Satu Pelajaran dari Kantorku

Kemaren siang, di kantorku terjadi sebuah pencurian laptop Toshiba dan HP Nokia 6600 di ruang Perpustakaan. Terjadinya disaat sang pemegang laptop sedang menunaikan sholat Zuhur. Laptop dan HP itu ditinggal tanpa seorang pun yang menungguinya. Hal itu sepertinya biasa terjadi di kantor kami, meninggalkan laptop dan HP di ruangan kelompok penelitian masing-masing, bahkan ada yang pernah meninggalkan laptopnya di UTM ataupun di lab. Dan ga pernah terjadi apa-apa, hanya hari kemaren saja yang lain dari biasanya.

Terjadinya pun sangat cepat sehingga tak seorangpun mengetahui siapa yang menggambil. Yang aku heranin, kenapa satpam di kantor kami mengijinkan orang luar masuk dan berkeliling di kantor kami. Tidak pantaslah kalau aku menyalahkan satpam, mereka juga manusia yang mempunyai kelemahan juga. Sapa tahu mereka ga lihat orang itu masuk.

Tanpa mau menyalahkan sapa-sapa kenapa bisa terjadi hal seperti ini, bagiku ini pelajaran buat semua. Walaupun kita berada di lingkungan yang sudah kita kenal benar-benar keadaannya namun tak ada salahnya kalau kita waspada terhadap barang-barang berharga kita. Ga boleh memandang remeh suatu keadaan. Jangan meninggalkan barang-barang berharga di tempat yang tidak bisa kita awasi.

Semoga saja kejadian ini menjadikan kita lebih mawas diri. Menggambil hikmah dari kejadian ini. Tidak menyalahkan orang lain, mencoba mengintrospeksi diri, dimana salah kita dan berfikir positif terhadap orang lain. Jangan berburuk sangka terhadap orang lain. Percaya kalau Allah memberikan kita teguran dan cobaan sebatas kemampuan kita. Jangan pernah menghindari masalah, bertanggungjawab dengan keputusan dan tindakan yang kita ambil.

One thought on “Satu Pelajaran dari Kantorku

  1. Salam kenal ya..pengen sharing nih..klo perusahaan anda butuh kegiatan team building..saya bisa membantu..ato kalo ada contac person perusahaan yang dapat saya hubungi tentang hal tersebut..thanks..ya atas bantuannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s