Report of Interview

Tak terasa sudah hampir 8 bulan aku berusaha dan berjuang meraih impianku ke eropa. Ternyata lama dan panjang juga ya perjalanan ini. Rasanya baru kemaren aku mengenal Prof Cino, Prof Christian, Prof Frederic dan Riza, tapi ternyata sudah lama ya. Jum’at 12 Juni 2009 kemaren adalah hari penentuan apakah aku bisa menemui mereka di france atau tidak. Karena pada hari itu panitia seleksi beasiswa BGF ingin tahu seberapa besar motivasiku untuk kuliah di France.

Wawancara kemarin ga seseram yang dibayangkan. Mungkin malah terlalu santai kali ya, hanya ngobrol-ngobrol aja ni. Trus yang diobrolin adalah mengenai aktifitasku saat ini, itupun disuruh cerita doang apa aja yang aku lakukan, sedang melakukan penelitian apa, kenapa milih France sebagai tujuan kuliah. Ya jawab aja sejujurnya sambil agak sedikit ngegombal hehehe. Kemudian ditanyain juga rencananya nanti kalau ga dapat beasiswa gimana, kenapa apply ke UJF. Ada juga pertanyaan yang menjebak ni, aku ditanyain apakah akan apply beasiswa lain? Ehm sebenarnya si iya, masa si aku harus jujur ntar malah jebak diri sendiri dong. Akhirnya ya aku jawab aja gatahau, mungkin saya akan berdiskusi dengan Prof cino, sapa tahu aja beliau punya schema lain (ngarep banget hehehe). Yang pasti si saya ingin kuliah di france, soalnya saya dah mengenal 3 professor di france (sambil aku sebutin nama-nama ketiga professorku) trus aku bilang juga kalau ga salah Prof . Frederic adalah peneliti CNRS, CNRS kan lembaga riset di perancis seperti LIPI di Indonesia. Mungkin, saya nanti bisa bikin kolaborasi riset antara LIPI dengan CNRS. Karena Di LIPI sedikit sekali peneliti lulusan France dan sampai saat ini LIPI ga ada kolaborasi penelitian dengan CNRS. (ini adalah alasan ngegombal, sebenarnya aku gatahu juga apakah LIPI pernah ada kerjasama penelitian dengan CNRS atau ga hehehe). Waktu aku jawab gitu, yang interview ketawa kecil sambil mengganguk dan membenarkan bahwa CNRS adalah salah satu lembaga riset di france.

Kalau dipikir-pikir ni, dengan terbatasanya kosakata dan kemampuan bahasa inggrisku, heran juga kemaren ko bisa ya aku menjawab pertanyaan interviewer dengan lancar dan baik. Padahal kan bahasa Inggrisku pas-pasan banget, ga seperti Teh Dini, mbak Fitri, bu Ika, Uni Titik, Uni Deni, Luna, dll. Tapi ko pas di ruang interview ga ada tu sedikit kebinggungan mesti jawab apa dan menggunakan kosakata yang mana. Rasanya ngalir aja jawabnya, bahkan terbilang tenang banget.

Beda banget saat mau diwawancarai dengan Prof Cino. Wah saat itu shok banget kalau mau diwawancarai professor, panic, binggung dan grogi. Padahal ni wawancaranya kan hanya lewat skype lho ga berhadapan langsung. Aneh kan?

Aku percaya kekuatan doa adalah segalanya, dan salah satu buktinya adalah kejadian pada saat interview kemaren. Doa dari orang tuaku, mas-mas ku, dan sahabat-sahabatku telah membuat aku merasa tenang, dimudahkan, dilancarkan, dan ga grogi.

Thanks to :

