Good Luck for your interview..

Hari ini adalah hari pertama dimulainya interview beasiswa BGF 2010-2011, pasti ada beberapa teman yang khawatir dengan interviewnya maupun interviewernya. Wajarlah kalau kita khawatir, namanya juga impian yang sudah didepan mata. Bisa saja kan impian itu lepas dari tangan kita kan? Namun semua itu kan kehendak Tuhan, kalau Tuhan mengijinkan kita untuk mendapatkannya. InsyaAllah kita bakalan mendapatkannya ko. Yang penting ikhtiar, berdoa dan berserah diri pada Tuhan. Toh kita dah berusaha semaksimal yang kita bisa, kalau emang ini rejeki kita. Pasti beasiswa itu buat kita. Kalau ga, berarti Tuhan mempunyai rencana lain.

Kalau melihat jadwal yang diberikan sama Ms.Andina, hari ini ada 5 orang yang akan diwawancarai. Salah satunya adalah anak LIPI Bitung, wah kita satu institusi ni hehehehe.. Kemaren dengar berita itu dari Cipon, dia bilang kalau seniornya ada yang kepanggil wawancara BGF tahun ini. Kebetulan seniornya ini dah dapat professor di France dan Professornya ini adalah professor yang sama dengan Rovi, seniornya juga si yang udah dapat BGF tahun kemarin. Wow, senang dengernya ada anak LIPI yang masuk wawancara BGF tahun ini.

Semakin mendekati hari interview yang aku rasakan ko malah tenang banget ya. Ga terlalu panic ataupun khawatir. Mungkin karena aku mengikuti saran ibuku kali ya, yang manyarankan untuk menyerahkan semua urusanku pada Allah dan banyak berinteraksi dengan Allah dalam setiap waktu luangku. Apapun nanti yang terjadi dalam interview Jum’at besok InsyaAllah aku dah siap menjawabnya. Toh aku sudah semaksimal yang bisa aku lakukan.

Baru nyadar tadi pagi saat lihat agenda kerjaku (halah lebay banget nih hehehe), ternyata tanggal interviewku sama dengan tanggal pengumuman UJF bulan kemaren. Sama-sama tanggal 12, apakah nasib beasiswaku akan sama dengan nasib aplikasiku di UJF? ehm ga tahu juga si. Minggu kemaren sempat panic saat aku dapat email dari Ms. Andina, soalnya acceptance letter dari UJF belum sampai di Indonesia (bahkan sampai tulisan ini di posting belum nyampai juga), akhirnya disaranin ma mas Joko untuk mengeprint dari website UJF tentang status aplikasiku. Yaudah aku print aja tu status aplikasiku. Alhamdulilah, email yang aku kirimkan ke Prof Cino mengenai official document dari UJF dibalas ma beliau. Berhubung Prof.Cino lagi mengikuti konferensi di Swiss beliau ga bisa bantu, namum beliau sudah memforwardkan emailku ke Prof Christian. Prof Christian inilah yang akan mengirimkan official document yang aku perlukan untuk ditunjukkan ke interviewer hari Jum’at besok. Isinya si pernyataan dari Prof Christian selaku coordinator program master M2 yang menyatakan bahwa aku sudah resmi diterima di master M2 Master Sciences, technologies, Santé mention Mécanique, Energétique et Ingénierie, Université Joseph Fourier Grenoble I untuk tahun ajaran 2009-2010. Surat pernyataan ini dibuat dalam 2 bahasa, bahasa Perancis dan bahasa Inggis. Surat inilah yang akan aku bawa besuk Jum’at sebagai pengganti acceptance letter yang belum sampai di Indonesia. Kemaren aku bilang ma kedua professor ini kalau official document itu sangat penting buatku untuk mendapatkan beasiswa BGF dan sekalian menjelaskan bahwa interview besok adalah tahap terakhir dari proses beasiswa yang aku ikuti ini. 3 Juni 2009, Prof Christian langsung membuatnya dan mengirimkan official document ke emailku. Wow, baik banget ni kedua professor. Dari awal, mereka sangat membantuku. Apapun yang aku perlukan apply beasiswa BGF, selalu saja mereka usahakan. Thanks ya Prof.

