Tempat Wisata di Aceh

Aceh menyediakan banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi, namun kejadian Tsunami yang melanda daerah tersebut akhir tahun lalu membuat tempat wisata Aceh yang kebanyakan wisata pantai ikut hancur, berikut daftar beberapa tempat wisata di Aceh:

1. Mesjid Raya Baiturahman

baiturahman.jpg

 

Gambar Masjid Baiturahman

Mesjid Raya Baiturahman yang terletak di pusat kota Banda Aceh yakni di Pasar Aceh merupakan mesjid kebanggan masyarakat Aceh.

Sejarah mencatat pada jaman dulu ditempat ini berdiri sebuah Mesjid Kerajaan Aceh. Sewaktu Belanda menyerang kota Banda Aceh pada tahun 1873 Mesjid ini dibakar, namun untuk meredam kemarahan rakyat Aceh pada tahun 1875

Belanda membangun kembali sebuah Mesjid sebagai penggantinya yang berdiri megah saat ini.

Mesjid ini berkubah tunggal dan dibangun pada tanggal 27 Desember 1883. Selanjutnya Mesjid ini diperluas menjadi 3 kubah pada tahun 1935. Terakhir diperluas lagi menjadi 5 kubah (1959 – 1968)

2. Pantai Lampuuk

lampuuk_after_tsunami.jpg

Gambar Pantai Lampuuk setelah tsunami.

Pantai Lampuuk terletak di pantai barat Aceh. Dari Banda Aceh kurang lebih 17 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu kurang dari 30 menit. Namun sayangnya pantai yang cukup terkenal dan menjadi tempat wisata favorit penduduk Aceh tersebut musnah tersapu Tsunami.

Pantai ini cukup indah dan dapat digunakan sebagai tempat berenang, berjemur di pasir putih, memancing, berlayar, menyelam dan kegiatan rekreasi lainnya.

Disore hari pantai ini terasa lebih indah, dimana kita dapat menyaksikan matahari terbenam yang penuh pesona.

Disekitar pantai Lampuuk juga berdiri megah sebuah pabrik semen Andalas, namun saat itu pabrik tersebut hanya tinggal kenangan setelah mengalami kerusakan parah akibat gempa dan Tsunami 26 Desember 2004 yang lalu.

Dikawasan Pantai Lampuuk, anda dapat bermain golf dengan latar belakang panorama laut di Padang Golf Seulawah. Sayangnya semua keindahannya kini tinggal kenangan dan tinggal menungguk pemerintah memperbaiki wisata yang cukup digemari turis asing tersebut.

3. Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh

taman-wisata-alam-laut-pulau-weh-sabang.jpg

Gambar Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh Sabang

Taman Wisata Alam (TWA) Laut Pulau Weh ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 928/Kpts/Um/12/1982 tanggal 27 Desember 1982 seluas 2.600 Ha.

Secara geografis TWA Laut Pulau Weh terletak pada 0552’ Lintang Utara dan 9552’ Bujur Timur. Sedangkan secara administrasi pemerintahan termasuk Kecamatan Sukakarya, Kotamadya Sabang, Propinsi D.I. Aceh dan dari segi pengelolaan hutannya termasuk Resort Konservasi Sumber Daya Alam Iboih dan masuk pada Sub Balai Konservasi Sumberdaya Alam Propinsi NAD.

Di TWA Laut Pulau Weh, Sabang terdapat terumbu karang, baik karang yang keras maupun karang yang lunak dengan berbagai jenis, bentuk dan warna, yang kesemuanya membentuk gugusan karang yang menarik untuk dinikmati, antara lain karang dengan nama daerahnya karang lupas, karang rusa, karang kerupuk.

Selain terumbu karang, TWA Laut Pulau Weh, Sabang dapat ditemui jenis-jenis ikan karang seperti Angel fish, Tropet fish, Dunsel fish, Sergeon fish, Grope fish, Parrot fish dan lain-lain. Ikan-ikan ini berada di sekitar TWA Laut Pulau Weh dan sebagian merupakan endemik di daerah ini. Selain itu juga banyak ditemukan jenis-jenis ikan ekonomis seperti Tuna, Kakap, Kerapu, Bayan, Pisang-pisangan dan lain-lain.

Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan di TWA Laut Pulau Weh adalah kegiatan wisata tirta seperti berselancar, naik sampan, berenang, memancing, serta menyelam untuk menikmati alam bawah air dengan keanekaragaman terumbu karang serta ikan-ikan karangnya yang indah.

