Persiapan Keberangkatan ke Perancis

Tak terasa 1 bulan lagi aku akan meninggalkan negeriku ini, rasanya ko cepat sekali waktu berlalu. Bulan-bulan ini aku disibukkan dengan urusan persiapan keberangkatanku ke Perancis bulan depan. Dari persiapan pembuatan Passport, Visa, pencarian logement, pencarian barang-barang yang dibawa, pemulangan barang-barangku ke Jogja, Reunian ma teman-teman sampai seminar pra keberangkatan.

Dimulai dengan pengumuman ujian Delf itulah, kesibukanku berawal. Setelah pengumuman itu, pertama yang aku lakukan adalah meminta surat keterangan dari Kedutaan Perancis yang menyatakan diriku sebagai penerima beasiswa BGF. Setelah itu meminta kantorku untuk membuatkan surat pengantar pembuatan passport dinas ke LIPI pusat. Aku sendiri meminta sampai 3 kali surat pengantar ini. Jadinya ya bolak-balik Jakarta-Bogor (cape sih, tapi bagaimana lagi lha wong yang ngerjain juga ga beres ngerjainnya). Kesalahan itu antara lain, membuatkan surat pengantar tidak memperbarui surat yang pernah dia buat alias dia hanya memberikan surat pengantar yang lama (tahun 2009). Padahal dulu tahun 2009 aku hanya meminta ijin ga masuk kantor selama 11 bulan karena diwajibkan mengikuti kursus bahasa Perancis di Salemba. Lha ko ternyata surat ijin itu dijadikan satu dengan permintaan pembuatan passport. Nah pas mau buat passport di tahun 2010, ya tentu saja ditolak sama BKPI. Kalau mau buat di tahun 2010 ya suratnya tahun 2010 dong bukan tahun 2009. Eh setelah diminta BUP dan BKPI surat yang baru, barulah petugas membuatkan surat yang baru. Namun ko ya salah lagi tho bu, kalau mau copy paste itu ya dilihat dulu. Kalau perlu ya dibaca dengan teliti. Masa NIP ku ditulis berbeda sih. Ampun deh, untung belum masuk ke Sekretaris Negara dan DEPLU. Kalau masuk kan ya bikin repot aja tho ya. Jadinya ya harus diperbaiki lagi suratnya. Pelajaran yang bisa aku dapatkan dari persiapan ini : baca baik-baik semua dokumen, karena bisa jadi yang ngurus juga bikinnya asal-asalan alias ga memperhatikan dengan baik dan seksama dokumen yang dia buat. Kini saatnya aku menunggu passport dinasku dan sebuah surat exit permit dari DEPLU untuk pengurusan VISA di keduataan Perancis.

Oh iya, sebelum pengurusan passport, aku diwajibkan menggurus logement alias tempat tinggalku di Perancis. Berhubung aku penerima beasiswa BGF, jadinya logementku sudah disiapkan sama CROUS. Aku tinggal menghubungi CROUS dan memilih logement seperti yang aku inginkan. Kata beberapa orang sih, pencarian logement agak susah terutama yang akan tinggal di Paris atau kota-kota besar lainnya di Perancis. Alhamdulilah kalau aku mudah sekali, karena tinggal menghubungi CROUS Grenoble kemudian mereka memberikan pilihan, dan aku memutuskan mau logement dimana. InsyaAllah nanti aku akan tingal di Résidence Berlioz di Saint Martin d’Hères Grenoble. Logementku ini berukuran 12 m2, berada di komplek universitas. Ya kira-kira dekat dengan tempat kuliahku nantinya. Nanti deh, kalau dah sampai sana, akan aku ceritakan kembali logementku, universitasku dan tentu saja kota Grenoble (kota yang akan aku tinggalin setahun kedepan).

Persiapan selanjutnya adalah mengenai barang-barang yang akan aku bawa. Tentu saja adalah beberapa baju-baju dingin yang harus aku bawa. Aku sempatin ke Bandung tepatnya di Pasar Gedebage Bandung. Disini aku beli 2 buah baju dingin, yaitu jaket dingin berwarna pink dan Mantel tebal. Dua baju itu aku beli dengan harga 100ribu saja. Cukup murah kan, daripada beli di distro atau tempat orang jualan baju musim dingin. Ingat ya, kalau beli di Gedebage harus pintar-pintar menawar, kalau perlu 75% dari harga yang ditawarkan. Sebelum dibeli, lihat dan check kerusakan yang ada. Kalau ga ada ya ambil saja. Disini memang kebanyakan adalah baju-baju bekas, makanya harganya murah hehe.. Lagian pakainya juga bentar, jadi ngapain juga beli yang mahal-mahal kan hehe..Setelah dibeli, baju kita laudrykan saja, biar lebih bersih gitu maksudnya hehe..Selain di Gedebage, aku juga beli longjohn 2 pasang, 1 sweater dan 2 pasang kaos kaki berjari di Pasar Pagi Mangga Dua. Longjohn mahal oi, sekitar 90ribu per pasangnya. Menurut beberapa blog yang pernah aku baca, mereka menyarankan untuk membeli sebagian besar baju hangat, syal, topi, sarung tangan dll untuk musim di Perancis sana. Itu saran dari kakakku juga sih, makanya aku hanya akan membawa beberapa potong baju saja. Untuk persiapan packing, nanti aku tulis di cerita selanjutnya saja.

