Info Beasiswa BGF 2010

Menurut website TV one tanggal 28 Mei 2009, pendaftaran beasiswa dari Pemerintas Perancis atau “Bourses du Governement France (BGF)” tahun 2010 untuk jenjang S2 dan S3 akan dibuka pada bulan November 2009. Beasiswa ini diberikan kepada pejabat pemerintah, dosen, mahasiswa, dengan prioritas kepada mereka yang terlibat dalam program kerjasama antara Perancis dan Indonesia.

Beasiswa ini memprioritaskan pada bidang studi rekayasa (manajemen air, agronomi, teknik sipil, teknologi informasi), ilmu pengetahuan (bioteknologi, komunikasi, lingkungan hidup, resiko bencana dan manajemen, energy), administrasi, ekonomi, hokum dan ilmu politik.

Adapun persyaratan beasiswa ini antara lain adalah minimum lulusan s1 untuk apply S2 dan lulusan S2 untuk apply S3; lancar berbahasa Inggris atau Perancis; usia kurang dari 35 tahun; minimum GPA (IPK) 3 (kecuali untuk ilmu-ilmu dasar IPK min 3,5 ). Tim seleksi akan memberikan prioritas kepada pelamar yang sudah mengindentifikasi program master atau PhD dan sudah mempunyai kontak dengan professor di Perancis (atau yang sudah memiliki surat penerimaan dari universitas di Perancis).

Prosedur seleksi ada dua tahap. Tahap pertama adalah seleksi berdasarkan formulir aplikasi dan dokumen. Tahap kedua adalah tahap wawancara mengenai motivasi kita untuk melanjutkan studi di perancis (dalam bahasa Inggris atau Perancis). Wawancara ini diadakan di Jakarta, biaya akomodasi dan transportasi dari tempat kita tinggal sampai ke tempat wawancara yang menanggung kita sendiri lho.

Formulir aplikasi dapat didownload di www.ambafrance-id.org, klik “Etudier en France atau Belajar di Perancis”. Selain itu dapat juga di download di websitenya campusfrance (http://indonesia.campusfrance.org/) klik beasiswa ke Perancis. Cek di website tersebut pada bulan November untuk mendapatkan formulir aplikasi terbaru.

Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan antara lain adalah CV, motivation letter (1 lembar), Research project (2-3 halaman), project professional (rencana pekerjaan, 1 halaman), bukti korespondensi (bila ada) dengan dosen di perancis dan bukan dengan bagian secretariat/administrasi kampus, fotokopi ijazah SMU dan ijazah perguruan tinggi, transkrip nilai (dalam bahasa Inggris), sertifikat DELF, DALF, TOEFL dll (kalau ada), foto 3 x 4 (1 lembar), dan fotokopi akte kelahiran (dalam bahasa Indonesia).

Menurut pengalamanku ni, teman-teman yang dipanggil wawancara tahun ini rata-rata ada yang sudah bisa bahasa Perancis dan sudah kontak dengan professor di perancis. Jadi usahain mulai sekarang untuk menjalin kontak dengan professor di Perancis atau setidaknya mulai mencari universitas tempat kita akan kuliah nanti. Pencariaan universitas ini banyak memakan waktu, karena kebanyakan website universitas di Perancis menggunakan bahasa Perancis. Kalaupun ada yang menggunakan bahasa Inggris, sedikit sekali informasi yang kita dapatkan. Namun semua itu jangan membuat patah semangat, kita bisa menghubungi kontak person dalam website tersebut, kemudian kirim email dengan berbahasa Inggris dan menanyakan apakah kampus tersebut mempunyai jurusan dan peneltian yang sesuai dengan yang kita mau. Atau kalau ada banyak waktu bisa tu minta bantuan google translate untuk menerjemahkan, atau meminta bantuan teman kita yang sudah bisa berbahasa Perancis untuk mengartikan. Selain itu kita bisa juga meminta bantuan campusfrance di CCF Salemba untuk membantu kita mencarikan universitas yang kita inginkan.

Siapkan saja dari sekarang motivation letter, research project dan project professional. Karena ketiga dokumen inilah yang berperan penting dalam keberhasilan kita mendapatkan beasiswa BGF ini. Jangan lupa minta orang lain membaca ketiga dokumen tersebut, bisa saja mereka mau memperbaiki tulisan kita dan membuatnya lebih enak untuk dibaca. Itu berdasarkan pengalaman trias lho hehe.

