Efek Teknologi

Dalam setiap kemajuan teknologi selalu saja berhadapan dengan dua sisi mata uang. Ada efek negative dan ada efek positifnya. Akhir-akhir ini banyak sekali pemberitahuan di media massa mengenai facebook, mulai dari penculikan anak gadis yang dibawa pergi cowok yang dia kenal di jejaring sosial sampai berita perselingkuhan artis dengan pengacaranya dan diketahui istrinya dari status mereka di facebook.  Waduh ko malah menggosip ya hehe.

Facebook, friendster dan Blog, adalah gaya hidup modern akhir-akhir ini. Coba deh kita lihat, di mana-mana orang pasti pegangannya HP trus update status deh. Lagi makan di restaurant A, lagi nonton film B, lagi bête dan lain-lainnya. Itu adalah beberapa contoh status yang sering banget aku baca. Terkadang facebook dijadikan tempat curhat oleh sebagian orang. Mengekspresikan perasaan kita dengan bebas.

Selain status, facebook juga dijadikan ajang pamer foto-foto. Setiap melewati peristiwa penting dalam hidupnya, kita selalu berfoto-foto ria. Kemudian di uploadlah ke dalam facebook. Trus tag beberapa teman-teman kita yang ada dalam foto itu. Wajar sih, seperti kasus kemarin. Saat kami anak-anak BGF 2010 melihat pameran foto di CCF. Saat tahu bahwa duta besar Perancis datang, tanpa ingin melewatkan kesempatan, kami meminta foto sama beliau. Lucu sekali saat lihat ekpresi Rona, Zufri dan Agung berfoto dengan dubes Perancis. Mungkin kesempatan yang jarang sekali didapatkan ya hehe..Tidak aku pungkiri, banyak sekali album foto di facebookku, yang kebanyakan isinya adalah foto-foto anak-anak BGF yang lagi pada gila semua hehe..

Ngomong-ngomong soal foto, ada satu pengalaman dari temanku yang baru aku baca barusan. Dan itu membuatku untuk segera menganti settingan dari foto-foto yang aku upload. Foto-foto yang selama ini ada di facebookku ternyata bisa bebas dilihat orang, walau dia bukan temanku. Waduh, berabe nih. Akhirnya aku ubah settingannya, hanya yang menjadi temanku saja yang bisa melihat foto-foto tersebut. Sehingga aku bisa menggontrolnya. Maklum temanku tidak banyak hehe.. Aku rada pilih-pilih teman sih, kalau ga aku kenal ya aku ignore saja hehe.. Bukan apa-apa sih, aku hanya pengen berteman dengan orang-orang yang aku kenal.

Balik lagi ke pengalaman temanku itu, temanku itu merasa dirugikan karena foto dia dipakai sebagai ilustrasi di sebuah artikel majalah tanpa seijin dia. Baca saja di http://triyanifajriutami.wordpress.com/2010/02/13/hati-hati-ya-kalau-pasang-gambar-atau-foto/, untuk cerita lebih rincinya. So berhati-hatilah kalau mau upload foto.

Itu sedikit efek negative dari facebook, namun tentu saja ada efek positifnya kan? Yup, membuat kita bisa bertemu teman lama walau hanya di dunia maya. Berbagi cerita di note dan foto2, itu yang aku dapatkan saat aku bergabung dalam jejaring sosial ini. Berkenalan dengan beberapa teman di Grenoble, bisa melihat kota-kota indah di Perancis (walau hanya lewat foto ya hehe), sampai bisa melihat serunya bermain ski di Norwegia.

Semua itu balik lagi ke pribadi masing-masing. Selama masih bisa mengontrol diri agar tidak kecanduan pasti efeknya akan positif dari setiap kemajuan teknologi. Intinya berhati-hatilah memberi informasi pribadi Anda, berhati-hatilah dalam mengupload foto dan berhati-hatilah dalam memilih teman.

———————————————————————————————————————————————–

14 February 2010, ditemani lagu “L’encre De Tes”

2 thoughts on “Efek Teknologi

  1. jejaring sosial adalah yg paling rawan mba.. karena di sanalah tempat berjubelnya foto2 pribadi yang harus diakui sebagian besar adalah muncul dari kenarsisan. lagipula foto2 kita itu disimpan dalam database di luar negeri yg kita tidak tahu apa yg mereka lakukan terhadap foto2 kita. contohnya facebook, yg merupakan perusahaan privat, bukan publik, artinya segala kendali ada di CEOnya.

    note di facebook juga kurang mengena kalo niatnya untuk berbagi, karena tidak terindeks oleh mesin pencari. oleh karena itu, aku lebih memilih blog untuk bercerita yang menurutku lebih bermanfaat untuk banyak orang krn terindeks oleh search engine dan bisa diakses banyak orang tanpa harus khawatir kehidupan pribadinya akan terkuak, hihi.

    aku sudah sangat meminimalisir fotoku di blog, kuantitas sangat sedikit, sampai kubuat tak ada link dan fotonya kecil. eh, tetep aja ada yg comot tanpa ijin, kebetulan di ceritaku saat berkunjung ke tempat wisata di Korsel dan lihat posenya deh, bukan tampang narsis. namun alhamdulillah Allah SWT mengirimkan pesan melalui teman2, yg memberi tahuku ttg insiden itu. kalau tidak, gimana aku bisa tahu?

    yah..ini pengalaman buat siapa saja mba..bahwa internet bukan tempat yg aman, jadi harus benar2 hati2. maaf ya komennya terlalu panjang, tapi kalau mo ditaruh note di mba trias juga gpp😉

    1. Menurutku tergantung penggunaanya sih. jejaring sosial seperti facebook jika digunakan dengan baik, akan bermanfaat juga. Ga bisa mengeneralisasikan semuanya itu negatif, karena perkembangan teknologi mempunyai dua sisi mata uang. Yang salah dari perkembangan teknologi adalah penggunanya bukan medianya hehe..

      untuk masalah foto bisa diatasi dengan memberi pengenal di foto-foto kita, seperti yang beberapa teman-temanku gunakan. Mereka selalu menandai foto mereka dengan nama mereka. Banyak sekali fotographer yang mengupload foto2 mereka di blog, namun tetap saja ada yang menggunakan tanpa minta ijin pemiliknya. Sapa yang salah? Media kah atau orang yang menggambil foto tersebut?

      Aku suka nulis di note ataupun di blog. Kalau aku hanya ingin berbagi dengan teman-temanku, ga perlu aku publish di blog. Kalau lagi ingin nulis di blog ga perlu di publish di note. Kadang aku publish juga di dua tempat itu. kedua media itu sama saja buatku, bukan untuk masuk ke dalam search engine sih tujuanku menulis di blog. Hanya buat menulis dan menulis saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s