Itulah beberapa persiapan yang aku lakukan saat ini, masih ada beberapa persiapan yang masih harus aku lakukan. Semoga dilancarkan persiapanku kali ini..

17 thoughts on “Persiapan Keberangkatan ke Perancis

  1. Amiiiin, semoga lancar ya mba… !!! Gak sabar pengen baca cerita pertama kali kamu menginjakkan kaki di bumi Perancis sana🙂. Sukses terus mba !

  2. Wah, penerima BGF ya Mba? Sekolah ke Perancis dalam 1 bulan ke depan? Hebat sekali..🙂

    Semoga sukses persiapan perizinannya ya Mba.. Salam saya..

    1. Hallo Clara..

      Salam kenal ya..Iya, aku salah satu penerima BGF dan tahun depan insyaAllah kuliah di Perancis.. Biasa aja ko, aku hanya beruntung mendapatkan beasiswa ini.. Makasi ya doanya, sukses juga buat Clara

    1. Kemane aje jeng ko jarang blogwalking🙂 makanya jangan keasyikan main ma mainan baru itu, jadinya ketinggalan gosip🙂 hayah, mesti pakai nanya tho jeng lha wong berangkatnya juga bareng gitu hehe..oleh2 dari bali jangan lupa ya hehe

  3. namenye juge lg liburan, jd enakan streetwalking donk..hihihiw ..
    mbak, aku belom beli kaos kaki sm manteau sm buat kuping sm syal..hahaha. *belom beli smua*

    1. cie cie yang lagi liburan🙂 yang buat kuping ma syal beli disana aja jeng, aku juga ga beli ko soale dah dikasih ma teman hehe..Kaos kaki bisa beli disana, manteau minimal bawa jaket agak tebal 1 dari sini saja, yg tebal2 beli disana saja..kan kita datangnya pas musim panas, jadi belum perlu bawa manteau hehe..banyakin celana panjang kalau dirimu suka motongin celana (ini mah kayanya cocok buatku, soale ga ada yg seukuran ma aku nih, masa cari di konter anak2 tho hehe)

  4. Hallo,salam kenal….senang saya baca tulisan2 anda….krn saya sngt butuh banyak informasi mengenai “Perancis”
    Rencana anak saya yg sulung akan melanjutkan studynya ke Perancis (3 th lagi) nah sbg ortu banyak pertanyaan2 yg terlintas di kepala saya,salah satunya mengenai logement/tempat tinggal di sana nanti (yg katanya sbg salah satu syarat pengajuan visa),kalo boleh tau gimana ya cara nyari logement disana,krn anak saya study atas biaya sendiri/bukan beasiswa…gimana cara ngurusnya??

    Thanks,

  5. Hallo bu Irma..

    Salam kenal juga.. makasi bu, sudah mampir disini..ibu tinggal dimana? kalau di Jakarta datang aja ke campus france, CCF Jakarta jalan salemba raya no.25 Jakarta Pusat. Depan fak.kedokteran UI Salemba. atau bisa juga kirim email kel : campusfrance@ccfjakarta.or.id atau bisa juga telp : (+62)21 310 18 84 . atau buka di websitenya..nanti mereka akan memberi informasi yang ibu perlukan seperti bagaiman mencari logement dll..

  6. Assalamu’alaykum wr wb
    Assalamu’alaykum wr wb
    Maaf mbak, perkenalkan saya Thomhert, mahasiswa tingkat akhir Telecommunication Engineering di IT TELKOM Bandung.
    Well, sebenarnya ga sengaja ketemu ama blog mbak ini. Menarik, apalagi karena saya lagi berusaha mempersiapkan diri untuk melanjutkan study ke luar negeri (insya Allah, amin). Minat saya sih pengennya ke German. hehehe
    Meskipun sekilas saya baca mbak akan melanjutkan study ke France, tapi discuss dan share kan ga masalah. Lagian France dan German kan tetanggaan.. hehe..
    Ga apa2 kan ya mbak?
    saya ingin sekali bisa sharing dgn mbak. Berbagi tentang pengalaman dan usaha yg telah mbak lakukan.
    “kalau ingin pandai kalkulus, maka berguru lah pada yg pintar kalkulus”. That’s why, I wanna share with you.
    kalau tidak keberatan, please reply my comment (prince.siadari@gmail.com)

    Regards,
    Thomhert Suprapto Siadari

  7. wah selamat ya mbak, bisa dapet beassiwa ke prancis…
    mau tanya mbak…

    apa beasiswa BGF hanya untuk yang udah kerja ya atau untuk dosen ya??? kalo yang fresh graduated boleh ga daftar ya???

    saya S1 jurusan Teknik Industri, tapi INsya Allah mau nglanjutin ke manajemen, kira2 untuk BGF ini manajemen termasuk dalam bidang yang dibolehkan untuk di apply atau ga ya??

    1. Hai Eno..

      Kabar di Paris, aku kurang tahu ya..soalnya tempat tinggalku di Grenoble, dan itu sangat jauh dari paris. yang bisa diceritakan ya, disini lagi musim dingin yang tidak menentu hehehe… selamat datang di Perancis ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s