What wrong with my status Message YM?

Sekarang aku ingin membahas mengenai status YM. Semua pasti tidak asing dengan YM (Yahoo Messenger), pasti semua sudah pernah memakainya kan? Ehm adakah diantara kalian semua terganggu dengan tulisan status seseorang yang terpampang di YM – nya. Dan kenapa bisa membuat Anda terganggu? Karena aku sendiri ga pernah merasa terganggu dengan status orang di YM nya. Tapi baru-baru ini aku sedikit terusik dengan komen seseorang (walaupun sebenarnya dah lama juga sih hehehe).

Pertama kali aku dikomentari status YM ku oleh orang-orang yang aku anggap lebih tua dari aku. Sebenarnya si tulisan yang aku tulis biasa aja. Orang aku cuma mengguntip dari lirik sebuah lagu, dan kebetulan lirik itu menggambarkan apa yang aku alami, atau terkadang aku nulis sebuah pesan atau nasehat dari teman-temanku dan sahabatku, atau bahkan kutipan dari sebuah jurnal psikologi. Tapi ternyata tulisanku itu ada yang menganggap bahwa itu menyindir seseorang. Lho orang yang mana ya? Kadang aku binggung juga karena aku gatahu kalau ada orang yang lagi punya masalah. Dan kenapa mesti lewat orang lain si nanyanya. Kenapa ga nanya langsung aja.

Yang kedua komentar dari orang yang menanyakan apa si yang sudah kamu raih. Gara-garanya aku nulis status di YM kalau aku dah bisa meraih salah satu mimpiku. Aku ga mau ngasih tahu itu apa, tapi orang itu maksa terus. Emangnya kenapa sih? Beruntung sekali sampai saat ini dia ga nanya lagi hehehe..

Komen ketiga adalah teman kantorku yang menanyakan status YM ku yang sering menggunakan bahasa German. Padahal aku masih tinggal di Indonesia dan sebagaian besar teman-temanku ga ngerti bahasa German. Kenapa aku mesti pakai bahasa German, YM kan buat komunikasi. Jadi gausalah mengunakan bahasa German di status YM.

Lha emangnya kenapa kalau aku pakai bahasa German dalam status YM, menganggu Anda-anda semua? Kan aku ga merugikan Anda semua tho. Kadang heran juga kenapa mesti selalu mengatur banget kehidupanku. Kenapa ga menggurusi urusan Anda saja sih. Capek deh rasanya. Awalnya aku ga mau ngomong-ngomong kemana-kemana. Biar aku simpan sendiri saja. Tapi rasanya ini sudah melewati batas kewajaran deh.

Apakah aku terlalu menganggu kehidupan kalian semua ya? Sampai-sampai tiap kali aku ingin berubah ke sesuatu yang lebih baik malah membuat kalian panas ati. Rasanya pengen banget ngasih tahu kalian, kalau dunia ini sangat luas sekali. Ga bisa dikotak-kotakin. Kenapa ga bisa menerima perbedaan itu?

Status YM adalah hak seseorang untuk menulis apa yang dia mau tulis. Ga bisa diatur-atur oleh siapapun. Asalkan kata-katanya itu ga memprovokasi orang, menjelekan orang sehingga akan menganggu kehidupan orang lain. Sedangkan pemakaian bahasa, ya terserah penulisnya. Walau dia berada di Indonesia dan bergaul dengan orang Indonesia tapi kalau dia pengen nulis pakai bahasa Perancis atau Rusia ya terserah aja dong. Kebebasan orang berekspresi itu kan dilindungi negara kan? Lain jika tulisan di status YM nya itu seolah-olah memperlihatkan ni aku lagi ada masalah, mbok ya tolong dimengerti dong kalau sikapku seperti ini. Itu berbeda kasusnya, kenapa masalah pribadi di bawa-bawa ke kantor. Nah kalau hal ini pantaslah dikomentari.. orang dia yang punya masalah pribadi ko dibawa ke kantor, itu artinya dia belum dewasa (walau umurnya dah tua).

Sebenarnya sifat dan karakter orang bisa dilihat dari status orang di YM. Kalau dia sering menuliskan masalah-masalah pribadinya di status YM, itu artinya dia orang yang terbuka dengan masalah pribadinya. Ga ada garis privasi gitu lho. Nah beda dengan aku, kenapa aku gunain bahasa German atau terkadang bahasa Ingris dalam status YM ku. Itu karena aku pengen membangun sebuah mimpi di otak dan kehidupanku bahwa suatu hari nanti aku akan ke German. Aku hanya ingin menaruh impianku 5 cm di depan keningku. Dan aku biarkan impian ku itu bisa selalu terlihat dalam keseharianku.

Kenapa kalian mesti meributkan setiap langkah kecilku untuk bisa ke Eropa? Adakah yang salah dengan impianku? Sabar ya, tunggu aja InsyaAllah jika Allah mengijinkan tahun depan aku dah ga akan menganggu kehidupan kalian lagi ko. Aku janji tahun depan aku akan pergi dari lingkungan kalian. Kalaupun aku balik lagi, karena aku hanya memenuhi janjiku pada Sekneg, kantor, Indonesia dan pemberi beasiswa. Tapi itu tidak lama ko, hanya 2n+1 aja. Kalau kalian tetap ga bisa menerimaku, ya ntar aku usahain untuk bisa bayar sanksi itu. I keep my promisse to make you happy…

3 thoughts on “What wrong with my status Message YM?

  1. Terima kasih atas keterbukaannnya ya Mbak. Maaf balesnya lewat comment lagi. Kemaren dengan dudulnya email dari Mbak keapus😦 Boleh sharing cerita lagi??😀

Leave a Reply

