Sebuah Cerita dari Pembekalan Pra Keberangkatan LIPI

13 Juli 2010, hari itu ada sebuah pembekalan pra keberangkatan di BKPI LIPI, sebuah agenda yang selalu dilakukan BKPI untuk kami-kami ini yang akan berangkat sekolah di luar negeri. Kali ini yang datang ada sekitar 10 orang dan hanya 3 orang cowok yang hadir.

Kesepuluh orang tersebut (termasuk aku), 5 orang ke Belanda (lupa sapa aja, yang ingat 3 orang ambil di Wageningen, kemudian 1 di Denhag (kalau ga salah ya), dan 1 lagi lupa kuliah dimana hehe. Mereka terdiri dari 3 penerima beasiswa STUNED, 1 NFP dan 1 Bapenas-Neso), 1 penerima Erasmus Mundus (kuliah di Inggris, Perancis dan Jerman), 1 penerima beasiswa Aminef, 1 penerima beasiswa DAAD, 1 mau kuliah S3 di Australia (kayanya dapat beasiswa dari lembaga penelitian di Australia dan universitasnya), dan 1 penerima beasiswa BGF.

Disini kami diberi bekal apa-apa saja yang harus kami persiapkan sebelum berangkat, saat tiba di Negara tujuan, saat belajar di luar negeri, bagaimana memperpanjang tugas belajar dan pasca tugas belajar. Salah satu topic yang menarik adalah setiap 3 bulan sekali, kami diwajibkan mengirimkan laporan mengenai kemajuan tugas belajar yang ditujukan kepada kepala unit kerja, BOK dan BKPI. Disini pula ditekankan untuk memperpanjang tugas belajar alias melanjutkan ke jenjang S3 buat kami-kami ini yang mengambil program master dan Post doct buat teman-teman kami yang mengambil program S3.

Ternyata kecenderungan tahun ini kebanyakan pada sekolah di Eropa, dulu kebanyakan ke Jepang (yaiyalah ada kerjasama JSPS gitu lho hehe) dan Australia. Satu per satu kami ditanyain bagaimana bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Acara kita banyak diselingin dengan diskusi, berbagi pengalaman, dan menjawab beberapa pertanyaan yang masih membinggungkan kami. Dan kami juga dibelakain dengan buku panduan tugas belajar dan 1 buku tentang LIPI.

Kesempatan itu memberiku banyak pelajaran, salah satunya adalah beasiswa yang aku peroleh tahun 2009 itu tidak semua peneliti di lingkungan LIPI yang tahu, bahkan BKPI sendiri malah baru dengar ada beasiswa BGF padahal mereka sering banget ketemu sama Ristek dan Kedutaan Perancis untuk membahas kerjasama program Nusantara, namun ternyata BGF luput dari perhatian mereka. Di situ aku ditanyain darimana mendapatkan informasi itu, bagaimana mendaftarnya, apakah harus menguasai bahasa perancis saat mau apply, berapa porsi yang ada, apakah ada untuk S3, sampai apakah ada hubungannya dengan program “Nusantara”.

Sebenarnya sih, mungkin sudah banyak yang tahu beasiswa BGF ini di LIPI. Karena beberapa waktu yang lalu sempat ada postingan di intra LIPI. Namun informasi yang ada sedikit sekali, bahkan cenderung kadang menyesatkan. Saat mengubek-ubek data digital bagian “dana” ada postingan mengenai BGF 2007, jadi ya setidaknya sudah ada yang mengetahu informasi tersebut (jauh sebelum aku apply, karena aku apply pada tahun 2008 dan 2009). Aku pikir karena informasi yang kurang itulah terkadang kita melewatkan kesempatan mendaftar beasiswa.

Diakhir pertemuan itu, BKPI meminta kami untuk bisa menjalin kerjasama dengan pihak-pihak luar serta menginformasikan di intra LIPI jika ada informasi beasiswa sehingga teman-teman di sini bisa berpeluang seperti kami ini.

————————————————————————————————————————————————

Ternyata waktu cepat berlalu, tak terasa proses pembuatan passport dan visa sebentar lagi aku lalui, dan akhirnya perjalanan panjang dari sebuah mimpi 10 tahun yang lalu harus aku lewati.

Thanks to all my friends, atas semua bantuan kalian selama ini dan juga doa2 kalian. Now, I can reach my dream to study abroad.

2 thoughts on “Sebuah Cerita dari Pembekalan Pra Keberangkatan LIPI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s