Apakah salah jika ingin kuliah lagi??

Seminggu yang lalu aku mendengar istilah baru mengenai PKI. Tau apa kepanjangan PKI? Ehm bukan Partai Komunis Indonesia lho.. Tapi Perempuan Korban Ilmu. Baru denger ada istilah beginian. Emangnya ada yang salah dengan perempuan yang mempunyai keinginan untuk menambah ilmunya? Atau emang begitu keadaannya yang seharusnya?

Aku ga mau menghakimi siapun dengan istilah ataupun anggapan seperti itu. Yang pasti bagiku setiap orang mempunyai keinginan, mimpi dan prioritas dalam hidupnya dan dia pasti sudah tahu konsekwensi dari keputusan yang dia ambil. Hanya terkadang aku heran dengan beberapa orang yang berusaha menghakimi keputusan orang lain. Biarlah hidup ini kita isi dengan kebaikan tanpa harus menghakimi sikap dan keputusan orang.

Jujur aja aku agak ga suka dengan istilah Perempuan Korban Ilmu. Karena aku pikir semua orang pasti haus akan ilmu. Dan ilmu ga akan mengorbankan siapapun. Iseng aja aku nanya kenapa ada istilah seperti itu. Trus dijawab aja, ya sebagai perempuan ya jangan lah terlalu mengejar ilmu, cukup dengan apa yang diterima sekarang dan jangan menunda-nunda untuk menikah ataupun mendapatkan anak.

Menunda menikah ataupun menunda untuk mempunyai anak, pastilah ada alasannya. Dan ga mungkin juga kita tahu alasan mereka kenapa mereka menunda untuk menikah ataupun mempunyai anak. Kenapa itu semua dijadikan alasan buat menghakimi orang yang ingin mencari ilmu atau belajar sampai S3 (terutama buat yang perempuan). Adakah aturannya kalau perempuan itu ga boleh sekolah sampai S3 atau Postdoc? Adakah aturannya kalau perempuan itu ga boleh mencari ilmu?

Yang aku heranin adalah kenapa bisa ada istilah Perempuan Korban Ilmu hanya karena ada beberapa teman yang saat ini sedang berjuang melanjutkan studi ke luar negeri dengan status masih single dan ada juga yang sudah menikah namun belum dikarunia anak.  Apa ada yang salah dengan keputusan yang mereka ambil? Sampai ada yang mengatakan bahwa mereka adalah Perempuan Korban Ilmu. Ataukah istilah ini ada hanya untuk membenarkan sikap beberapa orang yang ga atau mungkin belum bisa untuk kuliah di luar negeri?

Kalau pendapatku si, tanpa mau menghakimi siapapu, mereka yang sekolah diluar negeri tahu kalau mereka pada saat ini layak untuk menikah. Namun jika Allah belum mempertemukan mereka dengan jodohnya gimana? Atau mungkin saja jodoh mereka juga lagi kuliah di luar, dan baru ketemu setelah mereka kuliah disana. Kita ga ngerti kan takdir yang sudah Allah tetapkan. So please deh, jangan hakimi teman-teman perempuan yang ingin kuliah di luar negeri. Aku yakin ko mereka ga menunda menikah, mereka hanya ingin mengisi waktu nya dengan sesuatu yang baik dimata Allah dan keluarga. Toh mereka ga berbuat aib kan? Mereka hanya ingin menambah wawasan dan ilmu mereka. So sedikit bijak lah dalam menyikapi keadaan. Satu lagi, orang yang bisa survive di negeri orang dan berhasil memperoleh gelar kesarjaanaan diluar mempunyai wawasan yang lebih dari kita yang masih di Indonesia. Mereka banyak belajar dari kehidupan di luar. Sedangkan kita? Apa yang bisa kita peroleh di Indonesia. Hanya mengeluh dan mengeluh dengan kondisi ini. Pernahkah terbesit untuk memperbaiki keadaan di Indonesia?

Secara pribadi aku ga setuju dengan istilah Perempuan Korban Ilmu. Mungkin karena aku hidup dilingkungan yang sangat menghargai ilmu dan memberikan kebebasan pada perempuan untuk bisa berkarya dalam batas yang masih wajar, maka aku agak anti dengan istilah Perempuan Korban Ilmu. Selama ini aku mengenal beberapa perempuan-perempuan yang pintar namun bisa membagi waktunya dengan keluarga. Bahkan beberapa anak-anaknya bangga dengan ibunya yang bisa menjawab pertanyaan mereka dan begitu bangganya saat melihat ibunya diwawancari di televisi. Anak-anak pasti bangga terhadap seorang ibu yang mempunyai ilmu, tul kan?

One thought on “Apakah salah jika ingin kuliah lagi??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s