Threeas

Arti Sebuah Kata-Kata

3 Comments

Buat sebagian orang, kata-kata tidaklah penting namun buatku sebuah kalimat yang tersusun dari beberapa kata sangat bermakna dan berharga. Dari kata-kata yang diucapkan seseorang maupun di tulis oleh seseorang pasti ada maksud dan tujuan. Selain itu dari tutur kata seseorang kita bisa mengetahui kualitas serta pribadi seseorang. 

Terkadang aku melihat sesorang itu dari bahasa dan cara penyampaian sebuah ide yang ada di kepalanya. Walau tak jarang juga sulit sekali menuangkan ide yang ada di kepala kita dengan kata-kata. Sebuah penyampain ide yang tersusun rapi, biasanya aku peroleh dari orang-orang yang suka menulis dan membaca. Bahkan sering aku jumpai juga saat ngobrol dengan orang-orang mengetahui makna sebuah kata, orang tersebut cenderung berhati-hati dalam menyampaikan sesuatu. Bahkan untuk menyampaikan sebuah protespun, terkadang disampaikan dengan bahasa halus agar tidak menyinggung perasaan orang lain.

Sejak berkenalan dengan beberapa penulis di blog, dan berinteraksi dengan mereka lewat email, aku cenderung sangat berhati-hati dalam mengucapkan sebuah kata-kata yang keluar dari tulisan dan tutur kataku. Tidak sekeras dulu jika tidak setuju, walau terkadang masih juga memakai emosi dalam menulis sesuatu.

Berulang kali aku menerima teguran dari beberapa orang mengenai tulisanku ataupun cara aku berbicara. Cara menulisku yang terkadang keras, lembut, tidak netral, protes, bersemangat, dan sederhana, membuat beberapa temanku ada yang terusik dan bahkan protes langsung padaku.

Masih ingat saja, saat ada teman yang protes dimana dulu aku sering banget pasang status memakai bahasa Perancis. Kesannya sih sederhana, namun ternyata berefek terhadap banyak hal. Ada yang bilang aku sok-sokan lah, ada yang merasa aku ngomongin dia, dan lain-lainnya.

Kemudian juga, saat berbicara dengan orang lain. Yang dulunya hobi becanda dan suka mengejek teman tanpa melihat suasana dan tempat, ternyata hal tersebut tidak baik buat kita. Terkadang orang lain yang tidak mengenal kita berfikir bahwa sikap dan tutur kata kita yang tidak baik.

Bahkan dulu ada seorang teman yang sangat-sangat menilai seseorang dari susunan kata-kata yang kita tuliskan padanya. Ternyata kata-kata mempunyai banyak makna dan arti ya. Tiap orang punya standar yang berbeda-beda tentunya.

Seperti kemarin siang. Sebuah kejadian yang langsung membuatku heran dan sebel hanya karena sebuah kata-kata yang tidak aku duga sama sekali. Siapa sih yang tidak mengenal dengan jejarig social bernama Facebook? Kayanya sekarang itu sudah membumi bukan. Ya berawal dari sebuah message di FB yang membuatku berkerut dan sebel. Bukan kali pertama aku mengalami hal tersebut, bahkan ada juga komentar dan status teman yang membuatku neg dan sebal untuk melihat FB. Ehm balik ke masalah message di FB tadi.

Ceritanya begini, siang itu sekitar jam 12:00 waktu Perancis, aku buka account facebookku, sekedar iseng untuk menghilangkan penat yang aku rasakan setelah ujian continuum mechanic selama 3 jam lamanya. Terlihat sebuah message di inboxku, tanpa pasang curiga ku bukalah. Dan tra la, walau hanya sebaris namun mampu membuatku senewen. Bagaimana tidak, seseorang yang tidak aku kenal siapa dia tiba-tiba menulis sebuah kalimat dalam bahasa Jawa dengan memakai tanda seru 3 kali sambil memintaku mengingat teman-teman lama untuk menjadi motivator. Maksudnya apa nih?

Isi kepalaku yang penat akibat ujian pagi harinya, sontak tidak bisa berfikir jernih. Jujur ini membuatku berfikir, apakah orang ini tidak mengerti bagaimana kondisi orang yang dia kirimin message. Apakah sedang bahagia, stress atau sedih. Namun aku tidak bisa menyalahkan orang tersebut, tapi membuatku kembali untuk berhati-hati dalam menulis. Ya, menulis email kepada seseorang sebisa mungkin aku hindari untuk memakai tanda seru, memerintahkan seseorang yang belum tentu dia ingat aku, menyertakan identitasku di email pertama saat aku menghubungi dia walau dia teman lamaku. Ya sapa tahu saja dia pernah mengalami sebuah kejadian sehingga ingatannya tidak sesempurna dulu.

Bagaimana dengan kalian semua? Apakah kata-kata seseorang juga mempunyai makna dan arti?

 

Grenoble, 25 January 2011.

Kepala yang panas akhirnya didinginkan oleh suhu di musim dingin yang sudah mencapai -4 derajat pagi ini.

 

3 thoughts on “Arti Sebuah Kata-Kata

  1. yup,setuju banget..hindari tanda seru,hindari juga tanda tanya yg berlebihan, atur kalimat, sebisa mungkin tdk menyingkat kata kecuali kata yang singkatannya sdh umum…sy jg paling sebel kalo ada sms/message dgn tanda seru dan tanya dlm satu kalimat bisa 3 tanda seru..btw,kpn liburannya mb trias?

  2. Kata orang lama sih, mulutmu harimaumu.. saya juga sering mengalami Mba.. malah maksud saya kadang cuma bercanda, eh, ada yang tersinggung.. susah sih kitak an berteman dengan banyak orang dan banyak kepribadian, jadi mesti hati-hati..:)

  3. tnya dong???????apa itu d’jafu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 36 other followers