Cuti Bersama atau dipaksa cuti ya…

Dari tadi pagi disemua ruangan kantor ngomongin soal cuti bersama tahun ini. Kenapa si mesti ada cuti bersama? Sepertinya pemerintah memaksakan kita untuk cuti, padahal kan belum tentu kita mau cuti. Ya mungkin kalau cuti bersama di saat lebaran bisa dimaklumi karena hampir semua orang pasti mudik, tapi kalau hari lainnya belum tentu khan? Sebenarnya seneng juga si adanya perpanjangan cuti bersama, soalnya kemaren sempat pusing juga. Habis dah pesen tiket untuk pulang ke Yogya tanggal 10 Oktober trus balik lagi ke Bogor tanggal 20 Oktober. Dengan mengambil sisa cuti tahunan 4 hari.Ternyata tiba-tiba saat ngajuin cuti tahunan ke bagian kepegawaian di tolak habisnya ada himbauan dari Menpan bahwa untuk tahun ini tidak diijinkan mengambil cuti tahunan sebelum dan sesudah cuti bersama. Ha.. sejak kapan peraturan ini ada? Perasaan tahun kemaren ga ada deh peraturan seperti itu.. Sebel dan dongkol. Gimana ga sebel coba, tiket dah dapat eh tapi ga diijinin ambil cuti. Kecewa pasti dong, orang peraturan itu baru.. Gatau jga ya kalau di tempat lain gimana. Soalnya himbauan itu untuk semua lembaga yang ada di bawah menristek.. Lemes deh denger itu, mau ngembaliin tiket ga mungkin, karena tiket untuk tanggal 17 – 20 Oktober dah habis. Akhirnya terlintaslah ide gila (hehehe.. biasa dong namanya juga peneliti pasti banyak akalnya kan hehehe) .. Ijin aja 2 hari pasti diijinkan, ternyata benar kebijakan kantor tempatku bekerja mengijinkan pegawainya untuk ijin 2 hari.. Akhirnya deh 1 masalah terselesaikan. Tapi kan masih ada 2 hari yang bolos? Tenang bikin ijinnya 2 kali dong. 1 buat tanggal 11 dan 17 Oktober kemudian yang kedua untuk tanggal 18 dan 19 Oktober hehehe.. Pinter juga ni anak hahaha… Masalah teratasi juga deh…

Tiba-tiba tanggal 1 oktober sore Bunda Faiz tiba-tiba aja masuk ruangan Biokomposit.. Sambil bilang, “Asyik cuti bersama ditambah nduk, kamu ga usah ijin. Soalnya cuti bersamanya sampai tgl 19 Oktober”. “Ha, yang bener bund.. Dapat info dari mana?” Ternyata info itu awalnya dari Yani teman kantor yang lagi sakit dirumah lihat di running teks Metro TV. Wah buru-buru deh nyari info itu… Serasa semua orang di kantor yang punya rencana untuk cuti jadi seneng.. Gimana ga seneng, awalnya ga di bolehin cuti e, sekarang dapat cuti… Akhirnya bisa mudik deh…

Aku ga mikir lebih jauh, ternyata dengan bertambahnya cuti bersama akan mempengaruhi cuti tahunan ku. Gimana ga mempengaruhi kalo ternyata itu akan memotong cuti tahunan.. Sedih deh… Cutiku tinggal 1 hari.. Trus mau buat apa cuti 1 hari? Tolong dong pemerintah kalo bikin peraturan yang bener dong. Masak kami diombang-ambingkan si..Ya selamat tinggal deh cuti tahunan… Ga da cuti untuk tahun ini.. Mungkin yang ada cuma ijin, dan itupun cuma 2 hari..Impian untuk lebaran haji dan tahun baru di Yogya musnah deh.. Berkeping-keping tinggal kenangan…

Kenapa si pemerintah memaksakan kita untuk cuti bersama, kan cuti itu hak karyawan kali.. Ko sampai diatur-atur gini si.. Lebih parah lagi nanti tahun 2008.. Sisa cuti kita tinggal 4 hari.. Nah kalo ada tambahan cuti bersama lagi kaya gini bakalan habis deh cuti untuk tahun depan.. Sampai2 ada celetukan dari anak2 yang masih single.. Ehm gimana dong kalo kita mau merid, ga bakalan dapat cuti dong… Gubrak..Emangnya merid mesti tergantung pada cuti om hehehehe… Aku yang denger aja cuma geleng2 kepala, dasar ni om..Ehm semoga tahun depan aku dah ga ada di Indonesia lagi.. Aku harap tahun depan dapat beasiswa tugas belajar…Amien…

Iseng-iseng tadi buka forum diskusi di detik, ternyata banyak yang ga setuju dengan adanya cuti bersama itu. Ya iyalah orang kita dipaksa cuti, padahal kadang kita lagi ga butuh. Sedangkan saat kita butuh cuti ntar kita ga diijinin karena jatah cuti kita dah habis..Jadi yang ada bolos deh hehehe… Jadi jangan salahkan kami dong kalau banyak PNS yang bolos.Habis mau cuti aja ga boleh si hehehe… (alasan kali)

3 thoughts on “Cuti Bersama atau dipaksa cuti ya…

  1. setuju….ga enak yaa, apalagi cuti bersama yang tanggung2 sehari doang, yang sebenere qt lagi ga pengen libur. kerasa banget soale aq perantauan lintas pulau, dah bikin planning macem2 jadi ga2l gara2 cuti…rugi tambahan kalo qt dah punya tiket…tul ga sih?

  2. Wah dah banyak juga komentar dimana-mana mengenai cuti bersama. Wahai para pemegang kekuasaan, tolong dihapuskan saja cuti bersama,biarkan yang memang ingin cuti ambil cuti tahunan. Yang ga ingin ya sudahlah biarkan saja. Jangan di atur-atur dong…

  3. lagian kalo diliat dr segi hukum tuch menteri2 nyang netepin cuti bersama kgak ngerti kali ye… masa keputusan 3 menteri dpt ngalahin Peraturan Pemerintah nyang ditandatangani oleh Presiden nyang nota bene nyang ngangkat mreka. pdahal Pasal 8 UU No. 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian menyebutkan, “Setiap Pegawai Negeri berhak atas cuti. and diatur melalui Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1976, kyaknya menteri2 msti skolah lgi kali ye

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s