two days before interview

15 December 2008 adalah hari yang menentukan buatku. Hari itu untuk pertama kalinya aku akan berbicara dengan penanggung jawab program master civil engineering and risk di Grenoble I. Aku ga yakin apa aku memang pantas bisa kuliah disana, dengan semua keterbatasan yang aku miliki. Tapi sayang kalau aku harus mundur, sekian lama aku berusaha dan sekian lama aku menunggu kesempatan ini, aku ga mau melewatkan begitu saja tanpa aku berusaha terlebih dahulu. Apapun hasilnya kelak itu pasti ada manfaatnya buatku kelak.

Buah yang paling manis dari berani bermimpi adalah  kejadian-kejadian menakjubkan dalam perjalanan menggapainya. Itulah kata-kata ikal yang selalu aku ingat. Dan kata-kata itu benar, saat ini rasanya bagai mimpi bisa diajak  ngobrol ma Profesor Perancis. Padahal beliau ga tahu sapa aku. Hanya bermodalkan resume (itupun bikinnya  mencontoh punyanya mas Udin hehe), profesor itu tertarik padaku. Kadang heran aja, email yang aku tulis pun sederhana ga ada istimewa-istimewanya. Tapi sudah banyak profesor yang membalas emailku dan mau memberi surat rekomendasi buat apply beasiswa. Ehm aneh dan ajaib, semua bisa terjadi, padahal aku ga pernah menyangka akan seperti ini hasilnya. Apa karena kau seorang researcher dan bekerja di lembaga penelitian jadinya professor itu mau balas emailku ya..

Dua hari lagi, kenapa aku gugup begini. Sampai-sampai aku terserang flu. Ya ampun ko jadi gini. Pengennya santai saja, tapi ini pengalaman pertamaku. Dan ini adalah hal yang paling aku impikan. Karena aku tahu tinggal selangkah lagi aku bisa ke eropa. Bisa lihat salju, bisa ketemu teman-temanku. Dan yang paling utama bisa buktiin kalau aku bisa mendapatkan apa yang aku impikan.

Tadi malam sempat baca silabusnya, ya ampun inikah mata kuliah yang akan aku pelajari? Susah banget, apa mungkin aku bisa lulus dalam jangka waktu 6 bulan? Ehm ga yakin nih.. But i must do.

Persiapan yang aku lakukan saat ini untuk interview adalah mulai baca silabus programnya, nyiapin motivasiku kuliah di program itu dan mulai belajar ngomong bahasa Inggris. Aku ga percaya bisa berjalan sampai sejauh ini, makasi buat semua yang sudah mendukungku.

Teh Dini, jujur trias agak beban juga saat teh Dini bilang bahwa trias  bisa mendapatkan beasiswa ke Perancis. Tapi trias usahain ya. dan jangan lupa untuk mengunjungi trias kalau trias kuliah disana ya hehhee. Mbak Fitri, InsyaAllah tahun depan aku usahain untuk bisa kuliah di eropa. Apapun yang terjadi ini adalah perjalanan panjang trias untuk meraih mimpi trias. Akankah trias bisa melihat salju dan bermain ski di eropa? Semua itu masih ada dalam angan-angan. Namun seiring waktu aku akan penuhi janji untuk membantu teman-teman lab konstruksi mendapatkan link buat sekolah ataupun training. InsyaAllah dengan aku kuliah di luar, lab ini akan lebih maju lagi dan membawa perubahan di kantor ini. Dan mereka bisa lihat bahwa orang biasa-biasa seperti kita ini bisa dapat beasiswa dan kuliah di luar negeri tanpa bantuan senior.

Makasi buat mas joko, mas Udin, Riza, Teh Dini, Mbak Fitri, Luna, Pak Leman, Kang Ei , mas Adrian, bu Ika, Uni Deni, Uni Titik, Om Didi dan terutama orang tuaku, atas dukungan, doa, bantuan, nasehat, kepercayaannya bahwa aku bisa melewati tanggal 15 December dengan baik. Apapun hasilnya aku harus siap. Dan aku harus menyiapkan ruangan khusus untuk berbicara dengan profesorku itu tanpa gangguan dari orang lain. Tahu sendiri kan orang-orang biomat itu seperti apa, pengen tahu urusan orang. Tapi aku dah dapat tempat rahasianya ko hehhe..

I promisse I will do the best that I can

2 thoughts on “two days before interview

  1. Good luck my little sister. Lo gausah mikir macam-macam, jika Grenoble buat lo, ga ada kekuatan lain yang akan menghalangi lo dapatin itu. Jangan panik, anggap lo lagi ngobrol ma orang bule tanpa memandang dia prof. Apapun nanti hasilnya, lo dah berusaha.

  2. trias ak br baca tulisanmu, ak merasakan mimpimu semakin nyata, hanya satu hal ada tulisan bhw orang bionat katanya sellau mau tahu urusan orang, ak pikir nga juga, semoga aja lebih wise

Leave a Reply