Rata-rata yang mendapatkan beasiswa ini sekitar 9-15 orang. Tahun 2008 yang diterima ada 9 orang kemudian tahun 2009 yang diterima ada 12 orang untuk program master (S2) dan 3 orang untuk program PhD, dari 12 orang tersebut yang berangkat tahun ini juga ada 3 orang (dengan syarat dah bisa bahasa perancis dan sudah mendapatkan letter of acceptance dari universitas di perancis). Tahun 2009 yang mendaftar ada sekitar 250 orang, lebih sedikit dari ADS lho yang bisa sampai 4000 orang, tapi yang diterima ADS juga besar si sekitar 300 orang. Jadi sama aja deh perbandingannya.

Semoga bermanfaat buat yang lagi nyari beasiswa, atau yang ingin mengikuti jejaknya Andrea Hirata untuk kuliah di negaranya Tuan Sarkozy. Jangan takut hanya karena jilbab anda semua mundur sebelum mencobanya. Kemarin pas briefing dengan kandidat penerima beasiswa BGF 2009, ada teman trias yang berjilbab dapat beasiswa ini juga ko. So jangan jadikan alasan tersebut untuk tidak mencobanya. Yang tidak bisa berbahasa Perancis jangan takut dulu, tenang aja ntar juga dikursusin ko selama setahun. Yang TOEFLnya belum nyampai 550 juga jangan minder, disini ga ada skor minimal TOEFL (tahun kemarin si ga ada, tapi gatahu juga ya tahun ini. Cek lagi aja form terbaru hehehe).

Good luck ya and see you all in France hehehe..

37 thoughts on “Info Beasiswa BGF 2010

  1. mba trias tanya dong..
    isi yg biasanya dimuat didalam Research Project dan Project Professional itu apa aja?
    makasih atas jawabannya🙂

    1. Research project biasanya berisi pendahuluan (latar belakang), tujuan, metode penelitian, referensi, lokasi penelitian, dan pembimbing.

      tentang isi project profesional adalah rencana pekerjaan kamu setelah lulus master kamu ingin melakukan apa dan jadi apa.

    1. iyalah pakai bahasa Inggris, kan mereka ga ngerti bahasa Indonesia. Kecuali Anda mau sekolah di Indonesia ya ga usah diterjemahin ke dalam bahasa Inggris atau Perancis.

  2. maaf mbak trias, aku mau tanya, di salah satu prioritas ilmu studinya kan ada public administration. nah itu kan bukan research degree. apa BGF ini hanya khusus untuk yang ambil research degree ya? karena saya liat ada syarat proposal penelitian… thanks sebelumnya🙂

    1. @ Zakina.

      Ga juga ko. BGF bisa buat non research. Hanya saja biasanya bikinnya bukan research project tapi lebih ke project professional.. Gini aja, kamu coba hubungi campus france di CCF Salemba Jakarta. Mereka akan menjelaskan secara detail tentang beasiswa BGF.

  3. bonjour mlle trias,

    mo naya nich, klo mau ambil jurusan sastra atu pendidikan bahasa di frence, ngelanjutin s2 yang cocok dimana yach.

    merci avance.

  4. mba trias mw nanya nih..
    klo beasiswa BGF ini ada jurusan yang berhubungan dengan program spesialis kedokteran gt ga??
    Thanks..🙂

  5. Bonjour Melle Trias……..
    J’ai ouvert ton histoire d’obtenir la bourse du gouvernement francais, par hasard. Si je ne suis pas trompee, peut etre tu n’as pas encore obtenu la certificate de Toefl International de 550 mais tu as reussi n’est ce pas pour la bourse?? Comment ca se fait. Je suis en train de candidater a cette bourse mais j’etais tres triste et bloquee de savoir que l’une des contidions obligatoires est qu’on a cette certificate, si non, le SCAC ne peut pas promettre qu’on a l’occasion de passer l’intervieu a cause des documents incomplets pour la premiere selection.

    Pourrais – tu me dire quelque chose…..

    Nerci beaucoup.

