for my best friend

Kemarin malam and tadi pagi sempat chatting ma temanku. Dia bilang semangatnya lagi down banget. Satu mimpinya adalah mendapatkan beasiswa seperti yang aku peroleh tahun ini. Banyak banget yang dia ceritakan tentang perasaannya saat ini. Aku hanya nyaranin untuk dengerin lagunya “D’masiv” yang judulnya “Jangan menyerah”

Aku bukan fans nya D’masiv si, hanya saja untuk lagu yang satu ini aku suka banget. Dalam banget syairnya, dulu saat semangatku lagi down aku sering banget dengerin lagunya Anggun yang berjudul “Look into yourself”. Lagu ini banyak banget berarti buatku saat aku berada dalam masa-masa berjuang mencari beasiswa.

Saat dengerin cerita temanku, teringat kembali kejadian setahun yang lalu. Kejadian ditolak beberapa beasiswa yang aku ikuti dan ditolak beberapa professor yang hanya mau menerimaku asal aku mendapatkan beasiswa. Sedih pasti lah, ingin menyerah saja rasanya saat itu. Karena perjalanan itu terasa panjang dan berat buatku. Apalagi setiap ketemu teman-teman mereka selalu nanyain kapan trias berangkat. Walah dapat beasiswa aja belum gimana bisa berangkat. Namun sekarang aku dah bisa menjawab pertanyaan itu. Yup, insyaAllah 1 September 2010 aku akan berangkat ke Perancis untuk kuliah S2 di Université Joseph Fourier Grenoble I dengan beasiswa dari pemerintah Perancis.

Aku bersyukur banget saat semangatku lagi down aku mempunyai kakak-kakak dan sahabat-sahabat yang setia mendengarkan keluh kesahku dan menyemangatiku untuk tidak pernah menyerah apapun keadaannya. Kebiasaanku kalau aku lagi down adalah dengerin lagunya Anggun and jalan-jalan ke Gramedia untuk menghabiskan uangku untuk beli buku yang bisa menaikan semangatku lagi.

Down, ga percaya diri adalah hal biasa yang kita temui saat mencari beasiswa. Namun semua itu bisa kita kalahkan dengan mencari energy positif dari sekeliling kita. Ingat aja mimpi terbesar kita dan imajinasikan bahwa suatu saat nanti kita bisa mengenggam dan meraih mimpi itu.

Saat proses applikasi beasiswa BGF 2009, aku memasang foto menara Eiffel di setiap sisi kamarku selain itu aku juga menempelkan lambang UJF dengan tulisan “September in Grenoble”. Setiap kali aku nyalain lampu kamar, untuk pertama kalinya aku lihat setelah tidur adalah dua gambar tersebut. Setiap kali aku memandang sisi-sisi kamarku kedua gambar itulah yang selalu terlihat olehku. Saat aku buka laptopku aku lihat menara Eiffel dan pegunungan Alpen di Grenoble pada wallpaper laptopku.  Baca buku-buku yang settingnya selalu di eropa entah itu setting di Perancis, Belgia, Jerman, atau Belanda. Itulah motivasi terbesar yang selalu aku buat sehingga disaat jatuh aku bisa bangkit lagi. Kata-kata di bukunya Donny Dirgantara yang berjudul 5cm selalu aku ingat dalam pikiranku, “Aku ga pernah menyerah karena aku ga bisa nyerah. Letakkan imipianmu di 5 cm dari keningmu.”

Ingatlah disaat kita down and butuh semangat, carilah orang yang tepat untuk memotivasi kita. Perjalanan masih panjang untuk meraih mimpi kita. Tidak hanya sekedar mendapatkan beasiswa saja, namun perjuangan itu akan dimulai saat kita menginjakkan kaki  di negara impian kita. Itulah pesan yang selalu Riza berikan buatku. Dan aku pun mulai menyadari makna dari pesan itu, walau aku dah mendapatkan beasiswa namun perjuangan ini masih panjang. Aku baru melewati setengah tahapan, masih ada setengah perjalanan lagi. Yup, untuk bisa kuliah di Perancis aku harus punya Delf B2 dan untuk bisa meraih gelar master aku harus lulus dulu. Overall, perjuangan hidup akan selalu ada di setiap langkah dan perjalanan hidup ini.

Jangan pernah menyerah kawan apapun rintangannya laluilah dengan sabar. Suatu saat nanti impian itu bakalan terwujud. Jadikan semuanya itu sebagai pengalaman hidup.

For my friend Freddy, good luck for your study in Paris. Hopefully, we can meet in France next year. Wish all the best for you.

For all my beloved friends; mbak fitri, Teh Dinie, Riza, Yani, Dina, Ismadi, Luna, Uni Deni, Uni Titik, Om Didi, Tika, mas Dany, mbak Lia, Sita, om Himmi, Pak Leman, mas Adrian,mbak Puji, Uni renita, Felicia, Cipon : Kalian akan selalu ada dihatiku dimanapun aku berada. Thanks for your support

,

4 thoughts on “for my best friend

  1. see you in 23 September 2010 in Grenoble my little sister. can’t wait to see you in France. welcome to new world, Trias.

    good luck for your French course in CCF Salemba. Don’t write your story in French🙂

    I think your target is not Delf B2 but Delf C2, is it right?🙂

    1. ehm gimana ya mas.. sebenarnya aku dah berencana untuk nulis pakai bahasa Perancis. buat latihan.. tenang aja mas ntar ada terjemahannya ko hehehe.

      mas Delf itu adanya cuma sampai B2, nah yang tingkatan C1 ma C2 itu namanya Dalf C1 atau Dalf C2. Tahu aja ni mas Adrian hehehe.. Yup betul sekali kalau diijinkan aku mau dapat Dalf C2, lumayan mas berlakunya seumur hidup. Ga seperti toefl yang hanya berlaku 2 tahun, habis itu harus upgrade lagi hehehe..

  2. mba, video DMasive ini laris yah, ada di blog mu & blog Ika🙂 yup, memang syairnya positif banget…
    mudah2an membuat yang lain ‘jangan menyerah’ juga

    1. Sepertinya juga begitu Yan hehehe.. Aku juga baru tahu kemarin kalau bu Ika pasang videonya D’masiv juga.. Tapi dengan cerita yang lain..

      Iya, aku harap si begitu.. Jangan menyerah untuk apapun yang sedang diperjuangkan hehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s