Beasiswa Master Eropa Erasmus Mundus

Program Erasmus Mundus adalah sebuah program kerjasama dan mobilitas dalam pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempromosikan Uni Eropa sebagai pusat keunggulan ilmu dunia. Program Erasmus Mundus dibiayai oleh Komisi Eropa, lembaga Uni Eropa dan terdiri atas 4 kegiatan utama.

Beasiswa Erasmus Mundus adalah bantuan hibah yang bertujuan untuk mendorong dan membuka kesempatan kepada mahasiswa/i lulusan S1 yang memenuhi syarat dari negara-negara ketiga untuk mengikuti Program-program Magister Erasmus Mundus tertentu di Eropa dalam jangka waktu 1-2 tahun. Tersedia pula dana untuk para akademisi guna melaksanakan tugas mengajar atau penelitian dan kegiatan ilmiah di lembaga-lembaga yang turut serta dalam Program-program Magister Erasmus Mundus. Beasiswa Erasmus Mundus secara eksklusif ditujukan untuk Program-program Magister Erasmus Mundus. Dengan kata lain, beasiswa tersebut tidak berlaku untuk mahasiswa/i dan akademisi yang telah diterima oleh program magister lainnya di Eropa. Akan tetapi, tidak semua mahasiswa/i yang mengikuti Program Magister Erasmus Mundus akan menerima Beasiswa Erasmus Mundus. Masing-masing anggota dari Konsorsium Magister Erasmus Mundus menentukan mahasiswa/i mana yang akan menerima beasiswa.

Syarat-syarat :

Untuk Mahasiswa/i:

– Warga negara yang berasal dari negara ketiga;

– Bukan terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun;

– Belum pernah melakukan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll) selama lebih dari 12 bulan selama lima tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa manapun;

– Telah menyelesaikan pendidikan tingkat S1. Bagi mereka yang telah mendapatkan gelar kesarjanaan pada tingkat akademik yang lebih tinggi juga dapat mendaftar pada Program Magister Erasmus Mundus, selama kriteria penerimaan untuk program tertentu memperbolehkannya;

– Telah diterima atau telah terdaftar pada sebuah Program Magister Erasmus Mundus (lihat bagian tentang “BAGAIMANA cara mengajukan permohonan?”).

Untuk kalangan Akademisi:

– Warga negara yang berasal dari negara ketiga;

– Bukan terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun;

– Belum pernah melakukan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll) selama lebih dari 12 bulan selama lima tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa manapun;

– Memiliki pengalaman akademik dan/atau profesional yang sangat baik;

– Akademisi dan tenaga profesional yang mengajar atau melakukan penelitian.

Catatan : yang dimaksud dengan warga negara dari negara ketiga” adalah warga negara yang berasal dari semua negara selain dari: 25 Negara Anggota Uni Eropa (Belgia, Republik Ceko, Denmark, Jerman, Estonia, Yunani, Spanyol, Perancis, Irlandia, Italia, Siprus, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Hungaria, Malta, Belanda, Austria, Polandia, Portugal, Slovenia, Slovakia, Finlandia, Swedia dan Kerajaan Inggris); Negara-negara EEA-EFTA (Islandia, Liechtenstein dan Norwegia); Negara-negara kandidat anggota Uni Eropa (saat ini Bulgaria, Kroasia, Rumania dan Turki).

Program-program Magister Erasmus Mundus merupakan program-program studi yang terpadu pada tingkat magister (tidak diperuntukkan bagi tingkat S1 dan S3) yang ditawarkan oleh Konsorsium Magister Erasmus Mundus; Mahasiswa/i akan menjalani masa kuliah di sekurang-kurangnya dua dari tiga lembaga pendidikan yang ikut serta dalam program ini yang terletak di dua negara berbeda. Dalam suatu konsorsium yang minimum terdiri atas tiga lembaga mitra (A, B, C), kombinasi mobilitas biasanya adalah A+B, A+C, B+C atau A+B+C; Akademisi tidak diwajibkan, namun biasanya ditawarkan untuk melaksanakan sebagian dari pekerjaan ilmiah mereka di lembaga pendidikan kedua dalam konsorsium; Program-program Magister Erasmus Mundus akan menghasilkan pemberian gelar kesarjanaan ganda atau bersama; Sebuah Program Magister Erasmus Mundus terdiri atas 60 sampai dengan 120 kredit European Credit Transfer System (ECTS) pada tingkat magister yang memerlukan jangka waktu pendidikan selama satu atau dua tahun akademik; Program-program Magister Erasmus Mundus mencakup berbagai macam disiplin ilmu: ilmu pertanian dan kehutanan, ilmu bisnis dan manajemen, ilmu komunikasi dan informasi, pendidikan dan pengajaran, teknik dan teknologi, humaniora, hukum, dll.

