Study In Japan

Sabtu, 3 Oktober 2009, aku sempat main ke JCC buat datangi pameran pendidikan Jepang 2009. Padahal niat awalnya si pengen ambil kerupuk balado alias kerupuk sanjai dari Uni Deni aja hehe. Pameran kali ini diadakan hanya sehari. Lumayan banyak si yang datang, kebayakan orang tua dan anak-anaknya. Ehm wah orang tua jaman sekarang dah melek mata juga, untuk menyekolahkan anak mereka di luar negari. Mungkin karena biaya kuliah di luar negeri yang hampir sama dengan biaya kuliah di Indonesia kali ya yang menjadi alasan mereka. Apalagi di luar negeri ada beasiswa dan bisa kerja part time (sebagian negara memperbolehkan kerja part time, namun sebagian lagi ga memperbolehkan sih).

Pameran ini diikuti 18 universitas, 13 lembaga pendidikan Jepang dan 5 lembaga lain seperti Japan student Services Organization (JASSO); Association of Indonesia Alumni from Japan (PERSADA); Embassy of Japan; The Japan Foundation; The Center of Japanese Studies, University of Indonesia . Kedelapan belas universitas tersebut meliputi Hokkaido University (www.hokudai.ac.jp) , Yamagata University (www.yamagata-u-ac.jp) , The University of Tokyo (www.u-tokyo.ac.jp) , Japan Advanced Institute of Sciences and Technology (www.jaist.ac.jp) , Shizuoka University (www.shizuoka.ac.jp) , Nagoya Institute of Technology (www.nitech.ac.jp) , Kobe University (www.kobe-u.ac.jp) , Kyushu University (www.kyushu-u.ac.jp) , Kumamoto University (www.kumamoto-u.ac.jp) , Kokushikan University (www.kokushikan.ac.jp) , Takushoku University (www.takushikan.ac.jp) , Chuo University (www.chuo-u.ac.jp) , Waseda University (www.waseda.jp) , Kyoto Gakuen University (www.kyotogakuen.ac.jp) , Doshisha University (www.doshisha.ac.jp) , Ritsumeikan University (www.ritsumei.jp/index_i.html) , Ritsumeikan Asia Pasific University (www.apu.ac.jp/admissions)  dan Hakuho University (www.hakuho.com). Untuk mengetahui universitas tersebut mempunyai jurusan yang sama dengan minat kita silakan klik websitenya masing-masing universitas tersebut.

Beasiswa biasanya hanya menanggung sebagian biaya kuliah atau biaya hidup saja, sedangkan beasiswa yang menanggung keseluruhan biaya selama belajar di Jepang sangat jarang. Oleh karena itu pertimbangkanlah dengan baik berapa biaya keseluruhan untuk belajar dan hidup di Jepang serta rencanakanlah secara tepat tanpa harus tergantung pada beasiswa.

Cara pelamaran beasiswa ada dua macam, yaitu pelamaran sebelum kedatangan (beasiswa yang diajukan sebelum kedatangan di Jepang dan diajukan dari luar Jepang, jumlahnya sangar terbatas) dan pelamaran setelah kedatangan (beasiswa yang diajukan setelah kedatangan di Jepang).

Beasiswa yang bisa dilamar sebelum kedatangan di Jepang ada 4 jenis yaitu beasiswa dari Pemerintah Jepang melalui Minbukagakusho; Program Reservasi dari MEXT untuk mahasiswa asing biaya sendiri; Lembaga Pemerintah Daerah & Lembaga Swasta; dan Program pertukaran mahasiswa (jangka pendek). Untuk program beasiswa dari pemerintah Jepang ada dua jenis yaitu rekomendasi dari Kedubes Jepang dan Rekomendasi Universitas dari Jepang. Informasi lebih detail bisa dilihat di website Lembaga Diplomatik terdekat (www.mofa.go.jp/mofaj/link/zaigai/index.html); Universitas asal anda; JASO Student Exchange Programs Planning Division, Student Exchange Division. Daftar pemberi beasiswa bisa dilihat di website JASSO (www.jasso.go.jp/study_j/scholarships.html). Untuk mencari beasiswa dapat mengakses website www.jpss.jp.

Kemarin sempat lihat pemutaran DVD belajar di Jepang juga. Lihat kehidupan kampus di Jepang, jadi membayangkan uni Titik dan Dede yang bentar lagi bisa merasakan atmosfer kuliah di Jepang (ehm Jadi pengen ni). For Uni Titik dan Dede : good luck for your study. Semoga apa yang kalian cita-citakan dan impikan bisa terwujud. Special for Uni Titik : kabar-kabari kalau dah lahiran ya un. Semoga Uni diberi kemudahan melewati kehidupan di Jepang. Keep contact ya Un.

Buat teman-teman yang lagi berusaha mendapatkan beasiswa, jangan pernah menyerah, tetap semangat dan coba lagi walau masih gagal. InsyaAllah kalau sudah waktunya akan di beri kemudahan.

2 thoughts on “Study In Japan

  1. permisi ka^^,

    saya mau bertanya, apa kah kaka punya ifo mengenai pelajar indonesia yang mendapat beasiswa di jepang?

    apakah sulit untuk medapat pekerjaan part time di jepang? (sebagai seorang pelajar tentunya)
    1 lagi, untuk hidup mandiri apa saja modal yang diperlukan ?

    sebelumnya terima kasih ^^

    1. @ Achan : sepertinya banyak ko orang Indonesia yang kuliah di Jepang. Mungkin kamu bisa cari di milis beasiswa di Yahoo group. Dan bisa menanyakan di milis tersebut. Aku kurang tahu soal biaya hidup di jepang, karena aku belum pernah tinggal di sana dalam waktu yang lama.. Good luck ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s