Waiting for the result

Akhirnya aku mengirimkan formulir BGF ke Ambassade de France en Indonesie di Jakarta, formulir pendaftaran program master M2 Master Sciences, technologies, Santé mention Mécanique, Energétique et Ingénierie, Université Joseph Fourier Grenoble I dan surat rekomendasi dari peneliti senior Dr. Subyakto, M.Sc ke Perancis tanggal 25 Maret 2009 kemaren. Semoga aja semua dokumen itu sampai ke alamat yang benar. Aku ngirim dokumen ke perancis menggunakan jasa pos Indonesia lewat EMS. Katanya si 2 sampai 14 harian gitu, dokumenku bisa sampai ke UJF Grenoble. Untuk mengirim dua dokumen penting itu aku mengeluarkan biaya 434.720 IDR plus biaya pengiriman aplikasi BGF 7.000 IDR, jadi totalnya sekitar 441.720 IDR. Mahal ya, tapi mau gimana lagi. Itu kan semua proses, insyaAllah ntar ada gantinya yang lebih besar lagi hehehee…

Ternyata persiapan untuk apply BGF tahun ini memerlukan waktu 5 bulan untuk bisa memenuhi semua persyaratan. Dari persiapan nyari kampus, nyari professor, bikin motivation letter, project professional sampai bikin research plan, contact dengan professor, ngisi form pendaftaran universitas, sampai pengiriman berkas. Alhamdulilah kemarin semuanya lancar dan berjalan dengan mudah. Ga berhenti-hentinya aku bersyukur pada Allah yang sudah membantuku sampai sejauh ini. Bagaimana ga bersyukur, kalau semua orang yang aku mintain bantuan dengan senang hati menyediakan waktunya untuk membantuku.

Ada mas Joko, mas Udin, mas Adrian, mbak Fitri, Teh Dini dan bu Ika yang bersedia mengoreksi motivation letter dan project professional ku. Bahkan mas Joko dan mbak Fitri harus berkali-kali mengoreksi motivation letter dan project professional ku. Makasi lho komen dan masukkannya, ternyata bahasa kalian membuat orang mudah mengerti maksudku. Ehm ga lupa juga thanks to Riza (alumni BGF) atas contoh motivation letter, project professional dan research plan nya. Juga info-info tentang BGF, nasehatnya buat interview dengan professor perancis, info nyari perangko perancis, besarnya beasiswa BGF, dan diskusinya selama ini. Maaf ya Za, kalau aku banyak nanya, nganggu kerja dan studi kamu di Perancis. Habisnya aku ga tahu mesti nanya kemana lagi. Alumni BGF yang aku kenal hanya kamu. And finally, thank to Teh Dini yang udah ngenalin aku dengan Riza. Makasi banget ya Teh. O iya, buat Rudi (PUSKIM bandung), thank for contoh email untuk contact dengan universitas di Perancis. Tanpa itu mungkin aku ga bisa ketemu ma Prof Cino. Semoga kamu bisa ngikuti jejakku, hingga dapat professor dan kampus yang kamu inginkan. Ehm ga lupa juga buat Dr. Sulaeman Yusuf, yang udah memberikan kesempatan buatku untuk memakai ruangannya buat interview dengan Prof Cino, serta dukungannya buat aku untuk melanjutkan sekolah lagi. Tak ketinggalan buat Luna, Uni Deni, Sita, Om Didi, dan uni Titik yang selalu mensupportku dan menyemangatiku untuk bisa bangkit lagi dari kegagalan-kagagalan serta pikiran-pikiran positif mereka yang selalu mematahkan pikiran-pikiran jelekku. Ismadi dan Dina, makasi ya udah bantuin terjemahin formulir pendaftaran UJF, wah tanpa itu semua mungkin aku ga bisa ngisi form tersebut (yaiyalah, soalnya semuanya pakai bahasa Perancis si hehehe). Ya hampir saja lupa, makasi buat Kang Ei dan Om Syam yang membuat internet di kantor menjadi bagus, tanpa itu semua aku ga bisa berhubungan dengan profesor di luar. Thank all..

Modal yang aku bawa buat apply beasiswa BGF ini sudah maksimal yang bisa aku usahain. Mulai dari copian email-email dengan ketiga Profesor di UJF sampai formulir pendaftaran M2 di UJF. Aku gatahu gimana nanti hasilnya. Yang penting aku dah maksimal, apapun hasilnya nanti aku ga bakalan kecewa. Karena itu adalah yang terbaik buatku dari Allah. Hanya saja aku agak ceroboh, di formulir pendaftaran UJF yang aku lampirin di form aplikasi BGF, aku lupa menganti besarnya beasiswa yang akan aku peroleh. Waduh ngaruh ga ya. Gatahu deh. Ya sudahlah, sekarang kan kekuasaan Allah untuk menentukan hasilnya. InsyaAllah bulan Juni akan ada pengumumannya sapa aja yang dipanggil wawancara dan sekitar dua minggu kemudian akan ada pengumuman sapa saja yang mendapatkan beasiswa BGF tahun ini.

Sambil nunggu pengumuman BGF, aku mau contact dengan Dr Vanissorn di Curtin University of Technology. Kalau ga salah si akhir bulan Mei, beasiswa ADS buka. Lumayan lah ada waktu sekitar dua bulanan untuk bikin research plan hehhee.. Sambil memperbaiki score IELTS ku. Kemaren ngecheck ternyata Dr. Vanissorn masih ngajar di Curtin, jadi masih bisa ni contact ma beliau untuk diskusi research planku nanti. Selain itu aku harus mempersiapkan dukumen untuk apply DAAD dan apply ke Delft University of Technologi. Aku ga mau melewatkan kesempatan untuk bisa ke German (my dream country) untuk kedua kalinya. Minimal aku dapat LOA dari Weimar University. Europe waiting for me next year, I will be there to continue my study..

This is time to pray and let Allah determine the best for me. I have done the best that I can do. Anything which Allah gives to me is the best for me from Allah. He knows everything what I need. So this is time to wait for the result of BGF and application of UJF. Maybe on May, I will know what I get LOA from UJF or not. I hope with support from Prof Cino, I can get LOA and also BGF.

3 thoughts on “Waiting for the result

  1. salut buat threeas
    good luck ya, aku juga lagi run on the same path ni
    kalo boleh aku juga pengen dikirimin contoh motivation letter, project professional dan research plan nya ya
    kalo boleh tolong email ke delapan06@yahoo.com
    makasih ya mba….

    kebetulan aku belum lama kerja, jadi untuk yang project professional aku pengen banget liat conto nya kaya gimana….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s