Pengajuan permohonan untuk mengikuti Program Magister Erasmus Mundus dan mendapatkan Beasiswa Erasmus Mundus harus disampaikan langsung ke Konsorsium Magister Erasmus Mundus yang menawarkan program tertentu yang diminati. Surat permohonan tidak dapat diajukan ke Komisi Eropa. Persyaratan khusus dan kriteria penerimaan (misalnya, hasil studi, kemampuan bahasa, dll) ditentukan oleh masing-masing konsorsium. Persyaratan yang ditentukan antara satu konsorsium dengan konsorsium lainnya dapat saja berbeda. Saat ini, terdapat 57 Program Magister Erasmus Mundus. Daftar Program-program Magister tersebut dapat diakses dari situs berikut ini: http://ec.europa.eu/education/programmes/mundus/projects/index_en.html Dianjurkan untuk mengunjungi situs tersebut secara teratur karena akan ada program-program baru tambahan. Panduan ringkas untuk mendaftar pada Program Magister Erasmus Mundus dan Beasiswa Erasmus Mundus: 1) Akses http://ec.europa.eu/education/programmes/mundus/projects/index_en.html untuk melihat daftar Program-program Magister yang tersedia saat ini; 2) Klik alamat situs Konsorsium untuk mendapatkan rincian tentang Program Magister Erasmus Mundus yang Anda minati, seperti penjelasan tentang program, persyaratannya, proses pengajuan permohonan, formulir-formulir dan tenggat waktu.

Konsorsium Magister Erasmus Mundus akan menyeleksi mahasiswa/i dan akademisi yang mengajukan permohonan berdasarkan atas Daftar Riwayat Hidup, prestasi studi dan akademik, motivasi, rekomendasi, kemampuan bahasa, dll Konsorsium mengusulkan daftar pemohon yang lulus seleksi ke Kantor Pusat Komisi Eropa di Brussels untuk mendapatkan persetujuan akhir Komisi Eropa memberikan persetujuan atas seleksi tersebut dan memberikan hibah Konsorsium akan menyampaikan kepada para pemohon diterima atau tidaknya mereka dalam program pendidikan dan diberi atau tidaknya beasiswa (pemberitahuan tentang hasil penerimaan program pendidikan biasanya pada bulan Mei)

Beasiswa untuk mahasiswa/i diberikan selama jangka waktu Program Magister, dengan jangka waktu maksimum dua tahun. Beasiswa berjumlah € 21.000 per mahasiswa/i untuk program pendidikan satu tahun (biaya perjalanan, biaya kuliah, tunjangan bulanan, akomodasi, dll) atau € 42.000 per mahasiswa/i untuk jangka waktu dua tahun. Tunjangan untuk para akademisi akan diberikan untuk periode tiga bulan, yaitu sebesar € 13.000 per orang (akomodasi, tunjangan bulanan, biaya perjalanan, dll.). Beasiswa dibayarkan langsung kepada para penerima beasiswa melalui Konsorsium.

Batas waktu pengajuan permohonan untuk masing-masing Program Magister berbeda dan ditentukan oleh Konsorsium. Batas waktu dapat berkisar dari awal bulan Desember hingga akhir bulan Januari. Silakan klik situs masing-masing Program Magister untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Setiap Program Magister Erasmus Mundus biasanya dimulai antara bulan Agustus dan November.

Sebelum menghubungi Komisi Eropa, Anda sangat dianjurkan untuk membaca daftar tanya-jawab (FAQ) yang terdapat pada situs berikut ini: http://ec.europa.eu/education/programmes/mundus/faq/index_en.html atau klik: http://ec.europa.eu/education/programmes/mundus/faq/faq.pdf untuk melihat semua pertanyaan tersebut dalam format pdf. Kemungkinan besar Anda akan menemukan jawaban untuk pertanyaan Anda di sana. Untuk mendapatkan informasi yang tidak tersedia di situs tersebut di atas, silakan menghubungi: EAC-Erasmus-Mundus@ec.europa.eu

 
Sumber : http://wiki.serverkampus.com/index.php?title=Beasiswa_Master_Eropa_Erasmus_Mundus

49 thoughts on “Beasiswa Master Eropa Erasmus Mundus

  1. ya..intan jg pengen tw info bwt dapetin beasiswa S1 kebidanan di luar negeri ya??
    int dah cari kemana-mana tp belom dapet..
    klo ada infonya dan cara ngedapetinnya tolong krim msg k e-mail intan ya!!
    thanks ya!!!