    1. @ Yani

      Aku jawab dalam bahasa Indonesia saja ya hehe.. Yup, aku belum pernah dapat TOEFL international 550. Tahun kemarin emang tidak ada persyaratan TOEFL, kalaupun kita punya ya silakan dilampirkan tapi itu tidak wajib. Syarat tahun ini memang nambah satu point, wajib punya TOEFL international.

      Kemungkinan aku bisa dapat beasiswa ini karena aku dah dapat LOA (letter of Acceptance) dari Universitas di Perancis dan sudah punya professor. Setahuku sih, beasiswa ini memprioritaskan orang yang sudah dapat LOA dan professor. Jadi ya aku punya point plus disitu, boleh jadi Toeflku lebih kecil dibandingkan kandidat lain, tapi satu sisi aku dah diterima di universitas di Perancis. Saranku, kalau punya kelemahan di titik tertentu, cari kelebihan di titik lain untuk membuat jury nya terkesan hehe..

      Good luck ya

    1. @ hendr

      saat ngelamar aku sudah menjadi peneliti di salah satu lembaga penelitian di Indonesia. Yup keberuntungan dari kerja keras dan pantang menyerah🙂

  6. Hi,

    Mau nanya. Aku lulus salah program master erasmus mundus tp g dapet beasiswa padahal nilaiku dah tinggi, hanya karena pemerataan gender dan nasionality. salah satu konsorsiumnya university if rennes d prancis. tp tahun kedua g boleh d perancis.
    dah dapet letter of acceptance nya, tgl nyari beasiswanya.
    kira2 BGF bisa andelin ga? makasih….

    1. Hai Angie..

      Aku binggung dengan penjelasanmu. Katanya dah lulus salah satu program master EM, tp ga dapat beasiswanya. Maksudnya gimana? Setahuku kalau dah daftar disalah satu konsorsium, pasti dapat juga beasiswanya. Apa kamu hanya apply ke univnya saja tanpa apply ke konsorsiumnya?

      Trus tahun kedua ga boleh di Perancis. Ehm aku ga paham juga. Setahuku kalau kita keterima EM, kita ga usah mikirin tahun ke dua mau kuliah dimana. karena mereka yang akan memberitahukan kita tempat kuliah tahun kedua.

      Setahuku, jika apply beasiswa EM lewat konsorsiumnya, kemudian kalau dinyatakan dapat beasiswa ya otomastis diterima di universitas yang mengadakan perkuliahan tersebut.

      Kamu dah dapat acceptance letter dari universitas di Perancis ya? Kalau iya, bisa saja apply beasiswa BGF. Malah bisa jadi diprioritaskan lho

      1. Hi mbak,

        Iya dari dinyatakan lulus karena nilaiku baik(9,5/10) koordinatornya bilang, tp karena pemerataan gender dan nationality, jd ada pembagian jatah gt.

        aku masuk reserve list untuk beasiswa dan ada diurutan ke 3, jadi kl ada yg resign baru aku ada peluang dapet beasiswa. Lalu, mereka bilang, km bisa ikut program ini kl km dapet beasiswa dari institusi lain. Nah, krn aku tak mau menyianyiakan waktu, aku bilang akan nyari beasiswa lain…respon mereka memang sangat baik, lgsg ngirim letter of acceptance, dari universitas rennes I, buat bantu aku nyari beasiswa.

        Konsorsium nya ada 3, perancis, italia, dan jerman. pilihan pertamaku kebetulan d perancis. Dari surat tanda terima itu, mereka bilang tahun kedua tergantung materi tesis. kl skrg sih tertariknya ke italia. Aku dah tanya, kira2 kl 2 tahun aku habiskan d perancis bisa atau g, dan ternyata ga bisa…

        Karena perbedaan negara itu lah aku bingung…beasiswa apa yg cocok….
        ragu sih kl BGF bisa ngasih beasiswa selama dua tahun.

        Thank you ya mbak…really need advices…

  7. O gitu.. Sepertinya BGF hanya mau ngasih beasiswa di Perancis saja. Saranku ya, coba apply beasiswa BGF buat kuliah di Perancis selama 1 tahun kemudian kamu coba hubungi univ yg di itali itu. Sapa tahu ada skema lain buat kamu, maksudnya di univ mereka ada beasiswa lain selain EM. Sehingga kamu bisa kuliah di sana untuk tahun ke dua.

