Akhirnya dapat email dari Ms. Andina…

Beberapa hari yang lalu aku check di blog statistic, ada beberapa orang yang search mengenai pengumuman BGF 2010-2011. Ya pengumuman itulah yang dinantikan oleh beberapa teman yang  sudah ngirim aplikasinya ke SCAC di Menteng. Kemaren, 2 Juni 2009 mendekati jam 4 sore, Ms. Andina staff SCAC mengirim email ke beberapa orang untuk menginformasikan tentang pengumuman seleksi Tahap 1 Beasiswa BGF 2010-2011 berikut jadwal wawancara yang akan dilaksanakan mulai tanggal 9 Juni sampai 12 Juni 2009. Jadi buat teman-teman yang apply beasiswa BGF tahun ini, check email masing-masing untuk melihat apakah ada email dari Ms. Andina. Karena kita harus konfirmasi kesediaan kehadiran kita untuk wawancara melalui telphon atau email. Bagi yang belum mendapatkan email dari Ms. Andina, sabar ya. InsyaAllah nanti akan dapat ko. Semua pengumuman seleksi Tahap I ataupun yang tidak lolos Tahap 1, biasanya Ms. Andina akan memberitahukan lewat email. Tahun kemaren aku juga gitu ko, dapat email dari Ms. Andina yang mangatakan bahwa permohonanku tidak dapat mereka kabulkan. Tetapi tahun ini aku mendapatkan email indah dari Ms. Andina, kalau aku kepanggil wawancara.Seneng banget saat baca email itu, dan waktu namaku ada dideretan orang-orang yang kepanggil wawancara rasanya plong banget. Pengumuman inilah yang selama ini aku nantikan. Sempat juga mengalami resah berkepanjangan, apakah aplikasiku tidak memenuhi syarat, dokumenku ga sampai di kantor SCAC, score TOEFL ku yang ga ada 550, takut ngecewain prof Cino yang sudah sangat berharap aku bisa dapat beasiswanya. Pokoknya gado-gado deh rasa di hati ini. Sebenarnya hari senin 1 Juni, aku dah mulai pelan-pelan mencoba mengikhlaskan bahwa aku ga bakalan nembus sampai kepanggil wawancara. Namun hati kecilku ga rela kalau aku ngelepasin begitu saja impian dan harapan ini. Secara aku dah keterima di Universite Joseph Fourier Grenoble I lagi, masa sih ga lolos wawancara. Bahkan sempat juga ni bertengkar dengan hati kecilku bahwa aku harus mencari beasiswa lain, harus mempersiapkan aplikasi ADS dan DAAD tahun ini. Tapi hati kecilku ga pernah bisa diajak kompromi untuk ngerjain research planku di Curtin buat apply ADS tahun ini. Susah banget deh ngajak damai ma hati kecilku. Akhirnya ya aku putusin ke Gramedia beli buku. Dan menemukan buku Negeri Van Oranje, nah dari buku inilah semangatku untuk apply ke Delft semakin kuat, kali ini hati kecilku mendukung banget. Hore, aku mau ke Belanda aja deh kalau ga kepanggil wawancara BGF tahun ini. Seperti impianku dulu, daftar ke TU Delft trus apply beasiswa STUNED or NFP. Ntar kan bisa nanya-nanya ma mbak Nares soal beasiswa NFP. 2 Juni 2009 siang, aku tulis status YM ku “ I am sorry Prof, I made you disappointed again”. Mbak Fitri yang baca statusku penasaran, prof yang mana. Maklum aku banyak banget tebar pesona ma professor manapun hehehe.. Aku bilang aja Prof Cino, mungkin aku ga kepanggil wawancara mbak. Soalnya sampai saat ini belum ada email dari Ms. Andina ni. Ya sambil curhat-curhat gitu hehee. Trus aku bahas aja, kalau tadi aku baca dari kompas ada pengumuman pembukaan beasiswa BGF untuk tahun depan mulai bulan November tahun ini. Nah di situ asisten campus france bilang salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa itu adalah score IELTS adalah 6,5. Tinggi banget ya. Apa mungkin gara-gara itu makanya aku ga kepanggil wawancara, secara bahasa Inggrisku belum sampai score itu oi. Trus ada tu komen mahasiswa S3 di Perancis yang bilang, apa perlu score IELTS sampai segitu, orang dosen-dosen di Perancis itu ga sampai segitu ko score nya. Nah lu yang bener mana tu.