  2. Wow, berburu beasiswa keluar negeri sangat menantang banget, apalagi kalau misalkan tembus dan kuliah di luar negeri. Semakin menantang. Tolong dposting info beasiswa di bidang Information Technology, Busines and Managament.

  3. Saya sangat tertarik untuk melanjutkan belajar di eropa khususnya bidang informatika untuk program beasiswa S2.
    Mohon informasinya,

    Trimakasih.

    Cecep di Bandung

  4. aku pengen lanjut kuliah S1 kebidanan tahun depan, klu bisa sih di belanda…..
    ada yg punya info gimana persyaratan , dimana n kapan diada in, n klu bisa info lengkap deh …. bagi dong…. pls…
    ditunggu buat yg punya info nya

  5. DK sekarang lagi kuliah di Politeknik kesehatan depkes semarang ambil kebidanan..

    dan sekarang lagi semester 3..

    dk pengen banged nglanjuti ke S1 kebidanan,,..

    carana gmn yah..

    please help me….

  6. Bisa g kasi info gimana persyaratan, pendaftaran dan biaya hidup kuliah di Eropa? sekalian kasih dong info tentang jurusanhubungan internasional yang ada di Eropa!!! please kirim ke email ku y….

  7. lina juga pngen info kul S1 kebidanan di luar negri (eropa ato australia).
    kalo temen2 punya info, pliss kirim ke email ku ya . . .
    thx

  8. iya nih…klo ada yang tahu tentang beasiswa NEC atw di netherland buat S1 kebidanan kasih tahu dong….

    buat tahun 2010….
    kirim mail ke email aq yach…
    thx before….

  9. alhamdulillah akhirnya jetemu juga websitenya, cita2 ku banget ngelanjutin s2 ke luar negeri pake beasiswa, semoga lulus, amien,,,

  10. bantuan…… info tentang beasiswa S2 Kebidanan di Belanda nya…
    kirim ke e-mail saya ya… Trimakasih ^_^.. pengen banget lanjut kuliah S2 di Negara Lain… biar bisa memberi konstribusi lebih di negara sendiri .. Semangat
    Kirim info ke e-mail q ya.. tau di FB siska firdaus li syifa
    makasih ^_^

  11. assalamu’alaikum
    saya lulusan D4 kebidanan dan berencana ingin melanjutkan study S2 kebidanan di Australia. Apakah ada peluang bagi saya untuk melanjutkan study di salah satu perguruan tinggi di negeri tersebut ????. karena basic pendidikan saya adalah D3 kebidanan dan untuk sementara telah menyelesaikan study D4 kebidanan. apakan untuk melanjutkan S2 kebidanan di Australia harus memiliki basic pendidikan keperawatan ???? bagaimana jika tidak memiliki basic pendidikan tersebut ????
    terimakasih.

  12. lagi dan lagi
    mohon info S2 kebidanan untuk perguruan tinggi di benua Eropa ?! beserta syarat dan lainnya ??
    terimakasih

  13. slm, sy adalah lulusan fakultas ekonomi, sangat tertarik untuk melanjutkan study d luar negeri.saya sangat berterima kasih jika ada yang memberikan info seleksi beasiswa (bisa dikirim lewat E-mail:wahyu_s14@yahoo.co.id). mohon infonya ya.

    1. Hai Wahyu

      Informasi apa yang Anda perlukan.. Saya kira kalau kamu bisa mencarinya di internet, karena banyak sekali yang sudah berbagi pengalaman di blog..Menurut saya jangan tunggu orang mendatangi Anda untuk memberikan informasi, namun Andalah yang harus mencari informasi yang Anda perlukan. Karena beasiswa itu diperebutkan oleh banyak orang, yang paling berusaha keraslah yang akan mendapatkannya..

      Good luck ya

  14. dear trias,
    trims atas infonya. ada baiknya untuk yg mau cari beasiswa erasmus mundus untuk browsing sendiri ke program yg diinginkan,infonya sangat jelas,yang paling oke dari beasiswa ini adalah kesempatan menjelajah eropa (at least dua negara eropa) saya sendiri sedang mengusahakan,sayangnya erasmus mundus belum mengadakan master program utk sastra inggris,but one always can hope right!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s