Beberapa fasilitas yang dapat mendukung kegiatan wisata antara lain : pondok-pondok penginapan di sekitar Iboih yang dibangun oleh masyarakat, shelter, MCK, masjid, kios cendera mata dan hotel yang terdapat di Gapang. Selain itu terdapat berbagai fasilitas yang berada di Pulau Rubiah yang dibangun oleh Dinas Pariwisata Dati I D.I. Aceh antara lain : pusat kegiatan menyelam yang dilengkapi dengan fasilitasnya (perahu motor, peralatan selam), mushola, shelter, MCK, rumah jaga, menara pengintai, jalan setapak, taman dan instalasi listrik.

 

4. Krueng Raya

krueng_raya1.jpg

 

Gambar Krueng Raya

 

Krueng Raya berjarak 35 Km dari Banda Aceh merupakan sebuah nama wilayah. Di daerah tersebut terdapat pelabuhan yang bernama “Pelabuhan Malahayati” yang sering dipergunakan masyarakat Banda Aceh untuk menyebrang ke pulau Weh (Sabang). Pelabuhan tersebut akhirnya dinon aktifkan setelah pelabuhan Ulee Lhe yang lebih megah dibangun (namun sama saja hancur karena Tsunami). Krueng Raya yang termasuk daerah dengan kerusakan terparah akibat Tsunami dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dari Banda Aceh.

 

Di daerah ini juga sangat terkenal dengan pantainya yang bernama Ujong Batee, disana selain pantainya yang indah juga terdapat sebuah restoran yang cukup megah yang menyajikan makanan khas Aceh yang terkenal yaitu Kepiting Besar, Udang Windu, Tiram, Telur Penyu, dan berbagai hasil laut dan pertanian lainnya. Pantai Ujong Batee sendiri terletak sekitar 17 km arah timur Banda Aceh. Pantainya yang ditumbuhi pohon cemara yang lebat merupakan pelindung para pengunjung bila hari panas sehingga cukup nyaman untuk bersantai. Ujong Batee dalam bahasa Aceh berarti Ujung Batu, mungkin nama ini diberikan karena dari pantai inilah kita dapat langsung melihat pulau seberang Sabang

 

Selain Ujong Batee, di Krueng Raya juga terdapat daerah wisata bernama Lamreh, daerah ini merupakan daerah bukit yang dulunya tandus, namun kini telah ditanami berbagai pohon. Dari sini kita dapat menyaksikan panorama laut yang indah seperti terlihat pada gambar dihalaman ini.

 

5. Museum dan Rumoh Aceh

rumoh3-aceh.jpg

Gambar Rumah Aceh

Kota Banda Aceh memiliki sebuah Museum Negeri yang terletak dalam sebuah Kompleks. Bangunan induk Museum berupa sebuah rumah tradisional Aceh, dibuat pada tahun 1914 untuk Gelanggang Pameran di Semarang, yang kemudian dibawa pulang ke Banda Aceh tahun 1915 oleh Gubernur Van Swart (Belanda) yang kemudian dijadikan Museum. Rumoh Aceh adalah sebuah rumah panggung yang berpintu sempit namun didalamnya seluruh ruangan tersebut tidak bersekat.

Sekarang ini lingkungan Museum ini telah bertambah dengan bangunan baru yang mengambil motif-motif bangunan Aceh seperti halnya bangunan Balai Pertemuan yang berbentuk kerucut yang bentuknya diambil dari cara orang Aceh membungkus nasi dengan daun pisang yang dinamakan “Bukulah”. Bukulah ini antara lain dihidangkan pada kenduri-kenduri tertentu seperti Kenduri Blang, Kenduri Maulid Nabi Besar Muhammad Saw dan lain sebagainya.

Ruang pamer Museum yang baru, memiliki bangunan 3 lantai, dipenuhi oleh berbagai koleksi barang-barang purbakala yang ditata dengan baik. Salah satu koleksi Museum ini adalah Lonceng Besar yang diberi nama “CakraDonya”. Lonceng ini merupakan hadiah dari Kerajaan Cina tempo dulu yang dibawa oleh Laksamana Ceng Ho pada tahun 1414. Beranda depan Museum memiliki bentuk khas yang juga memperlihatkan ukiran-ukiran kayu dengan motif Aceh. Banyak hal yang menarik dimuseum yang bersebelahan dengan pendopo Gubernur Aceh itu sehingga banyak murid sekolah yang berkunjung setiap harinya.

Dikompleks ini sekaligus dijumpai makam sultan-sultan Aceh dimasa lalu. Makam para Sultan pada umumnya dinuat dari Batu Gunung dan dihiasi dengan Kaligraphi Arab yang indah mempesona, salah satunya adalah Makam Sultan Iskandar Muda.