Waktu ada rasa lega dan ikhlas di siang harinya, ga aku duga dan ga aku sangka masuklah email dari Ms. Andina tentang pengumuman seleksi tahap I. wow, seneng banget, pengen deh rasanya aku teriak-teriak. Tapi kan aku masih di kantor dan diruangan yang ada banyak orang. Jadi ya aku tahan aja teriakku. Yang ada Cuma ngetik di YM, ngasih tahu pada mas Joko kalau aku kepanggil wawancara. Seneng banget tu kayanya mas Joko. Dia malah nyuruh aku untuk minta doa restu dari orang tua kami, jelas itu yang akan selalu aku minta. Doa mereka sangat berarti bagiku, apalagi ridho ibu. Itu yang sangat aku nantikan dan harapkan. Bersyukur banget aku, punya orang tua yang selalu mendukung apapun yang dilakukan anak-anaknya. Walaupun resikonya mereka ga bisa tiap hari lihat anak-anaknya. Sms dan telphon sudah cukup bagi kami untuk mengikat hati kami masing-masing. Mbak fitri, orang yang akan selalu aku kasih tahu pertama kali setelah keluargaku mengenai progress pencarian beasiswa ini. Gatahu si dia lagi online apa ga, yang penting aku kasih tahu via YM. Dan mbak fitri balas lewat email, iya lah kan aku dah sign out hehehe. Kemudian aku kasih tahu juga pak leman, soalnya tadi sore aku sempat bilang ma beliau kalau aku kayanya ga kepanggil wawancara. Trus pak Le nanya ada kesempatan lain ga, soalnya kan kamu dah keterima di perancis. Berharap si pak ada skema lain, ntar aja bahasnya habis pengumuman resmi dari kedutaan trus bilang ke Prof Cino. Mungkin beliau akan mencoba mencarikan beasiswa lain. Selanjutnya bisa ditebak kan, nulis di wall nya Riza, kalau aku kepanggil wawancara. Sekalian nanyain pertanyaan-pertanyaan apa yang kemungkinan akan ditanyakan. Nah jawabannya ko ga ilmiah banget si Za, masa disuruh ngapalin kota, perdana menteri perancis, presiden perancis dll. Lha kaya mau UAN aja si Za hehehe.  Luna ma Uni Deni juga aku kasih tahu dengan cara ngirim sms. Ini ni yang lucu, aku nulisnya 12 mei kepanggil wawancara, eh yang ngeh kalau itu salah Cuma luna lho ehhee. Uni diem aja, apa Uni ga nyadar ya hehehe..Sebelum pulang aku sempatin kirim email ke Prof Cino, ngasih tahu soal wawancara itu plus sekalian nanyain soal official mail dari UJF, apakah sudah dikirim apa belum. Tak lupa juga ni, ngasih tahu Dina yang udah banyak sekali membantuku. Makasi ya Din, ayo kamu bisa ko ke Perancis. Sampai kost yang aku telphon adalah orang tuaku. Saat ngasih tahu itu, ibu senang banget dengernya. Sambil ngasih nasehat untuk lebih banyak doa, puasa Senin-Kamis, sholat Tahajud and ga boleh ketinggalan sholat Dhuhanya. InsyaAllah ya bu, ntar aku kerjain. Malamnya, aku sms mas Adrian untuk ngasih tahu. Dan ternyata dia dah bisa nebak kalau aku bakalan kepanggil wawancara, makanya dia ga heran waktu aku kasih tahu. Banyak banget deh nasehatnya, dari yang nyuruh relax, latihan ngomong dalam bahasa Inggris, berdoa, ngasih info tentang Grenoble dan ngajak diskus tentang rencana pekerjaanku nanti setelah kuliah. Berhubung dah malam, aku bilang aja mas diskusinya lain kali aja ya, padahal sebenarnya buat menghindar lho hehehe..

Dari sekian orang yang kepanggil wawancara, aku menemukan 2 orang yang aku kenal. Pertama adalah Zufri, adik angkatanku dan kedua salah satu orang yang pernah mengunjungi blog ini dan meminta contoh email untuk korespondensi dengan pihak universitas di Perancis. Buat yang kepanggil wawancara Selamat ya.. Semoga sukses ..

