Pengalaman pertama belajar Bahasa Perancis

Ternyata mudah lho belajar Perancis itu. Atau mungkin aku belum menemui kesulitan kali ya hehe.. Kemaren Sabtu tanggal 23 May 2009 untuk pertama kalinya ku ikut kursus bahasa Perancis di CCF. Awalnya si menemui kesulitan dengan cara ngomongnya yang sengau-sengau gitu, tapi lama kelamaan aku mulai terbiasa dan menemukan seninya untuk belajar bahasa. Trus waktu diajarin tatabahasa  bahasa Perancis, aku jadi ingat dengan grammar dalam bahasa German. Hampir mirip gitu, lebih tepatnya nyaris sama. Setiap kata benda ada jenis kelaminnya, terus subjectnya tu mirip deh dengan bahasa German. Pantes saja beberapa teman ku bilang kalau aku ga bakalan menemukan kesulitan untuk belajar bahasa Perancis, karena aku dah belajar bahasa German.

Ehm ga ada ruginya ya dulu mati-matian belajar Bahasa German. Aku pikir ga ada gunanya, eh taunya sekarang sangat berguna banget buat persiapan ke Perancis. Tinggal belajar nemuin bagaimana caranya untuk baca tulisan Perancis yang sengau-sengau ga jelas gitu. Grammar mah dah lewat kali ya. Tapi apakah jenis kelamin untuk kata benda bakalan sama ya antara bahasa German dan Perancis. Kalau sama si tambah enak kan, tinggal ngapalin aja bahasa perancisnya apa.

Satu lagi yang aku senengin dalam kursus ini adalah aku menemukan pengajar yang mengajarkan kita untuk menebak apa maksud dari omongannya pengajar. Awalnya sebel juga, masa pertemuan pertama dan tingkat pertama cara ngajarnya begini si. Tapi berhubung aku sebentar lagi akan mengalami suasana seperti itu, maka aku harus mulai membiasakan diri dong. Dan itu bakalan bermanfaat bagiku kelak. Mulai membiasakan diri dengan omongan yang ga aku ngerti dan berusaha menebak apa maksud omongan tersebut. Merci Monsieur Sukamto. Monsieur Sukamto ini adalah salah satu staff pengajar di CCF Salemba. Gaya ngajarnya tegas banget.

Karena kemaren aku baru diajarin cara perkenalan dalam bahasa Perancis, maka saat ini aku baru bisa ngasih beberapa kalimat dan aku bandingkan dengan bahasa German.

English German French
My name is Trias My name ist Trias Je m’appelle Trias
I am an Indonesian Ich bin Indonesien Je suis Indonésienne
I live in Bogor, Indonesia Ich wohne im Bogor Indonesien J’habite à Bogor en Indonésienne

5 thoughts on “Pengalaman pertama belajar Bahasa Perancis

  1. Halo Mba, salam kenal ya.

    Saya berniat untuk mengambil tes DELF A1 dan saya berniat untuk mengetahui lebih banyak tentang tes tersebut.

    Karena memang saya tidak sedang kursus di CCF, jadi saya melakukan persiapannya otodidak saja.
    Buku apa sajakah yang Mba gunakan untuk belajar sebelum tes DELF A1? Terima kasih Mba.

    Ricardo

Leave a Reply