Beginilah kalau punya professor yang super sibuk, kadang disaat kita butuhkan Professor itu selalu saja lagi diluar Grenoble. Untung saja Prof.Christian baik banget, saat prof Cino ga bisa bantu. Maka Prof.Christian ini selalu membantuku kapan saja. Heran juga kenapa emailnya Rudi ga pernah dibalas ma Prof Christian ya? Padahal email-emailku selalu saja dibalas ma kedua professorku ini lho.

Menurut informasi yang aku dapatkan (tahu bener apa ga) kuota BGF itu lebih sedikit daripada ADS. Yaiyalah ADS kan bisa sampai 300 orang, nah BGF kan sekitar 15-25 orang (bener ga si segitu?). sepertinya si berat ya, soalnya kan yang dipanggil ada sekitar 46 orang, trus kalau saja kuotanya Cuma 15 aja, ehm 1:3 kan. Itukan hitung-hitungan secara matematika, tapi yang menentukan kan Tuhan. Ngapain si mikirin itu. Toh termasuk orang yang dipanggil wawancara aja dah progress besar dalam hidupku hehehe.. Ga nyangka banget bakalan ke eropa, sebuah Negara maju yang menjadi impian terbesar dalam hidupku. Apalagi ditambah dengan bisa ke Perancis, sebuah Negara yang baru masuk ke dalam daftar target Negara yang akan menjadi tempat aku kuliah S2 tahun kemaren. Sampai tahapan ini saja aku masih mikir ko, bener ga si jalan yang aku tempuh?

Dari blog inilah aku mengenal beberapa teman yang kepanggil wawancara BGF minggu ini. Semoga sukses ya teman-teman. Hopefully, we can meet in CCF or France. I really want to meet you all. Tahu ga si, dulu aku sempat binggung kan sapa si yang search di google pakai kata kunci “threeas”, ternyata ada beberapa teman yang apply BGF juga. Tahu ni, mereka nyari apa di ceritaku. Namun aku sadar ko ceritaku di blog ini mungkin menginspirasi mereka. Wow, senang deh ceritaku bisa menginspirasi orang lain. Semoga blog ini ada manfaatnya buat kalian yang baca..

Satu pelajaran yang kupetik dalam perjalanan ini. Mudahkan urusan orang lain, maka kamu akan dipermudah urusannya. Bantulah orang lain, maka kamu akan dibantu orang lain juga. Pengalaman hidup yang akan aku ingat selamanya. Senang banget saat aku dengar,salah satu pembaca blog ini dan yang meminta contoh emailku untuk dikirim ke salah satu universitas di France berhasil dipanggil wawancara. Mereka bukan sainganku ataupun musuhku, mereka semua adalah teman-temanku yang lagi berjuang meraih mimpinya..

Besok ada 2 temanku yang akan diwawancarai dan hari Kamis ada 1 orang, for you guys : Good luck for your interview. Wish the best for you. See you in CCF or France..

19 thoughts on “Good Luck for your interview..

  1. My dear sister, I hope you always get the best from Allah. It is time for praying sis. Gw tahu lo bisa menghadapi interview. Ingat tahun kemaren lo sempat di interview prof Cino, bayangkan saja besuk keadaannya seperti itu.. If you want to share something, call me sis. Jangan lupa telp ibu sebelum masuk ke ruang interview, minta doa beliau agar lo dimudahkan. Good luck my dear sister.

    1. Amien, makasi ya mas.. InsyaAllah, ga ada apa-apa mas. Semoga aja bisa ketemu mas Adrian di Berlin ya..Thanks for everything that You have done for me in this year. You have given wonderful life that I never imagined before. Thank you very much..

