Kereta ku sayang kereta ku malang..

Beberapa waktu yang lalu tepatnya sehabis pulang dari kursus bahasa Perancis di CCF, aku pulang ke Bogor naik kereta Pakuan. Karena biasanya selalu ga dapat tempat duduk, aku rencanain ikut kereta Pakuan dari Bogor menuju ke Stasiun Kota baru deh balik ke Bogor lagi. Saat kereta Pakuan dari arah Bogor berhenti di Statiun Gambir, aku langsung naik aja. Kemudian mencari tempat duduk yang nyaman.

Setibanya di Statiun Kota, banyak calon-calon penumpang yang berebut naik ke kereta. O ini tho jawabannya selama ini. Pantesan aja tiap kali nunggu kereta Pakuan di Gambir aku ga pernah dapat tempat duduk. Orang dari stasiun Kota aja dah penuh sesak gini.

Pada saat itu, kereta penuh sesak dengan berbagai jenis orang. Bahkan beberapa orang yang tidak mendapatkan tempat duduk, terpaksa memakai Koran untuk alas tempat duduknya. Aku perhatiin di gerbongku, banyak sekali orang yang duduk di bawah. Padahal saat itu baru pukul 4 sore lho. Ga kebayang deh, gimana suasananya saat jam pulang kerja ya? Pasti lebih ramai dari ini.

Beberapa kali aku naik kereta aku sering melihat beberapa orang yang tidak membeli tiket. Contohnya pada saat naik kereta dari station UI dan turun di Gondangdia. Ada seseorang yang ga beli tiket, trus pada saat pemeriksaan dia pura-pura tidur, padahal baru saja masuk. Jadinya si pemeriksa tiket tahunya dia dah diperiksa tadi. Maklum biasanya kan pemeriksaan tiket dilakukan setelah lewat station Bojong Gede, jadi orang-orang yang naik setelah station Bojong Gede kadang ga terdeteksi. Selain itu, ada beberapa orang yang naik kereta tanpa bayar, ntar baru bayar setelah ketahuan di atas gerbong.

Diperparah lagi, pada saat aku mau turun di station Bogor, aku lihat banyak sekali sampah kertas Koran berserakan dimana-mana. Para penumpang yang menggunakan kertas Koran sebagai alas duduk mereka, ga ada satupun yang mengambil dan membuangnya di tempat sampah. Mereka meninggalkan begitu saja kertas Koran tersebut. Ga ada kesadaran ni untuk buang sampah sembarangan. Walaupun akhirnya nanti kertas Koran tersebut di ambil juga si ma anak-anak station. Tapi kan ada baiknya kita membersihkan kotoran tersebut.

Photo-0237 Masa si kita mau membiarkan kotoran sampah seperti ini berserakan di gerbong? Atau emang begitu ya kebiasaan kita..

Leave a Reply

