sdh dpt supervisor?.(
    (prof yg memberi memberi positif itu dari Nancy Universite).misalkan sy diterima beasiswa BGF, terus apakah sy pasti kuliah di Nancy ato sebelum apply BGF daftar dulu ke Nancy ato daftar setelah keterima BGF ato gmn ya mb? sy kok bingung..tolong infonya ya mb..makacihhh

    1. Yup, itu email korespondensi. Anda bisa lampirkan email2 tsb beserta dokumen yang dipersyaratkan pada saat Anda apply BGF nanti. Email dari prof sudah cuku menyatakan bahwa Anda sudah mendapat supervisor, kalau ga coba Anda meminta surat rekomendasi dari prof Anda dan jelaskan pada beliau bahwa surat rekomendasi tsb sangat penting untuk apply BGF.

      Ehm tergantung Anda. Jika Anda nanti diterima BGF dan kemudian Anda diterima di Nancy, ya Anda harus kuliah disana. Nanti Anda akan diberikan 3 pilihan universitas ko. Tapi Jika Anda sudah mendapatkan LOA alias surat penerimaan dari universitas Nancy, bisa saja Anda hanya mengajukan 1 pilihan. karena Anda sudah pasti diterima disana.

      Coba diskusikan sama Prof Anda, apakah Anda harus daftar sekarang atau nanti kalau sudah mendapat BGF. Kalau saya dulu, saya daftar universitas sebelum mendapatkan beasiswa. Jadi waktu apply saya lampirkan aplikasi pendaftaran ke universitas, dan saat di panggil wawancara saya serahkan bukti ke panitia BGF bahwa saya sudah diterima di salah satu universitas di perancis dengan menunjukkan LOA dari universitas saya saat ini. Alhamdulilah, dgn cara itu saya mendapatkan beasiswa ini.

      Good luck ya

      1. salam kenal mbak, aku mo nanyak, IPK master ku 3.1 apa bisa apply beasiswa ini tak ya? thank mbak, trus mbak kul jurusan apa?

  9. hallo mb triastuti…
    mo tanya lagi nih (gpp ya?..he..he..)setelah baca2 tulisan di blognya mb trias ternyata dpt prof di Prancis gak jaminan juga diterima BGF ya?sepertinya dpt prof dan resmi diterima di univ tsb yang jadi point besar spy lolos BGF.mb berarti langkah berikutnya yg hrs sy lakukan : tanya prof yg sdh kasi sy rekom, apakah sy daftar skrg ato nanti dan apakah ada beasiswa lain utk 18 bulan berikutnya..ok..ok nti sy tanyakan.
    tapi mb, kalo profnya tau sy cuma dpt 18 bulan trus ia gak mau tau 18 bulan sisanya,kuatir malah ia membatalkan jd supervisor.mungkin gak ya mb?jd kuatir nih…thx ya mb atas jwb2annya.

    1. @ Iis : ya resiko lah.. Tapi kalau ga cerita, lalu siapa yg akan mendanai 18 bulan sisanya? Lebih baik cerita dari sekarang, sapa tahu professor Anda akan membantu Anda mencarikan dana buat 18 bulan kemudian.

      Good Luck ya

  10. hallo mb trias,
    mb boleh kasih info ato contoh isi dari study objective ato surat mengapa tertarik mengajukan beasiswa.apakah isinya ideaalis banget karena cenderung lebay jadinya,misal saya mengikuti beasiswa krn ingin melanjutkan pendidikan tp gak ada duit, sy ingin meningkatkan kualitas peneletian..masak sih isinya seperti itu?..kasih infonya ya mb..makasih

    1. kalau menurut saya, tanya hati kecil Anda kenapa anda ingin mengikuti beasiswa ini dan sekolah di negara X. Setiap orang mempunyai alasan2 yang berbeda. Alasan lebay tapi masih bisa wajar, insyaAllah ga masalah. Saya dulu memakai alasan karena negara X sangat maju di bidang X dimana bidang tersebut sangat berhubungan dengan riset masa depan di institusi saya dan masuk dalam rencana pemerintah dalam mengatasi masalah di negeri saya. Oleh karena itu saya apply beasiswa ini.

