Makna dari sebuah kegagalan..

Kegagalam itu adalah sebuah sukses yang tertunda buat sebagian orang, terkadang kegagalan itu adalah sebuah kesedihan buat sebagian orang. Apalagi gagal dalam meraih mimpi-mimpinya. Namun dibalik kegagalan itu sebenarnya ada sebuah hikmah dan pelajaran kehidupan yang dapat kita ambil untuk tidak menggulangi lagi kegagalan itu.

Tak terhitung berapa banyak kegagalan yang pernah aku dapatkan, mulai gagal masuk SMU Unggulan di Jogja, gagal masuk jurusan yang aku inginkan saat UMPTN dulu, gagal mendapatkan NEM dan IPK melebihi kakakku, gagal dapat beasiswa saat umur 25 tahun, gagal dapat beasiswa ke Negara impianku (German), gagal berkali-kali apply beasiswa dsb.

Dulu sering marah-marah, kenapa aku bisa gagal mendapatkan apa yang aku inginkan, sebel karena doaku tidak dikabulkan sama Allah. Namun kini, saat aku ingat kegagalan-kegalan itu, aku bersyukur bahwa kegagalanku itu telah membawaku di tempat ini dan keadaan sekarang. Jika saja Allah menggabulkan doaku dulu, mungkin aku tidak seperti sekarang ini.

Mungkin saja aku tidak bertemu sahabat-sahabat terbaikku, jika aku sekolah di SMU unggulan itu. Mungkin aku tidak akan bisa kerja di Biomat-LIPI, jika aku kuliah di jurusan yang aku inginkan. Mngkin saja aku tidak bertemu mozaik-mozaik terindah yang aku temukan di CCF Salemba, jika aku dapat beasiswa ke German. Mungkin saja aku tidak akan belajar bahasa Perancis jika aku dapat beasiswa ke German dll.

Dari situlah aku mensyukuri setiap kegagalan yang aku peroleh. Karena ada jalan terindah yang bakalan aku peroleh setelah aku melewati kegagalan demi kegagalan ini. Aku yakin Allah telah memberikan jalan terbaik buatku, walau terkadang jalan itu menurutku bukan terbaik. Namun Allah maha mengetahui jalan terbaik buat umat-umatnya.

Setiap merasa gagal meraih sesuatu, hanya sama Allah aku bercerita dan menyerahkan semua urusanku pada-Nya. Tak lupa juga bercerita pada kakak terhebat dan seorang sahabat yang jauh disana. Bercerita pada mereka, dengan sebuah harapan dapat mengurangi beban yang aku pikul. Hal yang paling aku sukai di saat merasa gagal adalah baca buku dan blog walking. Dengan hal itu, aku banyak mendapat pencerahan, bahwa di luar sana masih banyak orang-orang yang tidak beruntung dan terkadang menemukan kata-kata bijak yang mampu membuatku bersemangat lagi untuk memulai perjuangan hidup ini.

Ada beberapa kata-kata bijak yang aku dapatkan hari ini, antara lain (http://www.eramuslim.com/oase-iman/m-arif-as-salman-jangan-pernah-menyerah.htm) :

  • Yakinlah kesulitan itu akan berlalu, masa-masa susah itu tidak akan sia-sia jika kita lewati dengan jiwa perkasa dan hati yang teguh. Bahkan, kita akan menjadi orang-orang yang matang dan bijak melebihi usia kita. Kita hanya perlu menghadapinya dengan jernih dan hati yang mantap. Apa yang dulu yang pernah kita cita-citakan dalam hidup, yakinlah bahwa suatu saat nanti kita pasti bisa meraihnya. Percayalah akan kemampuan diri kita. Kita hanya perlu bersabar menjalani untuk sampai pada tujuan kita.
  • Tapi percayalah, jika hari ini kita belum bisa meraihnya, yakinkan diri bahwa esok kita pasti bisa meraihnya. Jika esok belum dapat diraih, jangan pesimis, selama kita masih hidup, selama kemauan itu masih kita jaga dan pertahankan, insya Allah suatu hari nanti, kita akan tampil juga di puncak kegemilangan seperti yang pernah kita dambakan dulu.
  • “Selama cita-cita dan kemauan keras untuk mencapainya masih Anda jaga, yakin dan percayalah bahwa suatu hari nanti cita-cita itu akan berada dalam genggaman Anda.”

So, jangan menyerah untuk apa yang kita impikan. Kalau hari ini kita gagal meraih mimpi kita, yakinlah suatu saat pasti bisa meraihnya. Kegagalan bukan akhir dari segalanya. Teruslah berusaha teman..

3 thoughts on “Makna dari sebuah kegagalan..

  1. Sabar dik, insyaAllah nanti dapat gantinya..I know what do you mean in this article. Tetap semangat dan terus berjuang. I want to see your smile🙂

Leave a Reply

