2 December 08

Selasa, 2 Desember 2008 aku ga pernah bisa bilang bahwa hari itu adalah hari baik atau hari buruk buatku. Karena di hari itu aku menerima kabar baik dan kabar buruk untuk impianku. Impian dan keinginan yang selama ini aku bangun dengan susah payah.

Hari itu,aku dapat email dari Profesor Cino dari Universitas Grenoble beliau mengajakku untuk ngobrol via skype. Kira-kira buat apa ya, kata Riza si biasanya profesor itu ingin mengenal karakter calon mahasiswanya. Ehm semoga saja ini jalan terbaik dan tahun depan bisa dapat beasiswa BGF (Amien). Tapi sampai hari ini Professor Cino belum juga balas emailku, jadi aku gatahu kapan akan ngobrol ama beliau. Ehm gimana ya aksen orang perancis, jadi pengen tahu juga nih.

Siangnya, aku menerima surat pemberitahuan dari ADS kalau aplikasiku untuk tahun ini belum memenuhi syarat untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Walau dah ngerasa kalau tahun ini gagal, tapi aku belum berani bilang sama calon supervisorku sampai aku mendapatkan surat pemberitahuan itu. Untuk kedua kalinya aku gagal melewati seleksi adminitrasi pada tahun ini. Kecewa dan sedih pasti ada, tapi semua itu membuatku sadar bahwa ada kekuatan di atas sana yang belum mengizinkan aku tahun ini mendapatkan beasiswa. Hal yang paling ga aku sukai dan harus aku lalui adalah mengirim kabar buruk ini ke semua orang yang sudah berharap lebih dengan padaku. Terutama calon supervisorku. Orang pertama yang aku kasih tahu adalah mas Joko dan mbak Fitri. Mereka lah yang pantas tahu, karena mereka sangat membantuku. Banyak nasehat dan petuah dari mereka. Kedua orang inilah yang menyakinkan aku bahwa ADS bukanlah tempat yang baik buatku saat ini dan eropa telah menungguku. Aku ketawa aja dengernya. Makasi support dan bantuannya selama ini. Maaf kalau mengecewakan. Saat ngirim email buat Professor Arie Van Riessen dan Dr Vanissorn Vimonsatit (keduanya dari Curtin University of Technology), aku binggung mau nulis apa. Memberikan keputusan dari ADS bahwa aku gagal pasti mengecewakan mereka. Tapi kalau ga aku beritahu sekarang, mereka pasti akan menunggu-nunggu kabar dari ku. Akhirnya aku putuskan untuk ngirim email ke mereka, pada saat itu emailku langsung dibalas ama Dr Vanissorn, beliau berharap aku bisa kuliah di Curtin dengan skema beasiswa lain selain ADS. Dan seandainya aku mau apply lagi tahun depan, beliau memintaku untuk menghubungi beliau. Baik banget orang ini, padahal aku belum pernah bertemu dengan beliau lho. Baru juga lewat email, tapi ko percaya banget ama aku. Sampai saat ini Professor Arie belum balas emailku. Padahal biasanya dia cepet sekali balas, mungkin beliaunya sibuk kali ya. Ga tahu deh.

Satu pintu untuk dapatin beasiswa telah tertutup, tapi pintu lainnya dah terbuka. Walau dah dapat professor dari Perancis, bukan berarti aku bisa dapat dengan mudah beasiswa Perancis lho. Buktinya, beasiswa ADS gagal padahal kan aku dah ada profesornya. Mana profesornya dua lagi. Terkadang memang hidup ini harus melewati dan melalui kegagalan, dan kegagalan adalah sukses yang tertunda.

Makasi buat sahabat dan kakak-kakakku yang dah bantuin aku sampai sekarang ini. Janji deh tahun depan ga ngecewain kalian lagi. Buat Uni Deni dan Luna ayo semangat nyari beasiswa, biar cepet2 keluar dari suasana ini hehhee. Bu Ika, makasi buku TOEFL dan CD nya, lumayan menaikkan skor TOEFL ku walau harus gagal di tahap 1. Buat Teh Dini, makasi dah ngenalin ma Riza, dia banyak membantuku. O iya teh, ntar spesial aku kirimin fotoku di bawah menara eiffel deh hehehe. Buat Pak Leman, makasi diskusi-diskusi panjangnya. Semoga tahun depan lebih baik lagi. Buat mbak Fitri, sorry tahun depan ga bisa nyusul ke Aussie, tapi ntar kita ketemu di Leeds ya S3 nya hehhe.

And for mas Adrian, mbak Puji, Uni Renita dan Felicia : janji ya ntar kita reunian di german. Mbak Puji dan Uni Renita, masih sempat kan nunggu trias, kuliah kalian belum selesai kan saat trias dapat beasiswa?..

Buat mas Joko dan mas Udin, makasi banget nasehat dan waktu nya buat mengoreksi aplikasiku. Janji tahun depan lebih baik lagi. Miss u all.. Oiya buat mas Udin, ehm janji ya ntar kuliah S3 nya di eropa, jadi kan aku bisa maen ama mas Udin terus mas Udin yang bayarin deh hehhee..

2 thoughts on “2 December 08

  1. semangat mba!! aku juga dah dapet surat cinta dari ADS, terdepak dengan sangat manis! ayo kita uber lagi tahun depan!
    teruslah bermimpi mba, karena tuhan tidak pernah tidur, suatu saat Ia akan memeluk mimpi mu. ur dream will come true. Amien…
    tanpa sadar aku jadi sering baca blog mu mba, penuh asa dan semangat! merci beaucoup!!

  2. You always make me proud. I know what you feel. Don’t sad, sis, you must prepare anything for interview next Monday. I believe you can handle it. Do not forget to pray. I have time, If you want try to practice your English. You can speak with me, anytime you want. Do the best for me, your brother and especially your parents. I will wait for you in Berlin. If you study in France, I will meet you when you arrive there. See you in France trias. Remember one thing, do not give up.

Leave a Reply

