Welcome to Grenoble

Itulah subject email dari Prof. Cino yang dikirim pada hari minggu malam waktu Perancis kepada dua belas calon mahasiswa master M2 Geomechanic, Civil Engineering and Risk program International di Universite Joseph Fourier Grenoble I. Dalam email tersebut  ada sebuah attachment yang berisi informasi mengenai orientasi bagi mahasiswa baru lima universitas di Grenoble yang akan dilaksanakan mulai tanggal 31 Agustus sampai 18 September 2009. Program orientasi tersebut meliputi workshop, meeting dan kunjungan. Diharapkan peserta yang mengikuti program orientasi ini akan mendapatkan informasi mengenai struktur organisasi, fasilitas, kehidupan kampus (budaya, olahraga, kesehatan dll), rumah dan kampus serta kota Grenoble. Wah sepertinya akan asyik ni, nambah teman yang pasti hehehe.. Tapi bisa ga ya ikut program ini, secara aku belum dapat beasiswanya dan gatahu kapan berangkatnya. Semoga Allah memberiku jalan yang terbaik.

Dari email yang dikirimkan Prof Cino, aku sedikit mendapat gambaran siapa saja teman-teman kuliahku nanti. Melihat dari alamat emailnya, aku tahu asal mereka (nebak aja si🙂 ). Ada yang dari Itali, UK, dan Polandia. Itu aja si yang bisa aku tebak, lainnya gatahu ni asalnya dari mana🙂 .. Ehm ada bule Itali ni, katanya lho cowok Itali itu cakep-cakep hehehe.. Lumayan deh buat penyegaran, ya sapa tahu dia mau ngasih tiket buat nonton pertandingan bola Inter Milan or AC Milan (ngarep banget ga si🙂 )

Oiya di emailnya Prof Cino, beliau bilang gini “Dear student”. Waduh beneran ga si aku ini dah master student? Aduh ini mimpi atau nyata ya? Kalau Cuma mimpi, bangunin aku dong. Kalau nyata, masa sih? Aku dah master student in UJF? Wow ga nyangka aku bisa keterima sebagai mahasiswa master di salah satu universitas di Perancis. Secara aku hanya anak kampong aja ni, ko bisa-bisanya mau kuliah di Perancis. Ya Allah ini beneran ga si..

Detik demi detik berlalu, sampai saat ini aku belum percaya kalau aku bisa keterima di UJF. Ya Allah apa rencana-Mu buat aku di tahun ini. Apakah aku akan melewati lebaran tahun ini tanpa keluargaku? Apakah aku akan melewati ulang tahun kali ini sendirian? Apakah cukup 3 bulan belajar bahasa Perancis di CCF bisa membawaku ke Perancis? Semua aku serahkan pada-Mu ya Allah, berikan aku kemudahan dalam menjalani semua takdir-Mu. InsyaAllah kalau berangkat tahun ini atau tahun depannya, aku pasti akan mengalami puasa ramadhan di musim panas. Itu pasti berat banget, karena siangnya lebih lama daripada malamnya. Artinya puasanya jadi lebih lama lagi, ga seperti di Indonesia. Aku yakin Allah akan memberikan sesuatu yang indah buatku. Saat ini aja Allah udah memberiku banyak sekali kejutan dan hadiah yang ga pernah aku bayangkan sebelumnya. Rasanya seperti mimpi, tapi aku sadar ko ini adalah kenyataan. Thanks Allah, give me a lot of present in this year.

2 thoughts on “Welcome to Grenoble

  1. hei mba trias..

    ga sengaja nemu blogmu,pas iseng googling about Mr. Sukamto..hehe
    pas liat profile picnya, hoalahh..ternyata temen sekelas di CCF toh..walaupun kita blm pernah officially kenalan yah..^^

    btw, ud diterima di france toh?? SUPER !!
    mudah2an bisa mengikuti jejaknya mba tias dlm waktu dekat..amin!
    mudah2an mba trias ga keberatan berbagi ilmu sm saya..
    mercy.. a bientot! ^^

    1. Hai.. sebaiknya aku panggil apa ya Ivan, Ana, April or Lia? hehehe.. sorry belum hafal nama teman2 si hehhee..Cuit cuit googling Mr. Sukamto ni.. wah fans berat ya🙂 ..O ya kita satu kelas? Wwah kamu yang mana ni🙂 .. soalnya aku banyak yg ga kenal ni ma teman2 satu kelas🙂 ..Iya aku udah keterima di UJF tapi belum dapat beasiswanya ni. Mau kuliah di France juga ya? iya aku doain deh bisa nyusul, sapa tahu ntar bisa reunian di France🙂 .. Ga keberatan ko, tanya aja. Bisa lewat email or pas ketemu di CCF..

Leave a Reply

