What should I do now?

Alhamdulilah.. akhirnya aku menemukan 1 kampus di Perancis. Dan sudah lebih dari seminggu ini aku berkorespodensi dengan pihak kampus. Awalnya aku nanya mengenai program master of civil engineering di kampus mereka. Kemudian aku juga menuliskan bahwa aku akan apply beasiswa BGF tahun ini. Ehm ternyata respon mereka cepat sekali. Sehari setelah aku kirim email mereka balas, dan memintaku untuk mengirim CV ku. Yasudah aku kirimkan CV ku. Seminggu kemudian ada berita kalau aku memenuhi syarat untuk menjadi student disana. Bersyukur banget deh saat denger itu. Namun mereka mengatakan kalau semua pelajarannya di sana menggunakan bahasa perancis, apakah aku bisa mengatasinya. Ehm bingung juga ni, mesti gimana. orang aku ga bisa bahasa Perancis. Aku ngaku aja kalau aku ga bisa bahasa Perancis, tapi kalau aku dapat beasiswa BGF, aku akan dikursusin selama 11 bulan. Ehm itu aja alasanku. Trus aku bilang buat apply beasiswa tersebut aku membutuhkan rekomendasi dari profesor di Perancis kalau aku bisa bergabung dalam penelitian mereka ya minimal dapat LOA dari kampusnya. Trus Mikael bilang baca brosur ini kemudian pilihan bidang yang menarik buatku dan Mikael akan mencarikan profesor yang sesuai dengan minatku. Tahu ga si pakai bahasa Perancis, ya seperti baca bahasa sandi aja aku ini. Untunglah ada teman yang mau bantuin terjemahin..

Trus masalah apa sekarang?? Hehhe.. sebenarnya sekarang ini aku lagi nunggu pengumuman beasiswa ADS, lolos administrasi ga si aku ini. Pengennya si lolos, trus keterima trus tahun depan berangkat. Tapi kan aku harus mempersiapkan juga kemungkinan terburuk. Nah sambil nunggu pengumuman aku mencoba mencari peluang ke Perancis, dimana aku dah tahu medan perburuan beasiswa ke sana. Tahun kemaren aku mencoba untuk apply, tapi gagal. Dari kegagalan tahun kemaren itulah aku belajar. ternyata beasiswa BGF memerlukan surat rekomendasi professor bahwa kita akan bergabung dalam penelitian mereka. Sehingga kita perlu menulis proposal penelitian yang bagus dan menarik. Tahun ini lebih siap dari kemaren. Kan aku dah dapat kampus, sekarang tinggal nyari minatku aja mau belajar apa di sana.

Nah buat belajar di Perancis, aku harus belajar bahasa lagi. Rencananya si, kalau aku ga kepanggil ADS.. Aku mau kursus bahasa Perancis aja tahun depan. Mulai kursusnya si bulan Februari (kalau ga salah hehee). Ya lumayan kan buat apply BGF tahun ini. Sapa tahu aja berguna hehehe..

Apakah impianku untuk ke eropa bisa terwujud ya? Sepertinya jalan itu makin dekat saja. Nah sekang ni aku lagi bingung. Mau fokus kemana. Lagi seneng-senengnya belajar IELTS tapi Allah dah mendekatkan aku dengan Eropa. Lagi mencoba belajar writing dan speaking tapi pikiran ini pengen belajar bahasa Perancis. Ehm kacau banget deh pikiranku. Gatahu aja mesti gimana. Soalnya Perancis telah kuat menariku, bahkan aku lebih senang dapat beasiswa BGF daripada ADS. Walaupun kalau dapat beasiswa BGF baru akhir tahun 2010 aku berangkat ke sana.

Aku ga mau berharap lebih, aku hanya ingin berusaha semaksimal yang aku bisa. Dan aku selalu berharap Allah yang menentukan yang terbaik buatku. ADS, BGF ataupun monbukagakusho asalkan itu yang Allah pilihkan buat ku, akan aku jalani.

Aku tahu rasanya kalau gagal, tahun kemaren saat apply BGF dan aku dinyatakan gagal aku sedih banget. Namun saat aku mulai apply ADS, kemudian ngirim email ke profesor dan dibalas, rasanya seneng banget deh. Saat ini rasanya Allah mulai mendekatkan aku dengan impianku. AKu tahu Allah pasti membantuku, hanya saja aku gatahu kapan Allah mengabulkan permintaanku.

Bersyukur banget banyak orang yang membantuku, ada mas Udin yang memberikan contoh email buat profesor yang akhirnya hampir separuh email yang telah aku kirim ke berbagai profesor dibalas, contoh CV yang telah membuat aku mendapatkan profesor dan kampus; ada mas Joko yang selalu membantuku menulis formulir dan mengechek grammernya. Tanpa mereka aku ga ada apa-apanya. Itulah kenapa aku lebih suka bergaul ataupun berteman dengan orang-orang yang mempunyai wawasan luas dan pengalaman hidup di luar negeri. Karena cara mereka memandang suatu masalah itu sangat luas, dan mereka selalu saja optimis bahwa sesuatu itu perlu perjuangan untuk mendapatkannya.

Ok, kini saatnya aku menunggu pengumuman ADS, Jika aku ga dapat beasiswa ini mungkin Allah mengijinkan aku untuk pergi ke Eropa. Walaupun aku harus berjuang lagi untuk mendapatkan beasiswa dan belajar bahasa Perancis. Ya Allah berikanlah aku yang terbaik menurut-Mu.

2 thoughts on “What should I do now?

  1. Sudah sejauh ini perjalanan lo. Ok, What can I do for you, girl? Really, I am happy to hear that. Do the best. Don’t forget to pray. Good job girl, you prepare for the worse. Btw, I will go to France next month, May I know the name of university where you will study?

  2. hi, sbelum nya salam kenal! pas lagi iseng googling tentang info belajar bhs perancis( sore ini hr pertama masuk les perancis hehe) , eh keluar postingan blog mba, trus iseng deh aku baca. sedikit mirip sama nasib ku, sesama blogger yang lagi nungguin pengumuman ADS n lagi nyari nyari scholarship + sekolah + profesor dll…coincidence! wah boleh ni sharing tentang tips n trik cara dapetin supervisor n nulis cv ke profesor. oke deh keep struglin’ mba! mampir ke blog ku ya..

Leave a Reply

