Qu’est-ce que tu rêves en 2010?

Pelan dan pasti tahun 2009 akan segera berakhir. Ada banyak kenangan dan kejadian yang sudah kita alami. Entah itu baik ataupun buruk. Semua itu memberikan banyak pengalaman dan pelajaran dalam kehidupan kita. Belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama dan berusaha untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dari kemarin.

So, apa mimpi kalian di tahun 2010 ? iseng pertanyaan itu aku tujukan pada beberapa teman-temanku. Ada yang bilang ingin nikah, punya anak, jadi PNS, dapat beasiswa, bisa keluar negeri, dan lain-lainnya (kalau disebutkan disini ga cukup satu halaman sepertinya hehe). Setiap orang pasti akan berbeda mimpinya karena tujuan hidup setiap orang juga berbeda. Tapi tidak baik kalau kita menghakimi mimpi orang dengan mengatakan, ah ga mungkin kamu bisa dapat. Karena hal yang tidak mungkin dimata kita bisa jadi mungkin di hadapan Allah. Biarkan Dia yang menentukan apakah mimpi kita itu akan terwujud atau tidak. Kita hanya perlu berusaha, berdoa dan berjuang, untuk hasil biarlah Allah yang menentukan.

Ini adalah tahun ketigaku membuat daftar impianku, kebiasan dari seorang teman yang telah menular padaku sampai saat ini. Ternyata dengan membuat daftar impian membuat kita makin tahu tujuan yang akan kita capai, apapun mimpi itu. Dan saat-saat menjelang akhir tahun, kita bisa instropeksi ke diri kita apa yang menyebabkan mimpi kita gagal dan bagaimana memperbaikinya. Sehingga di tahun depan kita bisa memperbaikinya. Saat mimpi kita berhasil, kitapun bisa merubahnya dan mengganti dengan impian yang baru.

Dipenghujung tahun 2009 ini, saat baca daftar impian yang aku buat setahun yang lalu (dengan 1 kali perubahan), ada beberapa mimpiku yang bisa terwujud di tahun ini dan ada beberapa mimpiku yang belum terwujud (karena baru bisa tahun depan terwujudnya hehe). Membuatku teringat komentar seorang teman tentang daftar impian tersebut. Menurut dia, aku terlalu rakus membuat daftar impian. Daftar banyak universitas dan beasiswa pula. Sehingga tahun ini cukup 5 mimpiku saja ditahun 2010. Mimpi itu adalah lulus Delf B2, pergi ke menara Eiffel dan musée du Louvre (tentu saja semuanya di Paris hehe), main ski di pegunungan Alpen, lulus semua mata kuliah di program master dan naik TGV (kereta super cepatnya Perancis).

Jadi, apa mimpi kalian di tahun 2010? Kalau mau tulis aja di komen, sehingga tahun depan kita bisa lihat lagi mimpi kita ini.

“Jangan takut untuk bermimpi besar, sebab orang yang tak punya mimpi berarti tidak punya cita-cita dan masa depan” (Wiwid Prasetyo dalam buku Orang Miskin Dilarang Sekolah).

7 thoughts on “Qu’est-ce que tu rêves en 2010?

    1. @ Yani :
      Amien.. Setiap orang pasti ingin jadi yang terbaik.. Hai kemana aja Ya? Ko dah lama ga online nih🙂 O iya dah tahu kan Dany, akhirnya menyusul kamu ke Korean.. Wuih bisa ketemuan tuh🙂

  1. Apa kabar adikku? Masih semangat menaklukan bahasa Perancis? seperti yg pernah gw bilang dik, bermimpilah terus dan kejarlah mimpi lo itu.. Tidak terasa ya dik, akhir tahun ini gw bisa ketemu lo di Perancis.

    1. @ mas Adrian

      Alhamdulilah baik mas, hanya lagi flu dan sibuk ujian kenaikan tingkat. Yup masih semangat mas, doain ya bulan juni lulus delf B2. yoi mas, ga terasa waktu cepat berlalu. InsyaAllah trias bisa memenuhi janji trias dulu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s