“Apapun yg terjadi hari ini adalah buah atau ikutan dari masa lalu kita”

Itulah sebuah kalimat dari sahabatku sore itu yang mengingatkan akan arti sebuah masa lalu. Disaat aku mempertanyakan suatu kondisi dari perjalanan panjang dari kehidupanku. Kehidupan dimana orang memandang kehidupanku tanpa beban, masalah dan selalu berakhir bahagia. Amien kalau semua itu benar. Hanya saja tak semuanya seperti yang mereka lihat.

Perjalanan panjang ini memberiku banyak arti dan pengalaman yang sangat berharga. Bertemu dengan orang-orang yang sangat mempengaruhi kehidupanku saat ini. Belajar dari pengalaman mereka disaat mereka merasa putus asa dan hampir kehilangan harapan, bertahan untuk menghadapi semua masalah yang mereka hadapi dan berjuang meraih mimpi yang sudah lama mereka inginkan.

Beberapa tahun yang lalu, saat aku masih SMU  aku mengenal sekelompok mahasiswa ilmu pemerintahan UGM yang sangat kompak. Mereka saling membantu dan mendukung satu sama lain. Sungguh sebuah persahabatan yang indah kala itu. Ada mas Joko, mas Nanang, mas Acong, mas Sadad, mas Pras, Mbak Widya, mas Aris, mas Ucuk, mas Tofik, dll (sebagian aku ga ingat nama mereka). Banyak yang mereka ajarkan padaku. Mereka-merekalah orang-orang dari masa laluku yang sangat berarti dalam hidupku sekarang.

Mas Acong dan Mas Nanang, merupakan lulusan S2 dari Norway. Mereka kuliah disana dengan beasiswa. Mas Aris, katanya dah lulus S2 dari ITB. Mas Ucuk sekarang kuliah S2 di Amerika. Mas Joko dah lulus S2 dari Australia. Mas Sadad lagi S2 di UGM. Mas Acong, mas Nanang dan mas Joko sekarang dah jadi dosen. Ada mas Adrian yang sekarang kerja di sebuah perusahaan IT di german, dulunya si dapat beasiswa S2 lewat DAAD. Plus ditambah mas Udin yang lagi S3 di Norway.  Mereka-mereka inilah orang-orang yang sangat berarti dalam hidupku dan aku ga mau melepaskan mereka dalam kehidupanku.

Banyak cerita dan pengalaman yang aku dapatkan saat aku bertemu dan ngobrol dengan mereka. Cerita-cerita mereka membuatku merasa berada di tengah-tengah orang-orang yang sukses dalam kehidupan. Thanks Allah, Kau pertemukan aku dengan mereka-mereka ini. Jika aku ga bertemu mereka mungkin impian untuk kuliah lagi di luar negeri dengan beasiswa hanyalah sebuah angan-angan. Namun sekarang impian itu dah didepan mataku dan hampir terwujud. Hanya sebuah kesabaran yang dibutuhkan untuk menunggu waktu yang tepat memperolehnya.

Makasi to all my brothers, dimanapun kalian berada. Kalian-kalian inilah yang sudah menginspirasiku untuk menjadi adik yang baik dan bisa kalian banggakan kelak. Amien, InsyaAllah adikmu ini bisa mengikuti jejak kalian ya. Secara kalian ini dah sukses semua. Sudah mengenyam pendidikan S2 diluar negeri, dah bikin penelitian yang keren, nerbitin paper di beberapa jurnal international, bertemu dan berdiskusi dengan professor dari luar. Yang paling penting adalah, apapun kedudukan kalian saat ini ternyata kalian ga pernah sombong. Masih mau membantu orang-orang yang membutuhkan. Salut sama sifat kalian semua.

4 thoughts on ““Apapun yg terjadi hari ini adalah buah atau ikutan dari masa lalu kita”

  1. Thanks sudah nyebut nama gw jadi bagian masa lalu lo yang berarti. gw senang bisa kenal sama lo, sesosok adik yang ga pernah menyerah untuk mencapai impiannya. Walau jalan yg lo tempuh sangat berliku-liku. Thanks ya dik, dah ajarkan gw banyak hal untuk tidak menyalahkan orang lain dan berusaha ikhlas menerima semua takdir dan ketetapan Tuhan. Wish all the best for you my dear sister..

    1. @ dholep

      Wah aku ga tahu cara dapatin beasiswa di norway.. Tapi kalau ga salah nama beasiswanya NORAD deh, coba search aja di google..

      Soal gratis apa ga, aku ga ngerti jg.

      Kalau nanya soal beasiswa Perancis, aku baru bisa jawab. Tapi kalau beasiswa lainnya aku gatahu..

      Ok deh good luck ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s