Catatan Hari Pertama Kursus Intensif BGF 2009-2010

7 September 2009, adalah hari pertama bagi kami penerima beasiswa BGF 2009-2010 untuk mengikuti kursus intensif bahasa Perancis di CCF Salemba. Hari ini adalah hari kedua kami bertemu di CCF setelah briefing pada bulan Juli kemarin. Kursus intensif ini diikuti oleh 10 orang terdiri dari 7 orang penerima BGF dan 3 orang dari BAPPENAS. Awalnya yang dari BGF ada 9 orang, tapi ternyata ada 2 orang yang mengundurkan diri dengan alasan ada yang memilih beasiswa lain dan ada yang memilih pekerjaan baru. Kesepuluh orang tersebut adalah Yogi, Zufri, Agung, Pipit, Trias, Arina, Dina, Rona, Maya dan Hery *Kalau ga salah si namanya itu, maaf pak beneran lupa ni hehehe*

Hari ini hanya diisi dengan perkenalan dengan direktur CCF, jalan-jalan di CCF (padahal tempatnya kecil lho, ngapain muter-muter coba hehehe) untuk mengenal ruangan di CCF seperti ruang kelas, médiathéque, cinema, dan café. Selain itu juga dijelaskan mengenai peraturan-peraturan yang harus kami taati selama mengikuti kursus ini. Dari datang yang ga boleh telat (dengan alasan apapun juga), jaga sikap di kelas selama pelajaran berlangsung, harus ngerjain tugas, harus nulis surat ijin kalau tidak masuk kelas yang suratnya nanti ditujukan ke SCAC dan tentu saja direktur CCF, dll (yang ga bisa aku sebutkan disini karena begitu banyak peraturan yang dibuat hehe).

Pertemuan pertama kali diisi oleh Madame Brault yang membagikan buku yang akan digunakan dan selebaran berisi catatan hari libur buat kami (lumayan lah bisa buat rencana beli tiket pulang kampung hehehe). Di sini buku yang digunakan adalah buku Alter ego, berbeda dengan kursus regular yang biasa kita ikuti yang menggunakan buku Echo. Dalam buku Alter ego ini memang disusun untuk mempercepat pemahaman kita menggunakan bahasa Perancis dalam keseharian dan tentu saja dalam situasi perkulihan juga.  Madam Brault juga menjelaskan bahwa untuk bisa berangkat ke Perancis, kami wajib lulus Delf B2, untuk beberapa universitas ada yang mensyaratkan harus lulus Dalf C1 (untung kampusku ga mensyaratkan itu). Tapi aku dapat tantangan dari seorang teman yang beramanya Riza A. Putranto, kalau bisa lulus Dalf C2 (ehm bisa ga ya, tapi coba aja dulu. Toh ga ada salahnya kan pasang target tinggi hehehe). Kursus ini ada dua sesi, sesi pertama dimulai tanggal 7 September 2009 sampai 2 Juni 2010, yang kemudian dilanjutkan dengan test Delf B1 pada tanggal 10 Juni 2010 serta test Dalf C1 tanggal 11 Juni 2010. Sesi kedua dimulai pada tanggal 17 Juni 2010 sampai 13 Agustus 2010.

Pada saat kami mengelilingi médiathéque, kami dijelaskan mengenai seluk beluk médiathéque dan CCF. Dari acara-acara yang biasa mereka selenggarakan sampai buku-buku, majalah, CD, DVD, dan MP3 (ini semua dalam bahasa Perancis lho hehehe). Di médiathéque ini, kami bisa meminjam buku ataupun audio yang ada. Semua fasilitas di médiathéque dapat kami gunakan setelah kursus. Selain itu kami juga mengunjungi cinema tempat diputarnya film-film berbahasa Perancis setiap hari Sabtu jam 13.00. Tenang aja, ada translatenya ko, tapi dalam bahasa Inggris ya hehehe..setelah selesai berkeliling, kami masuk ke kelas dan bertemu dengan guru yang akan mengajar kami untuk beberapa bulan ke depan.

Untuk tingkat pemula ini kami akan diajar oleh Madame Sufni (hayo yang ngaku alumni BGF pasti tahu kan). Dari cara beliau ngajar bisa dilihat bahwa beliau ingin kita bisa lulus Delf B2. Hari pertama ini kita hanya sampai jam 12 siang. Tapi mulai besok sampai selesai, kursus intensif ini akan dimulai jam 8.00 – 15.00 kecuali hari Jum’at yang akan dimulai lebih awal.