6. Gunongan

gunong.jpg

Gambar Gunong

Gunongan merupakan sebuah bangunan peninggalan Sultan Iskandar Muda (1608-1636) untuk permaisurinya Putri Phang.Menurut sejarah, Putri Phang selalu merasa rindu akan kampung halamannya, Pahang – Malaysia. Sultan kemudian mengetahui bahwa kegusaran permaisurinya itu karena di Pahang Istananya dikelilingi oleh perbukitan dimana permaisuri dapat bermain, namun disini tidak.

Lalu Sultan membangun sebuah gunung buatan yaitu Gunongan dimana permaisuri dapat memanjatinya. Begitu bangunan ini siap, permaisuri menjadi berbahagia dan lebih banyak menghabiskan waktunya disini terutama pada saat matahari akan tenggelam. Gunongan terletak dalam sebuah komplek di Jl Teuku Umar Banda Aceh, dimana daerah tersebut luput dari keganasan Tsunami.

7. Alam Aceh

Banda Aceh memiliki pemandangan laut yang luar biasa bagusnya, pemandangan laut tersebut juga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan asing, kota ini memang merupakan kota pesisir pantai barat Sumatera, maka tak heran kota ini termasuk parah akibat terjangan Tsunami.

Pemandangan laut Aceh tidaklah kalah dengan Bali ataupun Lombok. Selain laut, pemandangan udara Banda Aceh juga sangat indah ini dimungkinkan mengingat kurangnya polusi di daerah tersebut. Kendaraan di Aceh juga tidak sebanyak di daerah lain. berikut beberapa gambar pemandangan laut dan udara Banda Aceh:

aceh-laut1.jpgaceh-laut2.jpglangit-aceh1.jpg

Sumber :/students.ukdw.ac.id/~22022799/wisata.html

69 thoughts on “Tempat Wisata di Aceh

  1. Di Lhokseumawe jg banyak tmpt wisata menarik :
    – Pantai Ujoeng Blang
    – Pantai Seumadu, Rancong
    – Air terjun Blang Kulam
    – Krueng Cunda
    – Islamic Center

  2. Wisata Lhok Nga juga bagus, bagus untuk Surfing karena Ombaknya Bagus Abis…., Pantai pasir putih, cantix tenan, gak jauh kok dari kota banda Aceh,

    Trus Pantai Ujong Batee, favorite anakku…, pantainya Landai, Ombak ngga terlalu besar…

    Puncaknya ACEH…, Sare…, Kab. Aceh Besar
    Diatas barisan gunung Seulawah…
    Ada hiburan latihan Gajah tiap hari Minggu…

    Trus, ada lagi sisa-sisa peninggalan Tsunami…
    -Kapal PLTD Apung…. (Kapal seberat 5000 ton terdampar diatas 3 buah rumah ditengah kota Banda Aceh).
    – Kapal Nelayan Lampulo… Terdampar diatas Rumah yang sekarang dijadikan obyek wisata…

    Banyak khan Tempat Wisata di Banda Aceh
    Klo ada yang mau wisata ke Aceh, kami bersedia membantu sebagai Guide…
    Hubungi kami di…

    Dian Almaz Wisata
    Jl. Sri Ratu Safiatudin, samping KODAM IM
    Telp. 0651-31424, 31367
    dian_tour@yahoo.co.id
    Co. Cut Putri 085277725552

  3. bisa minta info tentang wisata aceh takengon dan banda aceh,,,karna kami dari biro perjalanan wisata yg berada di jakarta ingin membuat suatu produk perjalanan wisata ke aceh,,,kami butuh info wisata-wisata banda aceh dan takengon,,,dan adakah yg bisa diajak kerjasama,,,karena kami butuh rekanan yang ada diaceh untuk memasarkan tempat – tempat wisata yang ada diaceh…!!!

  4. baru dari pulau nasi, ato pulo peunaso di gugusan kepulauan aceh…pantainya keren” dan ga kalag ma lombok ato bali…airnya biru banget..jernih karang” dibawahnya keliatan semua, ombaknya tenang, pasir putih….cuma sayang masih terbengkalai…tapi bener” keren!!!