  2. Hai mba’ Trias…
    Aku onink, dulu pernah kamu masuk bloig-ku, tapi lama banget ga aku balas, maklum saat itu aku ada di kalsel n aku susah bgt dpat koneksi internet.
    Tahun ini, akhirnya aku berhasil juga kayak kamu, aku dpt panggilan interview, dah dpt prof juga di Toulouse University, France.
    Hari jum’at juga aku berjuangnya, tapi jam 14.30, kalao kamu pagi kok ya…
    Oya, kita juga beda major…
    Aku anak purworejo , angkt 2002 lulusan hukum UNS (Solo) th 2006. Heheee…aku ga nyangka aj, aku lebih lebih muda dr kamu, pdhal ak dah ngiranya kita seumuran…
    Well…goodluck deh buat kita berdua nanti hari jum’at ya…
    Meski mungkin kita nanti berpapasan dan tetap belum saling kenal, semoga kita berdua diberkahi ma ALLAH dan diberi jalanNYA buat bisa ke Perancis, amin.
    Siapa tau ntar kita bareng, ya to?
    Nice to meet in this cyber…
    goodluck for u too…

    1. Hai Onink.. Nice to meet you too.. Good luck ya buat interviewnya.. Yup betul, kita interviewnya pada hari yang sama tapi beda jam.. Semoga kita bisa ketemu ya suatu hari nanti, tidak hanya lewat blog ini saja tapi bisa ketemu langsung entah itu di SCAC, CCF or France..

  3. Trias, lo yang bikin hidup lo indah bukan gw. Gw hanya ngasih tahu tentang beasiswa BGF dan gw pengen lo nyobain. Ternyata lo tertantang untuk apply. InsyaAllah lo bisa nemuin gw di Berlin seperti janji lo 10 tahun yang lalu. Sukses ya dik.

    1. Mas Adrian online ya? Ko ga kelihatan si, ehm pasti invisible nih🙂 Amien, doain ya mas.. Namanya juga Trias gt lho, org yg suka dgn tantangan jadi apapun itu bakalan trias cobain buat bisa ke eropa🙂 Tu kan trias jadi pakai bahasa Indonesia deh, kan perjanjiannya harus pakai bahasa Inggris (bukan salah trias ya🙂 )

  4. Sorry sis, I was very busy yesterday so I can not chatt with you. How about your intervewe tomorow? Are you ready for it? goodluck my little angel

  5. hai mba trias, gimana kabar wawancaranya?? lancar?? sampai ada yang nyasar ke blogku untuk nanyain wawancaranya gimana… (itu maksudnya pertanyaan buatku apa buat mba trias yah?😉 )

  6. salam kenal mbak…
    saya tertarik sekali dg beasiswa prancis, boleh minta alamt facebooknya? supaya bisa lebih sering nanya2…
    Makasih..

  7. Bonjour threeas,

    saya mo nanya ttg kunci sukses interview bgf ni.InsyaAllah taon ni saya coba apply.Tipsnya apa aja. Ambil M2 ya?Kalo m2 itu lgsg research ya tanpa perkuliahan?Boleh krm pertanyaan k emailnya?

    1. Bonjour Beaswae

      Tips nya, tenang dan percaya diri. Yup, aku ambli M2. Ada ko perkulihannya, 1 semester buat kuliah/teori dan 1 semester buat nge-lab. Silakan saja kalau mau kirim pertanyaan.

  8. mbak trias,
    kita beda ya, kalau mbak baru2 aja awal tahun 2009 menjadikan perancis destinasi pendidikan S2, kalo aku ud sejak ABG, sampe2 kelas 3 SMP bela2in les di CCF sampe lulus SMA hehehe. trus sejak itu ud ngimpi mau lamar beasiswa S2 ke prancis hehehe.
    beruntung mba Trias akhirnya berhasil mewujudkan mimpi mbak ya, kalo saya masih diproses impian+doanya sama Allah. hehehe…
    semoga saya bisa mengikuti jejak sukses mbak Trias… amiiinnn
    salam kenal dari saya🙂

    1. Halo Dian

      Yup, aku baru tahu perancis awal 2008 – 2009. Tapi dari kecil memang sudah punya keinginan untuk sekolah ke eropa, hanya saja targetnya bukan perancis, tapi german atau belanda. Alhamdulilah Allah berikan kesempatan itu walau bukan di negara impianku, mungkin perancis yang terbaik buatku saat ini. Tentu saja kamu bisa mewujudkan mimpimu suatu hari nanti, kenapa tidak?

Leave a Reply

