Daftar Impian Tahun 2009

Ini adalah sebagian daftar impianku di tahun 2008. Namun dari sekian daftar impian ini hanya beberapa yang bisa aku peroleh dan sebagian lainnya harus aku perjuangkan tahun depan. Minggu-minggu inilah waktu yang tepat buatku untuk merenung dan menginstropeksi semua langkah dan usahaku dalam meraih impian-impian terbesar dalam hidupku.

Berikut daftar impian yang bisa aku penuhi tahun 2008 :

1. Bisa ke Palangkaraya bulan Agustus 2008  (Alhamdulilah akhirnya ada 1 paper yang bisa aku publish tahun ini walau hanya masuk ke dalam seminar nasional)

2. Ketemu mas Joko, setelah 2 tahun ga ketemu. Enam bulan telah bersamanya dan aku masih juga kangen pengen ketemu terus.

3. Punya Kamera Digital  Casio Exilim 10,1 Mega Pixel.

4. Punya MP3 Creative Zen Nano Plus 1GB

5. Dapat boneka kanggaru 3 buah (tapi ketinggalan di Jogja

Sedangkan daftar impian yang belum bisa aku penuhi di tahun 2008 adalah

1. Skor TOEFL International 580.

2. Dapat LOA dari TU Delft

3. Bahasa Jerman sampai level menengah

4. Apply STUNED dan DAAD

5. Kuliah S2 di salah satu negara di Eropa

6. Ketemu teman2 SMU

7. Keterima di TUHH

8. Apply ke Universität Stuttgart

9. Mewujudkan impian terbesar bunda

10. Dapetin LOA dari TU Darmstadt, TU Braunscweigh atau TU Cottbus

11. Kepanggil wawancara ADS 2008

12. Kepanggil wawancara DAAD 2008

13. Dapet LOA TU Delft

14. Kepanggil wawancara STUNED

Wah ada 14 daftar impian yang terlewatkan tahun ini. Apa yang mengakibatkan aku ga bisa memenuhinya?

Pertama tentang skor TOEFL 580 hehe. Sejak bulan November lalu aku sudah ga belajar tentang TOEFL lagi. Sekarang dah mulai belajar tentang IELTS, jadi ya ga mungkinlah skor toefl ku akan naik hehehee..Alasan ya hehe. Gara-gara inilah aku ga bisa daftar TU delft tahun 2008. Karena TU Delft hanya menerima TOEFL IBT atau IELTS. Mana yang aku persiapkan TOEFL PBT lagi. Tahun kemaren TU Delft masih mau menerima, makanya aku agak santai. Eh ternyata tahun ini peraturannya berubah. Dan aku harus mengubah strategi untuk tahun depan ni. Karena sekarang rel impianku ga menuju ke Jerman makanya aku udah ga kursus bahasa Jerman lagi. Berhubung DAAD tahun ini hanya ngasih beasiswa S2 lewat program Developing countries sehingga kampusnya pun tertentu, aku ga daftar di kampus impianku. Tinggal kenangan aja ni. Jadinya ya mau ga mau tahun ini ga apply DAAD ama STUNED. Lewat deh 2 beasiswa ke eropa..

Tahun ini ada 2 hal yang tertunda dari pencarianku. Dua beasiswa yang aku ikuti bernasib sama. Pertama beasiswa BGF tahun 2008, aku gagal di tahap seleksi administrasi. Setelah aku lihat ternyata research projectku ga menarik dan ga sesuai dengan permintaan mereka. Jadi ya aku harus merelakan beasiswa itu dari tanganku. Yang kedua beasiswa ADS. Nasibnya sama, gagal di seleksi administrasi. Yang bisa aku ambil hikmahnya adalah, kedua beasiswa ini aku udah usaha semaksimal yang aku bisa namun emang bukan jodoh ya jadinya lepas deh. Dengan mencoba beasiswa BGF tahun ini, setidaknya aku dah mengenal medan yang akan aku hadapi tahun depan. Aku dah bisa tahu apa yang harus aku persiapkan. Research project yang lebih berguna lagi buat Indonesia khususnya dan mencoba mencari kampus di Perancis. Satu lagi, aku harus belajar memperbaiki motivation letter ama rencana pekerjaanku nanti. Ehm lagi-lagi bikin essai dalam  bahasa Inggris. Memang si aku akui kalau persiapan untuk apply beasiswa BGF tahun ini aku ga terlalu bagus. Maklum baru tahu 2 bulan sebelum deadline. Mana belum ngerti lagi medannya. Jadi ya tahun ini sebenarnya cuma coba-coba aja hehehe. Lain dengan beasiswa ADS, aku dah jauh-jauh hari mempersiapkannya. Mana dah ada profesor nya lagi, dasar belum rejeki ya ga keterima. Usahanya si ga hanya menghubungi professor doang, dah diskus research plan pula mana dah buat proposal research juga. Ya harus sabar si sebenarnya. Kalau medannya si dah tahu, kanaada mas Joko yang bantuin ngoreksi aplikasi nya. Tahu kan mas Joko alumni APS gitu lho. Jadi ya dia tahu banyak seluk beluk aplikasi ADS.