  11. Hi,mbak..
    web-nya ngebantu bgt..thanks ya..
    saya mau apply BGF 2011 utk jurusan Public Administration.
    Saya sempet baca comment2 yg diatas..en ada yg mau saya confirm dr situ…^_^
    emang sebaiknya kita gak usah attach research plan pas pertama kali send email ke profesor prancis ya, mbak?jadi tunggu balasan pertama beliau dulu, baru kita lampirkan research plannya?
    thanks ya mbak.

    1. Hai Sarah

      Sebaiknya begitu, karena terkadang email kita akan masuk spam jika ada attach file dan terkadang ada beberapa prof yg ga mau membuka email dari org yg tidak beliau kenal yang ada attachnya. Tapi ya kalau mau ngirim dgn research plan juga ga papa ko. Silakan di coba saja dua-duanya..

      Good luck ya

      1. Sekarang aku msh cari2 professor via google sih,mbak.hehe..
        abis aku udh nanya ke sekretariat bbrp kampus, tapi jawabannya agak ngambang..en ada bbrp kampus yg web-nya ga ada versi englishnya..
        lain kali aku tanya2 lagi ya,mbak..
        thanks a lot

  12. mba, maaf saya juga mau ikut tanya.hehe
    nama saya sinta. saya ingin tanya apakah mbak trias tau univesitas ini (: Université d’Avignon et des Pays de Vaucluse)? saya search di campusfrance dan sedikit sekali yang menawarkan program food technology di dalamnya, dmn basic major saya ada disitu. nah ketika ketemu univ satu ini, saya langsung penasaran. kalau misalnya mba trias ada informasi tentang univ ini minta tolong share ya mbak.
    makasih sekali. maaf saya masih awam sekali dgn hal2 yang semacam ini.he

    1. coba buka di website universitasnya (http://www.univ-avignon.fr/), mungkin yang anda cari ada di situ. Tapi situsnya dalam bahasa Perancis, kalau ga bisa bahasa Perancis, coba terjemahkan dalam google translate atau minta bantuan teman yg bisa bahasa perancis atau datang ke campus france ketemu sama mas Anton dan mbak mini. Mereka akan menjelaskan dengan detail. Good luck ya

  13. Hai, mbak..
    mau tanya2 lagi nih.
    Saya msh ragu ttg tema research plan. Jadi tema sy skrg intinya ttg how to solve something di kota saya sini.cuma (andaikan) kterima di prancis, apa saya kudu balik ke indonesia buat nyusun tesis dr research plan ini?Dulu mbak tema research plannya gimana?ttg prancis or indonesia?apa research plan itu hrs djadiin tema utk tesis?
    Atau baiknya gimana ya mbak?thanks ya, mbak

    1. Kalau memang dibutuhkan untuk ambil data di Indonesia, ya kamu harus balik ke Indonesia. Research projectku dulu didiskusiin sama prof, bukan tentang perancis dan juga bukan tentang Indonesia. Research projectku dilakukan di lab professorku, jadi aku ga perlu ambil data ke Indonesia. Ehm tergantung profesornya sih, research projectku sekarang malah berbeda sekali dengan research project yang aku buat dulu untuk apply BGF.

  14. salam kenal mbak,
    bidang ekonomi dan management di perancis bagus gak ya?kalo bagus kira2 mbak merekomendasikan universitas apa?
    terima kasih sebelumnya

    1. Hai Rudi

      Saya kurang tahu bidang itu bagus apa ga di perancis. Coba anda tanya sama CampusFrance. Mungkin mereka bisa memberi penjelasan pada Anda sebaik-baiknya.

  15. mbak mau tanya lagi..hehe
    lha itu mas anton ma mb mimi berarti di campusfrance yg di jakarta ya?kalo seandainya saya menghubungi lewat email dulu bisa nggak ya?soalnya saya bukan domisili jakarta. dan saya pernah kirim email kesana tapi kok sepertinya tidak ada balasan.hehe
    kalau boleh minta kontak email mbak mimi ataw mas anton itu dari mb trias, boleh gak mbak?
    makasih mb maaf ngerepotin.