Tinggal selangkah lagi menuju Grenoble France. Semoga ini yang terbaik dari Allah buatku. Minta doanya ya semoga aku dimudahkan dan dilancarkan untuk menghadapi wawancara minggu depan.

Thanks to Allah atas ijinkan aku dibolehin untuk lolos wawancara, my parents (doa dan ridhonya), mas Joko, mas Udin, mbak Fitri, Teh Dini, Riza, Pak Leman, Pak Subiakto, Luna, Uni Deni, Dina, Mamanya Tara, mas Adrian, Yani, Ismadi, bu Ika, kang Ei, Om Syam, Tika, dll.. Thanks All…

20 thoughts on “Akhirnya dapat email dari Ms. Andina…

  1. Alhamdulillah… Tahap I berhasil dilewati…
    Semangat yah! Jangan lupa berdoa berdoa dan berdoa. Hanya Allah SWT yang menentukan jalan kemana dirimu akan pergi mba…
    Good luck for you, prepare yourself for the best or worst.
    Ditunggu terus progressnya ya…

    Salam hangat,
    Yani

    1. Makasi ya Yan.. Doaiin ya.. Yup, saat ini cuma kekuatan Allah yang bisa membantuku. Kalau ini emang jodoh dan rejekiku, aku yakin ga ada kekuatan lain yang bisa menghalangi kekuatan dan takdir Allah.

  2. Hola, salam kenal..
    AKu juga dipanggil wawancara, mudah-mudahan kita lulus ya…
    Sayangnya aku belum memperoleh acceptance letter dari Universitas, boleh minta contoh email korespondensi dengan Universitasnya mbak?
    emailku freddiehb@yahoo.com
    Big Thanks sebelumnya ya…

  3. Halo, Salam kenal…
    saya juga dipanggil wawawancara BGF,
    Gmana mba…sudah ada pengumuman seleksi tahap 1?
    Deg2an… blum ada informasi nih.

  4. trias, I’ve sent you email couple times..
    now, I am just like you and I had goosebumps when I read your blog.

    setelah meng-email puluhan professor, akhirnya saya juga sudah setengah perjalanan…(*ah saya merinding nulis ini), saya sudah dapet letter of accp. dan rekomendasi professor, dari 2 univ yang berbeda.

    kemarin hari rabu saya baru mengirim aplikasi saya, dan menunggu keputusan apakah saya lolos seleksi tahpa administrasi.

    rentang waktu antara pengumuman wawancara dan deadline aplikasi berapa lama ya ?

    *doakan saya ya..

  5. Pangglan tes interview 1 minggu sblm interview ya?Kalo g salah taon ni tesnya mulai tgl 3 mai.Apakah diperbolehkan jika saya menghbungi Ms.Andina utk menanyakan tgl aktual interview utk persiapan trnsportsi soalnya saya dr luar jawa.Jika ada tlg krmkan emailnya ms.Andina mbak.
    Cordialement.

    1. @ Ardiansyahputra

      Maaf, saya tidak bisa memberikan email mbak Andina, karena itu privasi sekali. Walau saya kenal mbak Andina tapi bukan hak saya memberitahu emailnya. Tunggu saja pengumumannya di website kedutaan Perancis. Setiap kandidat yang akan dipanggil wawancara akan diberitahu lewat emaildan nanti akan diminta konfirmasi kedatangannya. Jadi Anda bisa nego kapan Anda di wawancari saat Anda konfirmasi kedatangannya..

  6. Mbak,blh krmkan saya email fajar fadli yg ngasi komen diatas tgl 25 maret.Sepertinya kami sama2 applicant bgf 2010.Kalo diizinkan mhn krmkan k email saya.Saya ingin share k applicnt tsb.Tks

  7. Di ambafrance-id.org kemarin ada berita BGF 2010 diumumkan hari jumat 23 april, padahal di file Pertanyaan yang sering diajukan ditulis tanggal 26 april. dan sampai sore ini belum ada pengumuman keluar dan email yang masuk. Ya sudahlah kalau begitu, mungkin harus diikhlaskan😀

Leave a Reply

