Tiada negri yang seindahmu, hadirkan banyak cinta

Waktu terus berjalan dengan cepat, serasa baru kemarin aku memulai kursus bahasa Perancis di CCF Salemba, namun sekarang harus meninggalkan kota yang selama hampir setahun ini aku tinggalin. Sedih dan senang campur aduk, sedih karena harus berpisah dengan mozaik-mozaik indah yang aku temui di sini, senang karena akhirnya bisa melewatkan ramadhan bersama keluargaku (walau hanya 20 hari saja) setelah sekian lama aku jauh dari mereka.

Yup, Indonesia, negeri tempat aku dilahirkan dan dibesarkan ternyata sebuah negeri yang indah karena mozaik-mozaik yang aku temui di setiap perjalanan hidupku selalu memberi cinta yang tulus.

Sejak passport sudah ditangan, menerima LOA dan mengetahui kapan pastinya berangkat ke Perancis, aku melewatkan hari-hari itu dengan beberapa sahabat dan teman-teman yang sudah setahun ini tidak aku jumpai. Bertemu dengan mereka, menghabiskan hari itu dengan cerita-cerita. Ternyata setahun ini semuanya sudah berubah dan aku ketinggalana banyak sekali berita dan kisah dari kehidupan mereka. Sungguh setahun ini saat aku diwajibkan mengikuti kursus bahasa, aku sudah sangat jauh dari peradaban teman-temanku. Sehingga pertemuan kemarin itu membuatku terasa asing di depannya.

Sebuah kalimat yang sempat menggugahku dan menohok hatiku adalah saat seorang sahabat terang-terangan di depanku berkata “ Cukup sekali aku kehilangan kamu, bertahun-tahun aku cari dirimu tanpa hasil, kini saat aku menemukanmu di blog dan bertemu denganmu. Aku mendengar kamu akan pergi. Just remember me please. Dimanapun kamu berada.”

Sahabat yang sudah lama sekali aku tidak bertemu, sahabat yang ku kenal saat aku duduk di sebuah bangku SMU dulu. Entah kenapa, saat dia mengubungiku di email aku langsung ingat dia, padahal aku pernah mengalami Amnesia, dimana ada beberapa ingatan masa laluku yang tidak bisa aku ingat lagi sekarang. Namun untuk seorang sahabat ini, aku langsung ingat kenangan-kenangan indah yang pernah kami lakukan bersama-sama. Senang bercampur heran saat aku bisa mengingatnya.

Ternyata terkadang kita tidak sadar bahwa kehadiran kita sangat berarti bagi orang lain terutama sahabat dan teman-teman kita. Ini semua mengingatkanku bahwa sampai sekarang aku memiliki banyak sahabat dan teman-teman dekat yang biasa aku sebut dengan mozaik-mozaik terindah.

Disini saja, selama 9 bulan lebih, aku menemukan mozaik-mozaik yang indah. Mulai dari anak-anak BGF 2010 yang beraneka ragam karakternya, ada yang lucu, suka ngodain orang, narsis, suka di foto, suka makan, suka karaoke, suka nonton dll. Mozaik-mozaik yang berasal dari berbagai provinsi, berbagai daerah dan berbagai universitas. Mozaik-mozaik yang dipersatukan oleh sebuah beasiswa.

Namun ada juga mozaik-mozaik yang aku temukan saat aku berada di CCF Salemba. Ada, Ivana, Asna dan Olin, mozaik yang aku temukan saat kursus bahasa Perancis sebelum ikut kursus bahasa khusus BGF.

Ada mas Anton, yang dulunya aku sebelin karena juteknya minta ampun, eh sekarang aku malah suka banget ngodain dia biar dia jutek. Habis kalau dia jutek, wajahnya lucu banget sih hehe..

Ada mba Lucy, yang sekarang dah pindah ke Sumba. Kenangan saat perpisahannya adalah kenangan yang tidak pernah terlupakan. Jangan lupakan janji kita ya mbake hehe..

Ada mbak Irma, ni kenal a cause de mas Anton deh.. walau baru beberapa bulan mengenalnya, namun karena sering pergi bareng jadinya udah tahu kelakuan masing-masing ya mbake hehe..

Ada Leo, (ni juga a cause de mas Anton hehe), si calon juru masak masa depan. Aku menunggu dirimu buka restoran, biar bisa makan gratis disana hehehee.. Makasi banget sudah nganterin kami saat kami jalan-jalan di Bandung. Kangen oi, bisa maen berlima lagi, gila-gilan bareng, ejek-ejekan tanpa ada yang marah (bener ga tuh hehe), becanda, foto2 dan lainnya.

Team Kantin CCF, ibu kantin, mbak-mbak pelayan dan mas-masnya, senang pernah mengenal kalian. Saking dekatnya, kadang kalau rame, main ambil sendiri minuman atau makanan hehe.. Kadang malah lupa bayar juga, jadi bayarnya besok paginya atau kalau ingat (untung ga pernah lupa ya hehe). Makasi juga doa dan nasehatnya kemarin saat aku datang ke kantin CCF buat makan siang, padahal ya datang gara-gara kemarin-kemarin ditanyain ma ibu kantin (kangen kali ya ma aku hehe).

Banyak sekali kenangan di CCF Salemba, kenangan yang membuatku berat meninggalkan negeri ini. Begitu banyak cinta di mana-mana, apakah nanti di sana ada cinta seperti yang kalian berikan padaku selama ini ya??

Makasi banyak buat mozaik-mozaikku, kalian sudah memberi warna indah dalam kehidupanku. Kadang berat jika harus meninggalkan tempat dimana kita sudah merasa nyaman untuk ditinggalin, namun sebuah kewajiban sudah menanti dan aku harus melaksanakan kewajiban itu. InsyaAllah, setelah kewajiban itu terpenuhi, kita dapat bertemu lagi di suatu kesempatan yang indah lagi..

—————————————————————————————————————————————–
Jakarta, 28 July 2010.. gara-gara dengerin lagu Indovers-nya P Project, jadi ada ide buat nulis tentang kalian..

4 thoughts on “Tiada negri yang seindahmu, hadirkan banyak cinta

  1. sebuah kotak akan terasa indah saat kamu memadangnya dari luar kotak tersebut. itulah nasionalisme dik, nasionalisme lo akan semakin kuat saat lo berada di luar indonesia. semua yang lo keluhkan dulu soal kantor atau negara ini, akan lo rindukan. welcome to France my little sister.

  2. Hi mbak threeas… salam kenal…

    Benar-benar blog yang inspiratif baget dan bisa membangkitkan semangat setelah membacanya, ternyata mencari beasiswa itu nggak mudah ya mbak, harus punya niat dan usaha yang keras untuk meraihnya dan juga tak lupa do’a.
    semoga aku juga bisa meraih mimpiku seperti mbak threeas tahun depan…

    ditunggu ceritanya kalau sudah sampai di perancis..:D
    sukses selalu buat studynya mbak threeas..

    1. Halo Hendi , salam kenal juga..

      Makasi ya dah mampir di blog ini..Pasti bisa ko selama ada kemauan, kerja keras, usaha dan tentu saja doa🙂 Sukses juga ya buat Hendi..

Leave a Reply