    1. Hai Sinta..

      kalau emailnya ga dibalas, coba telphon aja ke campusfrance. Dulu aku juga pernah ngirim email, trus ga dibalas juga.. Akhirnya aku datangi aja campusfrance, dan mereka menjawab pertanyaanku dengan baik. Mungkin karena banyak email yg masuk jadi ya ga semuanya kebaca kalinya hehehe..

  16. Bonjour mb, saya rencana apply BGF. Status saya sudah diterima di sebuah grande ecole. Bila saya apply BGF, apa chance saya dpt beasiswa itu lebih besar dibanding yg belum diterima uni? Saya apply cukup dgn LOA saja atau perlu surat rekomendasi dari dosen sana buat memperbesar chance?
    Tapi mgkn yg perlu diketahui IP saya pas 3.

    1. Bonjour Suzane

      Selamat ya udah keterima di grande ecole. Yup tentu saja lebih besar, kamu kan udah dapat LOA. Itu yg akan menjadi pertimbangan terbesar lho kepanggil wawancara. Saranku, kamu kirim dokumen BGF plus LOA-nya ke kedutaan perancis. Kalau udah dapat LOA, aku pikir ga perlu lagi surat rekomendasi dari dosen. Tapi kalau kamu udah kenal sama prof disini, dan kamu ingin melampirkan rekomendasi beliau ya gpp ko.

      Good Luck ya… semoga berhasil lolos tahap 1 dan melaju ke tahap kedua (alias wawancara)..

      1. Benarkah? Karena IP saya pas 3, jurusan teknik kimia. Dulu seingat saya jurusan eksak minimal IP 3 sementara non-eksak 3,2 namun tulisan di blog mb IP min 3,2 semua jurusan.
        Jadi IP 3 pun masih dipertimbangkan asal sudah memperoleh LOA? Karena saya baca di FAQ CampusFrance, bila IP<3,2 tidak akan lanjut seleksi.😦

  17. Hai mbak, saya juga tertarik mau apply BGF namun masih bingung mau apply di universite mana. Misalnya kalo saya liat di World University Ranking itu, Grenoble peringkatnya ada di bawah UI (UI=236, Grenoble=273). Pemikiran saya,kalo di Indonesia ada yang lebih baik kenapa harus jauh2 ke luar negeri. Berhubung mbak di Grenoble bisa share gimana kondisi di sana? Selain itu, gimana sih caranya mencari universite yang bagus, apakah bisa semata2 melihat dari ranking saja atau gimana? Kalo liat dari website masing2 universite, tentunya masing2 berlomba terlihat bagus yah..hehehe

    1. Kalau aku sih dari dulu ga melihat ranking university, karena aku ga tahu dasar alasan dari rangking tsb. Yang aku tahu kalau kuliah di LN itu banyak sekali pengalaman dan ilmu baru yg aku dapatkan. Aku cari universitas berdasarkan apa yang ingin aku pelajari, so aku selalu mencari daftar mata kuliah dan lab yang ada di universitas tsb, apakah cocok dgn yg aku cari atau tidak. Kalau perlu ya cari tahu apakah prof2 disana rajin menulis paper international apa tidak. Aku tidak mengecilkan prof2 di UI, tapi kalau aku boleh nanya berapa banyak prof2 UI yang sudah mempublish penelitian mereka di jurnal International?? salah satu pertimbanganku sekolah di luar negeri ya itu, prof2nya semuanya menulis paper di jurnal international. Satu point yg tidak aku dapatkan di Indonesia hehehe.. maklum aku peneliti jadi ya riset dan jurnal adalah point penting yang menjadi pertimbanganku sekolah di LN hehhe

  18. hi mba aku mau minta info, kemaren aku baru dapat surat keterangan dari prof sana bahwa aku diterima di ecole superieure d’art et de design d’Amiens Metropole (esad)..kira2 apa saja yang harus saya siapkan untuk mengapply ke BGF?