  1. My beloved brothers (mas Joko dan mas Udin) : atas semua kebaikan kalian, doa, nasehat, bimbingan, diskusi dan tipsnya untuk menghadapi interview.
  2. Prof. Cino dan Prof Christian : atas bantuannya mengirimkan official letter dari UJF yang aku perlihatkan pada panitia seleksi BGF pada saat interview kemarin.
  3. Mbak Fitri : yang bersedia mendengarkan keluh kesahku, bantuannya untuk mempraktikan bahasa Inggrisku (walau hanya lewat chatting atau email, tapi itu sangat bermanfaat buatku).
  4. Tetehku yang baik banget, Teh Riksfardini A. Ermawar (teh Dini) : yang mau mengenalkan trias dengan Riza, yang selalu ngingetin aku untuk minta doa ma orang tuaku dan yang ingin aku bisa kuliah di Negara impianku.
  5. Luna N Ngeljaratan : atas semua diskusinya, dan supportnya. Lucu juga waktu baca smsnya Luna, yang bilang kalau dia lah yang merasa seakan-akan dia yang diwawancarai sampai-sampai ga konsen dan sering liatin jam.
  6. Uni  Deni Zulfiana : atas semua bantuan dan supportnya. Yang selalu setia mendengarkan cerita-cerita trias.
  7. Riza Arief Putranto : sebagai mentor, guru dan penunjuk jalan yang sangat baik buatku untuk apply BGF tahun ini. Tanpa ceritanya mungkin aku ga bisa sampai sejauh ini. Makasi ya dah mau berbagi pengalaman padaku.
  8. Bapak Sulaeman Yusuf : atas support, bantuannya, nasehat-nasehatnya dan diskusinya.
  9. Bapak Subiyakto : yang bersedia membuatkan aku rekomendasi.
  10. Bu Ika Wahyuni : atas semua support, doa, nasehatnya dan bantuannya.
  11. Mas Adrian Indra Kurniawan : atas tips wawancaranya, ceritanya dan pengalamannya.
  12. Triyani Fajriutami : support dan komentar-komentar di blogku.
  13. Dina Puspita dan Ismadi : atas support, persahabatannya, bantuannya untuk menterjemahkan form applikasiku.
  14. Om Didi Tarmadie : yang selalu mau direpotin trias.
  15. Uni Titik Kartika : yang bersedia meladeni trias untuk bicara dalam bahasa Inggris walau sekarang sudah berhenti hehehehe
  16. Om Khoirul Himmi S. dan Bunda Faizatul Fallah : penunjuk jalanku untuk ke SCAC.
  17. Bunda Yetvi  Rosalita : doa dan komentarnya di Facebook.
  18. Om Syam Budi R dan Kang Herry Syamsi : atas kebaikan kalian membuat kantor ini mempunyai fasilitas internet yang sangat bagus banget yang membuatku bisa mengenal beberapa Professor di luar negeri.
  19. Muryanto, Supono, Akhirta Atikana, Dany Perwita Sari, Sita Heris : doa, support dan komentar kalian di Facebook. Lucu banget kalau baca komen2 kalian.
  20. Mas Dany Cahyadi, Mbak Lia Cahyadi : atas doa, support, bantuannya dan komentar kalian di facebook ku.
  21. Mamanya Tara (Octavia Kadengkian) : atas support dan doanya.
  22. Teman-teman yang apply BGF dan yang aku temui lewat blog (Agung, Fredy, Onink, Soffie, Rahmat, dan Yougy) : atas komentar-komentar kalian di blog ku ataupun yang menghubungiku langsung ke emailku.  Semoga kelak kita bisa ketemu langsung ya, ga lewat dunia maya.
  23. All Biomat crew

Tanpa doa kalian semua, mungkin interview kemarin ga selancar dan semudah itu aku lewati. Thanks ya friends. Kalaupun dibilang sukses apa ga, trias ga bisa jawab. Karena trias gatahu kadar kesuksesan itu seperti apa. Yang trias rasakan adalah kelancaran dan kemudahan dalam menjawab pertanyaan interviewer. Trias ga pernah membayangkan sebelumnya kalau trias bisa bicara selancar kemaren. Secara bahasa Inggris trias ga bagus-bagus banget. Semoga nanti hasilnya adalah yang terbaik dari Allah. Akhirnya selesai sudah perjalanan ini dan cerita tentang BGF berakhir.

Setelah ini aku ga mau membicarakan lagi tentang BGF sampai ada pengumuman resmi dari kedutaan Perancis. Karena saat ini adalah kekuasaan Allah untuk menentukan yang terbaik buatku. InsyaAllah itu adalah yang terbaik buatku.

4 thoughts on “Report of Interview

  1. Pantesan lancar, kiriman doanya banyak🙂 Nice to hear your story, I can not wait to hear your next step sis.. I hope you will not give up to reach your dream. Hai, how do you know that your professor is researcher in CNRS? did he tell you about this?

    1. berhubung wawancaranya dah lewat pakai bahasa Indonesia aja ya mas hehehe… Ga mas, Prof. Frederic ga pernah bilang, aku aja yang suka nyari-nyari profilnya mas. Eh nemu juga di internet hehehe.. Untung aja sempat nyari CNRS itu apa, jadinya ga buta-buta amat hehee.. tapi oh tapi Prof. Frederic bukan peneliti di CNRS (aku salah nyebut ni). Sebenarnya course ku yang ada kerjasama dengan CNRS hehehe…

      1. i c. Gw pikir lo ga ngegombal soal kemungkinan lo kerjasama penelitian ma CNRS. Itu bisa jadi kenyataan dik. Status lo sebagai peneliti LIPI dan InsyaAllah lulusan France, itu point plus untuk bikin kerjasama penelitian. Bukankah itu yang lo cari selama ini selain nyari beasiswa? Dah buka facebook ni?🙂

  2. @ mas Adrian

    Iya si mas, semoga aja kelak bisa bikin kerjasama dengan CNRS. Ga melulu jepang terus hehe.. Iya ni, gara2 mas Udin yang nyuruh buka facebook. Makanya jadi punya facebook deh.

Leave a Reply

