Cerita singkat berkorespondensi dengan Professor dari Perancis

Beberapa hari yang lalu trias sempat nerima email yang nanyain tentang cara menghubungi professor, bagaimana contoh emailnya dan apa yang harus ditulis di email. Trias sendiri punya 4 jenis contoh email untuk korespondensi dengan professor dari luar, hanya saja trias juga bingung mau ngasih yang mana. Karena dalam setiap kasus akan berbeda tipe email yang dikirim.

Bingung juga kalau aku disuruh cerita, maksudnya bingung harus cerita dari mana mengenai korespondensi dengan professor. Karena berhubung yang nanyain itu untuk apply beasiswa BGF, aku ceritain saja cara aku memperoleh professor di Perancis.

Kira-kira setelah selesai mengurusi berkas aplikasi ADS tahun kemaren, kalau ga salah bulan September, aku mulai mempersiapkan diri untuk apply STUNED dan BGF tahun ini. Saat lihat website Delft University of Technology, hancur banget hatiku. Karena pihak Delft ga menerima lagi TOEFL paper based dari NESO. Otomatis aku mesti belajar TOEFL IBT atau IELTS, padahal waktunya juga ga mungkin. Deadline pendaftaran ke Delft adalah 1 Januari 2009. Aku pikir ga mungkin aja aku memperoleh skor minimal yang disyaratkan oleh Delft. Akhirnya aku putuskan untuk menunda apply STUNED dan apply ke Delft tahun depan serta memfokuskan untuk apply beasiswa BGF.

Aku baca lagi syarat-syarat beasiswa BGF dari form aplikasi tahun kemaren sambil mencari-cari form aplikasi BGF terbaru. Aku dengar dari mas Dany, kalau ada temannya yang kepanggil interview BGF tahun lalu. Berhubung aku dah kenal orangnya akhirnya aku nanya dia, apa saja si yang ditanyai dan bagaimana contoh motivation letternya. Ehm emang agak sedikit susah si, habisnya ada system barternya. Dia pengen tahu juga motivation letter yang udah aku kirimkan. Yasudahlah buat sesuatu yang penting aku mau aja melakukan, ternyata dia ga ngasih motivation letter yang dia kirim ke panitia BGF, dia hanya ngasih contoh email ke kampus untuk nanyain jurusan yang sesuai dengan bidangnya. Maklum banyak sekali informasi di website kampus berbahasa Perancis. Ga masalah si apa yang aku dapat, toh nanti pasti berguna. Berbekal contoh email dari temannya mas Dany, aku beranikan diri kirim email ke setiap kampus yang mempunyai jurusan Teknik Sipil. Alhamdulilah ada dua kampus yang membalas, pertama adalah Ecole Polytechnic de Orlean. Sempat contact dengan salah satu staffnya dan dia meminta CV, transkrip nilai dan ijazah. Alhamdulilah aku memenuhi syarat untuk menjadi mahasiswa master di sana. Kendalanya disana bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Perancis, aku bilang aja ga masalah soalnya kalau dapat beasiswa BGF maka aku akan dikursusin selama 11 bulan (pede banget ya hehhe). Jadi ya InsyaAllah aku bisa lah berbahasa Perancis. Trus aku cerita ke Mr Michael kalau aku membutuhkan professor dari kampus de Orlean untuk discus mengenai research planku. Dia ngasih 2 alamat email professor disana. Akhirnya aku ngirim email ke salah satu professor disana, dan sampai sekarang emailku ga dibalas. Mungkin kampus itu emang bukan buatku kali ya hehehe..