Pelajaran hari ini hanya diisi dengan perkenalan dan latihan baca huruf dalam bahasa Perancis (Ya seperti anak TK lah). Khusus untuk Maya, ini aku kasih contoh memperkenalkan diri dalam bahasa Perancis :

Je m’appele Triastuti         (My name is Triastuti)

Je suis chercheur                   (My job is researcher)

Je suis Indonésienne         (My nationality is Indonesia)

J’habite a Bogor                   (I live in Bogor)

Untuk menanyakan nama kita gunakan : Vous vous appelez comment?

Untuk menanyakan pekerjaan digunakan : Quelle est votre profession?

Untuk menanyakan kewarganegaraan : Quelle est votre nationalité?

Untuk menanyakan tempat tinggal : Vous habitez ou?

Itulah catatan hari pertama kami kursus intensif di CCF. Perjalanan kami masih panjang untuk bisa ke Perancis tahun depan. Jangan harap deh bisa ke Perancis kalau kita ga lulus Delf B2. Bahasa sangat penting sekali buat komunikasi.

Beberapa hari yang lalu Riza menasehatiku untuk menggunakan bahasa Perancis dalam berkomunikasi dengan supervisor trias, karena dengan cara itu kita bisa mempersempit jurang pemisah antara kita dengan supervisor kita. Dan Riza memintaku untuk bercerita mengenai bahasa Perancis setelah 3 bulan kursus intensif. Ok deh, tiga bulan setelah kursus ini aku akan kembali bercerita bagaimana belajar bahasa Perancis itu.

14 thoughts on “Catatan Hari Pertama Kursus Intensif BGF 2009-2010

  1. selamat kursus mba🙂
    senengnya bisa bobo siang:mrgreen:

    oya mba, bukunya kok dinamain alter ego? aku taunya alter ego tu dimiliki oleh orang2 berkepribadian ganda (halah, kebanyakan baca novel psikologi, hihi)
    so, what is it mean?

    1. ye, bisa bobo siangnya cuma kemaren doang Yan.. setelah itu ga ada lagi ko, hbsnya pulangnya jam 3 sore gt. Apalgi kalau ada PR, pasti deh bisa-bisa pulang lebih dari jam itu🙂

      Artinya Alter ego aku ga tahu Yan.. Di bukunya ditulis gt sih🙂

  2. Salam kenal mbak! Tahun 2009 saya juga mencoba BGF, tapi belum berhasil. Saya coba lagi untuk 2010. Boleh tahu, jurusan yang mbak ambil apa? Dan selama setahun persiapan bahasa, selain les apalagi yang mbak lakukan? Sempat kerja sambilan misalnya?
    Merci.

    1. Hai Salam kenal juga..

      Aku ambil jurusan Geomechanic, Civil Engineering and Risk. Kalau dah masuk kursus intensif jangan berfikir untuk kerja sambilan deh🙂 soalnya banyak PR dan bahasa Perancis itu susahnya minta ampun. Jadi ya ga ada yang aku lakukan selain kursus bahasa hehehe

      Good luck ya..

  3. Halo…mBak Trias…

    Bonjour..Comment Ca Va..salam kenal mbak..
    wah senengnya mau ke perancis tahun depan..aku pengen ikutan program tapi kendalanya di pendidikan..syaratnya harus S1 kan ya?…yang rajin aja deh mbak belajarnya biar makin cihuy percakapannya,hehhe…

    Au Revoir,..

    Bien amicalement

    Rian

    1. Bonjour, Rian

      Ca va.. salam kenal juga ya..
      Iya ni, InsyaAllah tahun depan ke Perancis.. Kalau mau ambil master tentu saja harus lulus S2, begitu juga kalau mau ambil S3, syaratnya tentu harus lulus S2 dulu.

  4. halo mba trias,

    senangnya dag sampe di tahap kursus france..aku jg pengen dapet scholarship ke france btw klo BGF itu apakah hanya untuk PNS yah mba? trims infonya. bonne chance !!

    anov

  5. Bonjour,

    Comment allez vous? J’espere tres bien
    mau nanya kalo aq sekarang udah kerja di sektor swasta ngajuin BGF bisa ga ya mbak? merci

      1. Moi, ca va bien aussi merci, mbak aq ad temen di perancis dia kasih materi & kenalin prof tapi beasiswa aq cari sendiri dulu dr indonesia, sebenernya sih materinya cocok jg dengan background S1 ku, tetapi sdh ga cocok dgn pekerjaan ku sekarang saran mbak gmn ya? dulu sekitar th2004 pernah apply bareng temen di univ tapi berkasku katanya ada yg kurang th depan suruh apply lagi tapi keburu kerja cari duit, sekarang koq dikasih materi dari temen muncul lagi keinginan utk k perancis.

  6. Mba trias,
    kalau mau cari buku Alter Ego di pasaran indonesia di mana ya?
    apa harus lewat ebay/amazon?
    Thanks before..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s