  19. bonjour! blog kamu menarik sekali😀
    aku juga lagi nyari2 beasiswa ke perancis. ini informasi yang berharga. hehe

    kamu ada ym atau bb pin? atau facebook? add dong. aku mau nanya2😛 boleh kan? demi junior junior… hehe

    facebook: conrad ruben waldemar
    ym: rubenconrad

    1. bonsoir (karena disini udah malam jadi aku balas dgn bonsoir ya hehehe)

      Terima kasih sudah mampir di blogku..Silakan saja kalau mau nanya..lewat media blog ini saja kalau mau nanya. Jadi biar teman2 yg lain bisa tahu.. YM, FB atau pin BB hanya untuk orang2 terdekatku saja. Lagian Anda di Indonesia dan saya di Perancis, jadi ga bakalan bisa ketemu waktu yg pas buat chatting..Silakan lontarkan pertanyaan Anda di sini, agar teman2 yg lain bisa mendapatkan informasi yg mereka perlukan.

  20. Haloo mbak Trias..
    Klu di BGF, hrs universitas negeri yah?
    KLu akademi gmn??
    Sy mau berencana mengambil Master di bisnis internasional..
    Kira2 yg bgs dmn yah??

    1. Halo Dinda

      Yup tentu saja harus negeri, kalau swasta biayanya mahal. Kalau akademi, saya kurang tahu.. coba tanya campusfrance saja ya soal itu.. Waduh saya orang teknik, jadi tidak ngerti sekolah bisnis yang bagus dimana. Coba Anda tanyakan pada campusfrance, mereka lebih mengetahui mana yg bagus. Good luck ya.

  21. Makasih mskannya k’..Means a lot for me..
    Oiya k’, sy mendptkn email blsn dr Grenoble Ecole de management, isinya memberikan respon positif terhadap permintaan saya yang ingin melanjutkan pendidikan di kampus mereka dan mereka juga memberikan gambaran tentang program yg akan sy ambil.
    Oiya k’,apakah kmps mereka merupakan kampus negeri??berhubung BGF hanya memberikan beasiswa penuh kpd program yg berbhs Prancis, sy merasa agk minder terhadap aplikasi sy krn kmps Grenobe menggunakan bahasa Inggris sbg bahasa pengantar. Mereka memberikan pernyataan sebagai berikut:
    “The program is taught in English but provides the possibility to learn French at the same time.
    No prior knowledge of French is required to attend the program.”

    Terima kasih sebelumnya k’, atas saran dan masukannya..

    1. Hi Dinda

      Aku tahu sekolah ini, kemarin sempat ada kerjasama utk acara solid asia

      Sekolah ini memang menggunakan bahasa Inggris tapi nanti ada kursus bahasa perancisnya juga ko. Namun sekolah ini swasta lho, tuition feenya kalau ga salah lebih dari 1000 eurosan. Kalau kamu mau sekolah disekolah ini berarti hrs menyiapkan kekurangan biayanya. Karena BGF setahuku hanya akan memberikan tuition feenya 400-600 euroan.

      Coba cari di IAE Grenoble atau di Piere Mendes, mungkin disana ada jurusan yg kamu inginkan. Atau cari lagi di katalog campusfrance

  22. Hallo mbak..
    gmn dgn biaya hdp dsna??
    apa kah di cover oleh bgf??
    apa kah tuition fee yg diberikan di sesuaikan dgn jurusan yang akan di ambil??
    apakah letter of recommendation dr kmps dikirimkan dgn berkas yg diminta oleh BGF??
    maaf, klu pertanyaany nya tll banyak,,
    Terima kasih sebelumnya..

    1. Halo dinda

      tentu saja, biaya hidup di cover sama beasiswanya..tuition fee diberikan sesuai dgn universitas yang kita ambil, namun ada batas maksimumnya..kalau ga salah si maksimum yg biyarkan sama BGF adalah sekitar 500 euros, lebih dari itu ya kamu yg harus bayar. Yup, letter recomendation dikirimkan bersama dgn berkas2 kamu. Good luck ya

  23. Hi,mbak…
    Mbak tahu ga rata2 tuition fee di Sciences PO?
    saya udh dterima di Sciences PO Bordeaux, tapi saya nyari2 nominal tuition fee lewat web-nya belum ketemu juga..
    Jadi ragu takutnya tuition fee-nya ga tercover sama BGF…
    thanks ya mbak…