    Good luck ya

  8. halo mbak trias, bentuk korespondensi dengan professor apakah cukup dalam bentuk email. dan apakah cukup ketika professor membalas bahwa OK, atau lebih baik kalau sudah ada diskusi mengenai project dan lain sebagainya? mohon informasi. O iya, saya berencana mengambil master. Terima Kasih.

    1. halo Ali..

      Kalau sekedar apply si boleh2 saja, namun belum tentu lolos administrasi karena IPK yang disyaratkan dari beasiswa BGF untuk ilmu2 dasar min 3,5. Jadi ya kalau mau apply beasiswa, apply beasiswa yang syarat2-nya bisa Anda penuhi. Begitu saja saranku..

      1. aduh,,, sayang sekali g bs. padahal sedang di usahakan oleh dosen pembimbing Penelitian saya untuk menghubungi Profesornya di Perancis.
        Klo boleh minta saran, ada alternatif lain untuk beasiswa ke Perancis selain BGF?
        Terimaksih sebelumnya…

  9. @ Alfi

    ehm mungkin kamu bisa coba beasiswa EIFFEL atau kalau ga coba tanya sama prof kamu yang di perancis, sapa tahu ada beasiswa dari universitasnya.. Good luck ya

  10. halo mbak trias
    mo nanya ni mbak, ada gak kursus bahasa perancis gratis yang diselenggarakan pemerintah perancis di indonesia??
    terima kasih..di tunggu jawabannya

    1. Maksudnya kursus gratis apa ya? aku kurang paham dengan pertanyaanmu.. Kalau kamu penerima beasiswa dari pemerintah perancis, pasti dapat kursus gratis ko.. tapi kalau ga, ya tidak ada kursus gratis dari pemerintah perancis.

  11. oya mbak saya sekarang semester 5 jurusan akuntansi.
    saya punya keinginan untuk melanjutkan strata 2 ke perancis, gak tanggung2 mbak saya pengen ke tempat yang udah meluluskan andrea hirata mbak..
    yang menjadi masalah sekarang adalah saya bingung mau mempersiakn apa saja..saya kuliah di PTS mbak, saya juga bingung mau mengambil program S2 nya apa..
    mohon sarannya ya mbak…
    bingung mau nanya ma sapa…

    1. Halo Piwin..

      Ehm, susah juga ya menjawabnya .. kalau persiapan ya, siapkan saja IPK diatas 3, TOEFL 550, mengetahui target jurusan, universitas dan professor dari Perancis.. itu aja sih.. lha yang mau sekolah kan Anda, harusnya Anda sudah tahu mau ambil jurusan apa. Kalau anda bertanya sama saya, ya maaf saya tidak bisa menjawab. Karena background saya adalah teknik bukan akuntansi..

  12. punten mba mau tanya,,
    klo keterangan korespodensi dengan prof di prancis itu adalah balesean imel saja bisa ga mba?
    saya udah ada,,tapi hanya berupa balasan imel,,gimana tuh mba?

    1. hai hayalucu

      yup tentu saja bisa. kenapa ga? kan korespondensi kita menggunakan email, jadi balasan email sudah cukup. Yang penting isi dari email tsb ko.

      1. @hasen: oh begitu,,makasi infonya,,
        tp sbnrny toefl sy baru 510,,he,,tp kmrin sy nekat saja kirim,,
        klo masi rejeki yah dapet,,klo ga dapet msi ad rejeki lain,,
        oia sy mau nanya,,klo misalnya langsung dftr aj univ di prancis tp belum tentu dpt gbf gmn?apakah bisa?
        trus klo jurusan sy engineering kira2 sbnrny ad peluang ato tidak?
        maaf banyak tanya ^^v

  13. @ hayalucu

    Yup tentu saja bisa kenapa ga? tapi kamu harus bilang sama pihak universitasnya bahwa kamu sedang apply beasiswa. Tentu saja ada peluangnya. Saya orang teknik juga ko. No problem lah apapun jurusannya

  14. hai mbak trias salam kenal, gini mak saya mau tanya tentang beasiswa ini tapi justru saya tidak pernah tau harus mulai dari mana..termasuk dalam pemilihan judul yang diminati dan prosedur2 lainnya…
    tolong beritahu secara detail ya mbak…
    terima kasih byk sblumnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s