Sekitar bulan November aku mendapatkan email dari Professor Cino, beliau adalah penanggung jawab program master di Grenoble. Awalnya aku gatahu kalau Professor Cino itu adalah Professor, aku pikir dia adalah salah satu staff administrasi dari kampus Grenoble hehehe. Dari beliaulah aku mendapatkan banyak sekali info mengenai calon kampusku, dari biaya kuliah, silabus dan tentu saja alamat website program master yang akan aku ikuti. Saat aku bilang kalau aku interest dengan program itu dan ingin kuliah disana, beliau meminta CV, transkrip dan ijazah yang aku kirim lewat email. Beberapa hari berikutnya aku mendapat kepastian dari beliau bahwa aku memenuhi syarat untuk kuliah disana. Namun beliau ingin mewawancaraiku lewat telphon atau skype untuk mengetahui seberapa besar motivasiku untuk kuliah disana. Tahu ga si, saat aku dengar berita itu hari yang sama aku mendengar kabar kalau aku gagal ADS. Satu pintu tertutup membuka kesempatan buatku untuk apply beasiswa lain. Akhirnya pertengahan Desember aku diwawancarai Prof Cino, hanya 5 menit. Itu karena jaringan internet di kantor lagi down, salah satu jaringannya lagi bermasalah jadinya ga selancar biasanya (itu penjelasan Kang Ei waktu itu hehehe). Akhirnya komunikasi kita dilanjutkan dengan email saja. Oiya aku juga bilang ma Prof Cino bahwa aku membutuhkan professor untuk diskusi rencana penelitianku kelak buat memenuhi syarat apply beasiswa BGF. Di email itu aku jelasin kalau aku tertarik pada struktur beton, plus aku juga bilang mengenai 2 profesor yang mempunyai interest yang sama dengan aku di universitas Grenoble. Ternyata tanpa aku duga Professor Cino memberi alternative ke professor lain. Pertama yang disebut adalah Professor Dufour. Di emailnya Prof Cino berpesan padaku untuk selalu menyertakan dia dalam setiap komunikasi dengan salah satu koleganya. Dan beliau mengijinkan aku untuk kontak langsung dengan salah satu koleganya. Akhirnya sebelum natal aku kirim email ke Prof Dufour. Dua minggu aku nunggu ga ada kabar, sempat ngerasa akan gagal ni. Akhirnya aku nanya mas Udin, boleh ga aku kirim email ke prof lain karena prof pertama ga balas emailku. Mas Udin nyaranin untuk ngirim email lagi dan jangan ngirim email ke prof kedua sebelum email kita dibalas oleh prof pertama. Akhirnya awal Januari aku kirim ulang email ke Prof Dufour tetap dengan men-cc kan ke prof Cino. Alhamdulilah emailku dibalas dan beliau memberikan tiga topic penelitian. Aku memilih topic pertama, gatahu kenapa pas baca topic pertama itu aku langsung interest. Kemudian dua hari berikutnya aku balas emailnya dan aku ga paham dengan apa itu istilah meso level, discrete element method dan crack opening. Langsung hari itu juga prof Dufour membalasnya sambil menjelaskan dengan sejelas-jelasnya. Kemudian dikesempatan lain aku menanyakan beberapa metode modeling yang selalu digunakan pada struktur meso level. Kurang lebih 2 email aku kirim dan tiap hari aku menantikan balasannya namun ga kunjung2 juga dibalas. Sampai-sampai aku dah ga berharap lagi dengan email itu. Sambil menunggu balasan emailnya, aku mencoba mencari-cari paper yang ada kaitannya dengan research planku. Eh disaat aku nyari-nyari ternyata aku mendapatkan satu abstrak paper yang menarik buatku, berhubung aku menginginkan full paper, maka aku kirim email ke penulisnya dan meminta full paper. Alhamdulilah dia kirim papernya dan bilang dia bersedia berdiskusi denganku kalau aku ga ngerti. Thank Prof, you are my next target to study in Edinburg hehhee.. Akhirnya Prof Dufour membalas emailku setelah 2 minggu, dia jelasin semua yang aku perlukan dan menanyakan apakah aku perlu detail metodenya. Aku langsung balas, kalau aku ga membutuhkan detail metodenya, karena research planku hanya 3 halaman saja, jadi ga mungkin akan detail sekali. Akhirnya aku nyaranin kalau aku akan nulis sebisa aku tentang research plan ku dan meminta beliau untuk mengechecknya sebelum aku kirim ke selection committee. Beliau setuju dan akan menambahkan jika ada yang perlu ditambahkan. Sebelumnya Prof Dufour akan berdiskusi dengan Prof Cino. Wow so I have two supervisors. Aku janji ma beliau maksimal jumat minggu ini aku akan kirim research planku. Ehm ga nyangka kalau Prof Cino ternyata mengikuti setiap perkembangku, dan beliau sangat berharap aku bisa joint in their master in September. Wow September in Grenoble??? This is my dream.

