Apa itu blog?

Berhubung masih baru dalam dunia maya (bukan istrinya Ahmad Dani lho hehehe) jadi sepenuhnya blom ngerti juga mengenai blog itu apa? Apa mempunyai aturan bagaimana harus menulis dan mempublishnya ataupun kandungan isinya? Apakah aturan di blog itu seperti aturan di media massa (koran, televisi, or radio)? Banyak banget deh pertanyaan yang ada dikepalaku ini. Awal yang memperkenalkan aku dengan blog adalah my best friend “Mas Adrian”, dia malas kalau selalu menerima email2 panjang yang selama ini selalu aku ceritakan padanya. Bahkan pertanyaan2 yang kadang ga penting banget untuk ditanyakan (sory ya mas ganggu waktu kerjamu hehehe). Karena saran dia pulalah aku mulai nyari tahu cara bikin blog. Beruntung di kantor ada yang dah punya blog, nah mulailah perjuanganku untuk mencari tahu mengenai blog. Ya, korbannya sapa lagi kalau bukan om Syam hehehe. Dari mulai nanya macem2 sampai diskusi panjang tadi pagi (habisnya kemaren dicariin si omnya ngilang si hehehe).

Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan secara terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (www.wikipedia.org)

Jadi sebenarnya ga da aturan baku untuk nulis di blog. Bukannya aku mau cari pembenaran akan sikap dan pendapatku. Tapi aku mencoba menengahi semua pendapat ataupun komen dari beberapa orang. Aku sadar ko manusia itu tempat dosa dan salah. Tapi apakah kebebasan menulis dan menuangkan pendapat harus dibatasi? Apakah kebebasan orang untuk berpendapat harus dibatasi ya?

Apakah juga menjadi pintar dan smart juga ada batasnya? Apakah mempelajari bahasa lain selain bahasa Indonesia dan bahasa Inggris juga ga boleh? Adakah aturan tersebut? Aku tahu bahasa Inggrisku ga sebagus mas Adrian, mas Joko, mas Udin, Mbak Fitri, ataupun Uni. Tapi apa aku ga boleh bisa seperti mereka? Bisa ngobrol dengan native, bisa nulis dengan bener, bisa bercerita menggunakan bahsa Inggris. Aku kan pengen juga bisa pinter dan maju. Apa aku menganggu orang saat aku belajar itu? Dan apa aku juga salah kalau aku pengen ke Jerman? Apa aku juga salah jika aku pengen belajar bahasa Jerman? Trus aku berusaha untuk mempraktekannya dalam setiap kegiatanku. Bukankah belajar bahasa itu emang harus di praktekan tiap hari biar ga lupa.

Kenapa semua itu serasa membelenggu diriku. Apakah karena postinganku yang kemaren2? Tapi kan semua yang aku tulis ini pendapatku, terserah orang mau komen apa. Tapi jangan mojokin dan menghakimi kebebasan aku untuk membuat diriku maju. Toh kalau ga setuju dengan pendapatku kalian bisa nulis di komen atau nulis di blog kalian. Sekali lagi ini blog ku, dunia kecil yang aku ciptakan. Terserah aku mau bilang apa. Toh ga da masalah ma sapapun ko. Atau emang ada orang yang berusaha membesarkan masalah? Ya cuma Allah yang tahu.

Salahkah aku jika aku pengen seperti mas Adrian, yang bisa keliling eropa, yang bisa dapetin beasiswa DAAD, yang bisa lancar bahasa Inggris dan Jerman? Salahkah aku jika pengen seperti mas Joko yang bisa dapetin beasiswa ADS dan menjadi ketua PPI di Adeliade, yang bisa kuliah di Flinders Australi? Salahkah aku jika ingin seperti mas Udin, yang bisa kuliah di Korea? Salahkah aku jika ingin seperti mereka? Ga salah kan? Trus kenapa ada yang komplain kalau aku belajar bahasa Jerman ataupun Inggris? Padahal kan tidak mengganggu kalian. Kalaupun menganggu, seharusnya yang merasa terganggu mbak fitri dong. Kan gara2 aku ikut kursus bahasa Jerman yang sering pulang malam, dapat menganggu kenyamanan di rumah. Tapi ini ko malah orang lain si. Capek deh…

2 thoughts on “Apa itu blog?

  1. Hllo, my name yopie sy jg masih baru dlm dunia Blogger, interesting mengenai kursus Jerman, bgs bgt tuh! ada mau nanya, apa ada temen yg bisa untuk kursus Spanyol?….thanks…Good luck, Blog nya lumayan jg tuh…….

  2. To : Jopes77
    Thanx ya … Kursus Spanyol ya? Wah aku gatahu ni ada apa ga nya. Coba deh search di google aja… Boleh dong tahu alamat blog kamu, ya sapa tahu ni kalau ada waktu maen2 ke blog mu hehehe…

Leave a Reply