Ada satu hal yang membuatku merasa yakin kelak aku bisa ke eropa dan dapatin beasiswa. Ga menyangka banget kalau tahun ini ada 1 negara yang mau menerimaku. Ya Perancis, aku baru menyadari kalau di Perancis ada juga master buat bidang ku. Dulu ga pernah terpikir sedikitpun bahwa akan ada nama Perancis dalam daftar pemburuan beasiswaku. Tahun ini baru Perancis menyentuh alam bawah sadarku. Bulan lalu saat ada pameran pendidikan eropa, pertama kali yang aku lihat adalah TU Delft, beberapa kampus di German dan kampus di Perancsi. Aku datangi tuh Campus France dan nanya-nanya. Pulang dari pameran aku obrak-abrik tuh website, nyari-nyari kampus yang ada jurusan teknik sipil. Akhirnya ada beberapa kampus, trus aku hubungi setiap kampusnya. Akhirnya aku menemukan kampus Grenoble, dan mengenal Profesor Cino. Seakan dimudahkan Allah akhirnya ada statement aku memenuhi syarat untuk kuliah di kampus itu. Finally, inilah yang aku tunggu-tunggu dari awal tahun ini. Thanks Allah.

Kini saatnya nyusun daftar impian di Tahun 2009

1. Skor IELTS overall band score 6,5 dengan min score per item 6

2.Dapat aprove dari salah satu Professor di Grenoble utk gabung di research projectnya (finally, I get it on January 7, 2009.)

3.Apply beasiswa BGF (deadline 15 April 2009) I have done it and now, I am waiting for the result.

4. Apply to Universite Joseph Fourier Grenoble I France .. My application was accepted in UJF on 13 May 2009.

5. Apply ke Weimar University di German

6.  Kepanggil wawancara beasiswa BGF(Finally, Ms. Andina sent me an email and told to me that I am one of people who will be interviewed by committe selection of BGF. Thank you all)

7. Keterima di Weimar University

8. Get BGF scholarship 2009, so I can do my research with my supervissor in Grenoble (Alhamdulilah, akhirnya dapat beasiswa BGF tahun ini. Semoga bisa berangkat tahun ini)

9. Apply ADS 2009

10. Apply DAAD 2009 for master program

11. Kepanggil wawancara ADS 2009

12. Apply TU Delft

13.Study in Grenoble, France (Yup, of course I can do it this year start from September 2009-2010)

14. Have a new laptop for my research in Grenoble

15. Bikin link buat lab konstruksi sehingga bisa membuat teman-teman lainnya mudah mendapatkan professor

Perhaps, I can reach  all my dream. If I can’t get all my dream, I want to require one thing. Just only one, Get BGF scholarship in this year, so next year I can study master in Grenoble. See my supervissor and Prof Cino and also my best friend who have lived in France and Germany.

InsyaAllah, jalanku di mudahkan Allah. Semoga ini yang terbaik buatku. Aku yakin sesuatu terjadi itu pasti ada alasannya. Aku tahu jalan panjang akan aku lewati dan aku yakin aku bisa mengatasi semua rintangan dan hambatan yang akan menghadangku nanti. Setahun ini sudah banyak pelajaran yang bisa aku ambil dari semua kejadian. Dan aku sudah tahu bagaimana harus bersikap.

Thanks for my best friend Luna dan mbak Fitri, atas hari-hari indah bersama kalian. Banyak pelajaran yang aku ambil dari kalian semua. Makasi dukungan dan bantuannya selama ini. Dengan kalian aku temukan arti persahabatan dan kasih sayang. Sendirian di bogor telah membuatku menyadari bahwa kalian adalah keluarga terdekatku. Buat mbak Fitri, selamat jalan ya. Met kuliah ya.. See you in Leed University. Hopefully, we can study there someday. Lun, walau belum genap setahun aku mengenalmu, namun aku sudah menganggap dirimu seperti adik buatku. Makasi atas pelajaran dan kebersamaan selama ini. Jalan kita masih panjang Lun, namun dengan saling menyemangati itu akan membuat kita kuat menghadapinya. Yuk, kita bangun lab baru ini menjadi sesuatu yang bisa dibanggakan oleh Biomat.

2 thoughts on “Daftar Impian Tahun 2009

Leave a Reply