Itulah cerita singkat perjalananku berkorespodensi dengan Professor di luar negeri. Siapapun yang ingin kuliah di luar dengan beasiswa, jangan menyerah.. Setiap kegagalan itu pasti ada maksudnya. So never give up for your dream. See you all in Europe. Trust yourself that you can get your dream. Don’t worry about your English, because I never get TOEFL score 550, but I can get supervisor. If you never try, you will not know your ability. Your dream come true friend. For my brother: keep our promise to meet in Eiffel Tower on October.

26 thoughts on “Cerita singkat berkorespondensi dengan Professor dari Perancis

  1. bonjour trias
    comment allez vous ??

    trias aku blh minta email km ga ?? kebetulan aku lg stress bgt persiapin masterku di prancis
    bingung mau mulainy gmn
    hiks

    merci beaucoup mon amie

    1. Bonjour Marisa
      bien, merci

      Kenapa stress? Mulainya ya dari cari universitas dan fokus bidang yang ingin kamu tekuni. Kalau kamu binggung, bagaimana org lain mau bantuin kamu. So buat dirimu tahu ke arah mana kamu akan berjalan. Karena hal itu yang akan membuat org lain mudah untuk menolongmu.

  2. mbak, untuk ilmu sosial, univ mana yg cocok ya? saya ingin yg berkaitan dengan int’l development/humanitarian-disaster/atau bidang yang sama lainnya

    1. Ehm aku gatahu univ mana yang cocok. Coba tanya campusfrance atau cari di katalognya campusfrance, semua data-data universitas di Perancis ada di websitenya campusfrance.

  3. ceritanya mbak Threeas sangat membantu aku,,,klo boleh aku pengen tau carannya yang lebih detail untuk mencari profesor di sana,,,aku udah email ke mbak,,,thx b4…

    1. Cara lebih detail untuk mencari professor? Ehm gampang ko, tinggal cari diwebsite kampus yang kamu tuju. List prof ada di list daftar pengajar. Atau bisa juga cari di laboratorium mana kamu akan bergabung. Gunakan google untu membantumu atau kalau mau apply BGF, cari website univ di listnya campus france..

  4. Bonjour mbak trias,

    aku sedang coba memenuhi syarat aplikasi master utk BGF 2010, alhamdulillah saat ini cv,motivation letter,transkrip nilai,professional project sudah rampung. tinggal lagi usaha dapetin LOA nya nih.. biar kesempatan ketrima BGF makin besar.
    aku udah coba kirim email ke kontak penanggung jawab program di web univ nya, tapi uda 2minggu blm ada respon😦

    sekiranya aku boleh ngga liat contoh email korespondensi mbak trias yg untuk pertama dikirim ke prof. perancis nya?

    terima kasih banyak sblmnya yaa..🙂

    1. Bonjour Riri.

      Wajar sih, mungkin penanggungjawab programnya lagi sibuk. Karena bulan2 ini adalah bulan2 pendaftaran mahasiswa baru. Coba kirim email lagi aja. Aku dulu juga gitu ko, lama mereka balasnya apalagi mereka tidak mengenal kita. So sabar aja ya, atau coba kirim email ke univ yang lain, tidak hanya satu.

      1. aku boleh liat contoh email korespondensi awal mbak trias ke pihak univ gak?
        buat referensi ku, siapa tau memang email korespondensi ku masih banyak kekurangan sehingga pihak univ kurang tertarik..

        email ku : risnasaridamayanti@yahoo.com
        kalo dibolehkan terimakasih banyak ya mbak..🙂

    1. Tipsnya rajin baca paper dan diskusi🙂 Kebetulan aku bikinnya dibantuin sama Professorku, jadinya ya ga tahu juga proposal yang bener itu bagaimana.

  5. kalau minta tolong contoh emailnya dikirim via email ke saya bisa ga mbak?
    email yang pertama kali menghubungi profesor.

  6. mba.. aku juga mau donk contoh email untuk menghubungi profesor pertama kali.
    aku sedang kumpulin bahan-bahan untuk ikut BGF 2011,
    email aku deee_novi@yahoo.co.id
    cerita mba, sangat menarik,,, n bikin aku tambah semangat..
    thx b4 ya mba..

  7. Wah critanya menarik banget. Threeas sekarang aku lagi siapin untuk beasiswa BGF terakhir diserahkan 31 Maret 2011 saya ngambil S3 elektro tinggal LOA yang belum ada keburu nggak ya saya belum dapat alamat email profesor dimana saya bisa dapat ya atau mungkin threeas bisa memberi info

    merci beaucoup

Leave a Reply