  5. untuk lebih detailsnya rekan2 bisa melihat di web http://www.aceh-tour.com…web jasa tour (nasional & internasional)
    pariwisata dibahas lengkap disana beserta berbagai macam souvenir aceh…bisa juga jika rekan2 mau mengadakan tour atau liburan keluarga hubungi admin web tersebut (syarat & ketentuan Berlaku)…atau saya…saya juga salah satu admin diweb tersebut..

    terimakasih

  6. Thanks for the information ^_^
    lengkap abis…. salut hehehe

    Minta ijin bwt copas bwt tugas ni
    disuruh bkn website ttg pariwisata aceh
    mohon diijinkan

  7. sungguh indah aceh dengan alamnya……5 hari disana ta terasa….mudah2an kalo ada umur sy akan kembali lagi ke aceh

  8. Yes…Atjeh memang cantik….aku memang bukan orang aceh tapi pernah tinggal sana….alamnya indah, orangnya ramah…apalagi Masjid Raya Baiturrahman …subhanallah…dan satu lagi jaga terus perdamaian….itu udah cukup untuk menarik wisatawan…

  9. mie acehnya belum lho. aku rindu nie ma aceh..dah 2 tahun meninggalkan aceh, kapan lagi bisa kesana. kenanganku akan banda aceh selalu mengusik hati nuraniku.

  10. dalam waktu dekat saya mau ke aceh, kalo ada yg bisa bantu untuk lebih lengkap info tentang daerah wisata di aceh, beserta hotel2nya…
    thx4info

  11. Assalamu’alaikum. emmm oendahnya wisata hati di tanah Aceh seras aku ingi menyatu dengan buminya. Setia cintaan dari Aceh menumbuhkan kesejukan dalam ayang-ayang awan yang bersenadung dengan gelombang yang siap menyapu air mata kesedihan insan Aceh. Salam hangat untuk mahluk yang berpijak di bumu Aceh yang kurindukan. Ibnu Abdullaf At thohari

  12. TEmpat Wisata di Aceh Singkil Juga Enggak Kalah Indah dengan dengan aceh yang lain:

    1. ada pantai cemara
    2. daerah Pulau banyak terdiri dari banyak pulau yang indah.
    Pokoknya seru deh t4 y pantainya indah, lautnya biru,ada pemekaran penyu lagi…

  13. Hi I found your site by mistake when i was searching Google for this issue, I have to say your site is really helpful I also love the theme, its amazing!. I dont have that much time to read all your post at the moment but I have bookmarked it and also add your RSS feeds. I will be back in a day or two. thanks for a great site.

  14. mantaph….
    lusa aq bakal k aceh..
    k lhokseumawe…
    kebantu bgt…
    ada lg gag objek wisatanya???
    skalian mw adven jg nie…

    1. buat mbak Ida

      maaf, saya tidak bisa membantu lebih banyak lagi, karena saat ini saya tidak ada di Indonesia. Mungkin mbak ida bisa cari di departemen pariwisata di Aceh.

  15. aceh ln sayang, indah kon wayang….adat ngen resam salah saboh ciri khas nanggroe…….nanggroe ky karoenia allaf swt…..salam sejahtra bg anak nanggroe semua…

  16. buat lah jembatan yang terhubung langsung dngan pulau sabang,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,biar gak usah naik kapal ge.,……thanks,,,,,,

  17. ak putra asli ak bangga sma aceh ak ingin menjadi damai selau dan dibarengi dengan adat2 istiadat islam…………..berikanlah daerah aceh makmu sejah tra amin hai pemuda ajh bangkitlah majukan aceh jangan anda mengambil k untungan di aceh jga lah serabi aceh hai penguasa jdi kan daerah aceh islam yg hakiki….jangan terpengaruh budaya barat

  18. Oh my Aceh, I love U..I will do building my country ..! and know i’am continued study in bogor agricultural university. pokok jih u keue aceh salah satu tempat wisata termegah ta peugot dan broeh- broeh di bineh laot ta puegleh bandum. dan saree tapeugot tempat maen golf yang berkualitas. salam rentcong

  19. Aceh mmg keren tapi kurang di tata dan dikelola sehingga kurang begitu menarik..klo ingin tempat wisata yg lebih bagus dari aceh ya Kepulauan bangka belitung..disana semua pasilitas dan masyarakatnya sudah sangat terdidik dan paham arti manfaat wisata bagi ekonomi mereka..babel lebih surgawi jauh dr aceh wisatanya..rugi klo ngak ke babel..

  20. masih banyk tmpat pariwisata di aceh yang tidak tercantum,,, saya berharap penulis dapat merevisiya kembali…..

  21. Nyak been, emang Aceh diberi ke indahan alam yang luar biasa cobalah lintas dari Meulaboh ke Takengon dan meulaboh lewat tangsee bukan main indahnya

  22. Masjid Baiturrahman menjadi saksi bisu keganasan Tsunami Aceh dan sekaligus menjadi salah satu bangunan yang tidak hancur dihempas Tsunami bukti dari kekuasaan Allah swt

  23. sebenarnya aceh sangat banyak dengan tempat wisata_a..
    mulai dri aceh barat sampai aceh besarr…..
    dengan fenomenal tempat wisata nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s