    1. Hai sarah

      Aku kurang tahu ya berapa tuition feenya…kalau itu universitas negri, biasanya sih murah, dibawah 500 euros..kalau swasta dan itu program international kadang mahal..coba tanya ke kontak personnya saja

  24. Thanks mba.

    aku nanya lagi ya..^_^…Aku dapet Letter of Pre Admission dr Sciences PO Bordeaux by email Direktur Program Master tujuan aku dsitu..Itu sama dg letter or acceptance ga ya?Aku udah geer keterima deh…hehe…
    Trus aku cuma perlu print trus lampirin dg persyaratan lain kan?
    Atau profesor aku perlu email ke French Embassy?
    Aku nanya ke campus france, katanya ga perlu diemail sih..
    cuma apa cukup ya dg surat hasil print-an aja?
    thanks ya mbak

    1. @ Sarah
      Pertanyaannya Apakah dirimu sudah mengirimkan berkasmu ke Science PO Bordeaux untuk apply ke universitasnya belum? kalau belum ya bukan LOA itu. LOA adalah surat penerimaan dari universitas dimana kamu sudah mendaftar ke universitas tsb baik secara online ataupun mengirimkan dokumen2mu ke universitas tsb.

      Yuo, print Pre Admission-nya kemudian kirim bersama-sama dgn berkas aplikasi BGF. Tentu saja cukup dgn hasil print2an tsb, kenapa ga cukup?

      Good Luck

  25. oh gitu ya,mbak..
    jadi ternyata profesor aku ternnyata Direktur program master tujuan aku disana..
    en beliau minta berkas aku (cv,research plan,transcript, en professional objectives) dikirim ke email beliau…
    trus bbrp hari,beliau lgsung sent surat itu…
    pdhl aku udh ksih tau klo surat rekomendasi aja cukup..
    jadi aku ragu itu artinya apa…
    tp mau nanya profesornya kok rasanya ga enak yah…

    thanks ya mbak..

  26. Mba Trias,

    senang sekali membaca blog ini. aku vanny, aku baru lulus februari ini dr jurusan geografi ui. aku dr awal januari sudah berusaha menghubungi banyak universitas di prancis.namun tidak ada yang sampai langsung ke dosen. hanya sampai sekretariat kampus. bagaimana bisa dapat rekomendasi positif itu ya mba? research project mba trias gimana ya? aku bingung sekali membuatnya. apakah selengkap proposal skripsi? mohon bantuannya Mba..

    Vanny

    1. hai Vanny

      untuk cari prof bisa dgn dicari lewat google, atau bisa juga dari paper2 yg sudah diterbitkan atau tanya sama teman atau dosen yang pernah kuliah di perancis. coba juga tanya sekretariatnya kalau bidang yg kamu sukai itu ada ga prof yg sebidang, kalau ada minta aja alamat emailnya.

      research projectku hanya 3 lembar aja ko..simple dan ga selengkap skripsi. tulis aja inti2nya saja.

  27. Halo mbak..
    Klu misalnya sy diterima disalah satu kampus swasta dan BGF hanya membiayai setengah dari tuitoon fee yg sy perlukan(karena bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Inggris)apakah sy bisa mencari pekerjaan untuk memenuhi pembayaran tuition fee nya?apakah mahasiswa penerima beasiswa BGF diperbolehkan untuk bekerja?Apa sj persyaratannya??Thanks b4, kak..

  28. hi mbak trias,
    aku mau tanya, di formulir BGF tertulis dokumen2 yang harus dilampirkan salah satunya adalah surat rekomendasi/penerimaan. dan juga disitu disebutkan berkas tidak akan diproses kedubes Prancis apabila dokumen kurang lengkap. sampai saat ini saya sudah menghubungi professor dan universitas tapi belum mendapatkan satu pun surat tersebut. Apakah berkas saya akan tetap di proses walaupun tidak memiliki surat tersebut?
    terima kasih

    1. Halo Azi

      Wah soal itu aku kurang tahu ya.. tapi kalau sampai mendekati deadline kamu belum dapat surat korespondensi, ya coba aja dikirim aplikasinya ..sapa tahu beruntung.. good luck ya

  29. mba infonya berguna sekali, saya mau nnya, saat ini saya berminat apply ke univ lyon2, lantas selain surat rekomendasi dari prof d perancis, berarti tidak perlu ada surat rekomen dari dosen saya dsini kan untuk dikirim ke BGF?
    oia dulu mba bkin research plan itu apakah ttg rancangan thesis atau gmn ya mba?atau bolehkah aku email ke mba dlu supaya bisa dilihat. terima kasih

    1. Hai Dian..

      Yup, kamu ga perlu surat rekomendasi dari dosen kamu di Indonesia..
      Research planku tentang thesis yang akan aku lakukan, tapi ternyata setelah sampai disini thesisku berubah 180 derajat dari research planku yg aku tulis dahulu🙂

      Ehm, bukannya syarat BGF tahun ini tampa research project ya.. Jadi buat apa dirimu nulis research plan?

  30. Hi mbak ThreeAs,

    Perkenalkan, saya baru lulus dari Airlangga University dan sudah ngirim berkas ke UJF dan sudah dapat acceptance letter. Apakah mbak bisa korespondensi melalui email dengan saya? Merci

  31. Mbak Trias, penerima BGF apa memiliki kewajiban harus pulang ke Indonesia setelah lulus master di sana? Misal tidak pulang, akan di blacklist negarakah? Trim.

      1. I see. Lalu apa penyeleksian BGF ini ada tahap wawancara di mana aplikan harus datang ke Jkt atau penyeleksian berdasarkan dokumen saja? Pengumuman awardee BGF pada bulan apa dan pemberitahuannya lewat email atau bagaimana? Trims.

  32. hi mbak treas.

    klu bidang marine science, kira-kira dimana ya??

    sy PNS,IELTS dan IPK memenuhi syarat. tapi semua nya pki bahasa perancis. jadi kebingungan hubungi professor disna

    1. @ divingcenter

      Wah aku kurang tahu soal itu. Coba buka katalognya campusfrance, atau datang aja ke campufrance. Tanyain aja ke sna, sapa tahu mereka mereka kasih rekomendasi.

  33. Bonjour mbak tri, di Flyer BGF scholarship 2011 tertulis Scholarship coverage hanya One return air ticket, apakah ini berarti Tiket keberangkatan ke Perancis dan aplikasi Visa-nya di tanggung oleh Penerima Beasiswa dan tidak ditanggung oleh BGF scholarship. Terima kasih atas informasinya.

    1. @ Hendry : one return itu maksudnya adalah perjalanan bolak-balik Jakarta-Perancis hanya diberikan sekali saja. Aplikasi visa ditanggung sama kedutaan ko, dgn menyandang status BGF, tidak ada pembayaran visa.

  34. @ Suzana

    yup tentu saja ada seleksi wawancaranya, dan para aplikan yang dipanggil wawancara harus datang ke Jakarta dengan biaya sendiri. Pengumumannya lewat website kedutaan perancis di Indonesia.

  35. Hi,mba…
    Menurut pengumuman di Campus France, interview BGF 2011 itu antara tgl 2 s.d 6 mei 2011.
    Nah aku udah cari2 di web kedutaan perancis tapi gak ada pengumuman apa2. Email aku juga blm dibales.😦

    1. Hallo Sarah

      Sabar ya, ditunggu saja pengumumannya. Mungkin dalam minggu2 ini. Cek selalu website kedutaan perancis. nanti kalau ada pengumuman, aku akan publish disini deh..

      1. Iya, deg2an nih, mbak.
        Kebetulan minggu ini aku ke jakarta, jd bisa sekalian interview andai dapet panggilan.
        Jadi pengen dapet info cepet biar gak bolak-balik jambi – jakarta =D
        Btw, pengumuman interview di bagian mananya web kedutaan perancis ya,mbak? Aku biasanya liat2 di bagian Berita or Belajar di Prancis?

  36. @ Sarah

    biasanya sih di depan websitenya dan di bagian belajar di Perancis sudah muncul. ditunggu saja ya.. nanti kalau udah ada, aku posting di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s